Beranda Asam Lambung Cara Mengatasi Asam Lambung Kumpulan Obat Herbal Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan

Kumpulan Obat Herbal Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan

0
226
obat herbal asam lambung naik ke tenggorokan
Daftar kumpulan obat alami asam lambung naik ke tenggorokan

Pernahkah Anda merasakan gejala penyakit asam lambung (GERD) yang sampai daerah tenggorokan? Dan Anda tidak tahu akan informasi pengobatan nya? Mari kita sama-sama menyimak tentang obat herbal asam lambung naik ke tenggorokan.

Sebenarnya obat saat penyakit asam lambung kambuh ini dikategorikan menjadi dua, yaitu obat herbal dan medis. Namun, pada artikel ini kami akan memfokuskan pembahasan kepada obat herbal penyakit asam lambung dengan gejala pada tenggorokan. Yuk simak!

Jenis Obat Tradisional Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan

Asam lambung dapat naik ke atas, mulai dari lambung ke saluran kerongkongan (esofagus) hingga ke rongga mulut. Naiknya asam lambung ini karena oleh lemahnya kekuatan otot sfingter saluran esofagus. Asam lambung secara normal tidak menimbulkan gejala bila tetap pada rongga lambung. Asam lambung akan menyebabkan gejala bila keluar dari rongga lambung ke arah atas. Derajat pH nya yang merupakan asam kuat akan menimbulkan gejala tergantung bagian mana yang terkena.

Gejala juga bisa muncul bila mengenai area tenggorokan. Biasanya pasien akan merasakan nyeri pada area tenggorokan ini. Sakit pada tenggorokan ini seringkali memburuk pada malam hari atau ketika bangun pada pagi hari. Selain itu, asam lambung yang sampai pada area tenggorokan juga akan mencetuskan gejala batuk kronis dan suara menjadi serak. Hal ini timbul lantaran peradangan pada pita suara dan sel-sel saraf yang berkaitan dengan batuk pada saluran tenggorokan.

Oleh sebab itu, pengobatan yang cepat dan tepat perlu untuk mencegah kemunculan gejala atau mengurangi risiko semakin parahnya keluhan yang Anda rasakan. Pada kesempatan kali ini, kami fokus kan untuk berbagi informasi mengenai obat herbal asam lambung naik ke tenggorokan saja.

Tanaman Chamomile

Tumbuhan jenis ini telah lama manusia manfaatkan sebagai penwar berbagai penyakit, termasuk GERD. Jenis tanaman ini mengandung zat anti peradangan dan antimikroba. Keduanya akan efektif mengurangi risiko iritasi lapisan dalam tenggorokan dan membunuh mikroba merugikan yang berada pada saluran tenggorokan ini. Keluhan seperti nyeri pada tenggorokan (terutama sewaktu menelan) dan batuk kronis (yang bisa saja beriringan dengan infeksi sekunder) akan berkurang risiko kemunculan nya.

Tanaman ini juga berperan sebagai pereda stres. Stres yang timbul baik itu stres fisik atau pun psikis sebenarnya menjadi faktor pencetus naiknya asam lambung. Oleh karena itu, konsumsi chamomile yang rutin dengan manajemen stres yang baik tentunya akan mencegah segala keluhan akibat naiknya asam lambung.

Ada hal penting yang harus Anda ketahui. Bilamana Anda sedang dalam terapi obat antikoagulan (semisal obat warfarin) maka kami tidak merekomendasikan untuk meminum teh Chamomile ini secara rutin. Untuk para wanita hamil dan menyusui juga perlu mendapatkan perhatian. Silahkan berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda sebelum memutuskan mengkonsumsi tanaman chamomile ini.

Baca juga: Jenis makanan yang tidak boleh untuk asam lambung naik

Licorice

Dalam bahasa Indonesia kita kenal dengan nama akar manis. Ini termasuk obat herbal untuk penyakit GERD. Saat ini licorice tersedia dalam bentuk permen hisap, teh, gula-gula, dan lain-lain. Namun, bentuk deglycyrrhizinated licorice (DGL) adalah bentuk yang dunia medis rekomendasikan. Mengapa? Oleh karena bentuk ini dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama dan laporan interaksi dengan obat yang lain paling sedikit.

Bagaimana deglycyrrhizinated licorice (DGL) dapat menjadi obat herbal penyakit asam lambung naik ke tenggorokan? DGL akan membantu menaikkan produksi lendir. Lendir ini yang nanti akan memberikan perlindungan pada lapisan dalam rongga lambung, kerongkongan, tenggorokan, dan rongga mulut. Dengan perlindungan ekstra maka komplikasi iritasi pada tenggorokan bisa menjadi minimal.

Akar Tanaman Marshmallow

Anda jangan salah paham dengan mengatakan bahwasanya marshmallow ini adalah cemilan putih lembut yang ada pada toko. Yang kami maksud ini adalah akar tanaman marshmellow yang menjadi asal muasal produk tadi.

Kemampuan akar marshmallow ini berasal dari lendir yang ada pada kandungannya. Untuk membantu mengurangi keluhan GERD, Anda bisa rutin mengkonsumsi 2 sampai 5 mL ekstrak marshmellow sejumlah 3 kali dalam sehari.

Anda perlu tahu bahwasanya akar marshmallow ini dapat mencetuskan rasa tidak nyaman pada perut dan pusing kepala. Oleh sebab itu, silahkan konsumsi secara bertahap mulai dari dosis yang ringan lalu lama-kelamaan menjadi dosis yang sesuai. Perhatikan reaksi alergi berupa gatal-gatal bilamana Anda memiliki riwayat penyakit alergi.

Sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda. Obat herbal ini memiliki interaksi dengan litium dan obat-obatan diabetes mellitus. Pada umumnya, penderita penyakit diabetes tidak mendapat rekomendasi untuk mengonsumsi obat herbal ini.

Artikel terkait : Tips cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung

Kayu Manis

Tanaman kayu manis juga berperan sebagai antasida alamiah. Ini akan membantu mengurangi derajat keasaman pada rongga lambung sehingga mengurangi beban tekanan pada otot sfingter esofagus bagian bawah. Bila beban berkurang maka kemungkinan kejadian asam lambung naik ke tenggorokan akan semakin kecil.

Kayu manis juga kaya akan antioksidan polifenol, bersama dengan menyediakan mineral mangan (zat besi dan kalsium). Sebuah studi baru-baru ini di San Diego Union-Tribune mencatat bahwa kayu manis memiliki khasiat yang dapat meredakan gangguan pencernaan, perut kembung, heartburn, mual dan kram perut.

Artikel sejenis: obat tradisional asam lambung naik ke dada

Sebenarnya masih banyak lagi daftar kumpulan obat herbal asam lambung naik ke tenggorokan. Namun, kami akan mengupdatenya pada waktu berikutnya. Mudah-mudahan bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here