Home Informasi Obat Apotik Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Obat Radang Tenggorokan di Apotik

obat radang tenggorokan di apotik
Ilustrasi obat radang tenggorokan di apotik. Gambar oleh: PublicDomainPictures dari Pixabay Free License

Radang tenggorokan biasanya dapat sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa waktu. Namun, bilamana penyebabnya adalah bakteri maka akan sukar untuk sembuh. Kami akan menjelaskan tentang obat radang tenggorokan di apotik. Pemakaian obat peradangan tenggorokan dengan resep dokter di apotek tentunya akan lebih banyak membantu menghilangkan gejala dan sembuh.

Penyakit radang tenggorokan kerap menimbulkan nyeri atau susah saat menelan. Tentunya keluhan ini akan terasa sangat menganggu. Namun, Anda bisa membeli obat secara bebas untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh selain kuman atau bakteri. Obat yang bisa mengurangi keluhan peradangan tenggorokan ini biasanya memiliki kandungan penghilang nyeri, anti bakteri, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: cara mengobati radang tenggorokan dan batuk saat hamil

Kandungan Zat Aktif Pada Obat Radang Tenggorokan Di Apotik

Berikut ini beberapa zat aktif yang biasanya ada pada obat radang tenggorokan yang dijual di apotik.

1. Acetaminofen

Acetaminofen bermanfaat untuk mengurangi nyeri akibat peradangan tenggorokan pada tingkatan sedang dan ringan. Selain itu, obat ini juga bisa mengatasi demam yang sering muncul akibat peradangan. Bahan aktif acetaminofen ini juga dikenal dengan parasetamol. Dalam penggunaan obat secara bebas, harap diperhatikan petunjuk dan pedoman pemakaian pada label atau leaflet di kemasan.

Setiap produk akan berbeda-beda jumlah bahan aktif acetaminofen yang terkandung di dalamnya. Oleh sebab itu, penggunaan obat harus sesuai dengan pedoman masing-masing produk. Silahkan gunakan patokan berat badan atau umur yang ada pada leaflet atau label.

Bila ada hal-hal yang belum Anda mengerti maka akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat yang dibeli di apotik. Dokter akan membantu mengarahkan sesuai dengan kondisi tubuh pasien dan sifat zat aktif obat.

2. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk ke dalam golongan obat anti peradangan bukan steroid (obat anti inflamasi non sterod/ OAINS). Obat ini bisa dipakai pada penyakit radang tenggorokan dengan tujuan mengurangi nyeri tenggorokan dan nyeri penyerta (nyeri pada kepala, sakit pada leher, nyeri pada sendi-sendi, dan lain-lain), meredakan demam, serta meredakan peradangan yang timbul di tenggorokan.

Obat ini terkadang dapat menimbulkan penyakit asam lambung naik. Oleh sebab itu, bagian pasien-pasien yang menderita penyakit lambung kronis dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila menggunakan obat ini. Bagi pasien yang tidak menderita penyakit lambung, diharapkan meminum obat ini setelah makan.

Untuk efek samping lainnya harap memperhatikan keterangan dan informasi yang tersedia pada label atau leaflet obat. Hal ini guna mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Simak juga: cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih

3. Naproxen

Seperti halnya ibuprofen, naproxen juga tegolong ke dalam OAINS. Obat ini kerap dijual bebas di apotik untuk menyembuhkan peradangan pada tenggorokan. Selain meredakan nyeri, obat ini juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan kekakuan sendi serta mengecilkan pembangkakan.

Obat ini akan mencegah tubuh pasien untuk menghasilkan senyawa yang mencetuskan peradangan yaitu prostaglandin. Memang secara normal respon tubuh akan mengeluarkan prostaglandin pada kejadian infeksi, peradangan, atau trauma fisik. Namun, obat ini akan menekan jumlah prostaglandin sehingga peradangan menjadi berkurang.

Agar terhindar dari efek samping obat maka dianjurkan untuk menggunakan obat sesuai dengan keterangan yang ada di leaflet obat. Direkomendasikan menggunakan dosis kecil pada awal penggunaan. Bila terjadi efek samping atau penyakit tidak kunjung sembuh dalam 2 hari pengobatan maka disarankan untuk bertemu dengan dokter.

4. Guaifenesin

Guaifenesin adalah zat aktif ekspektoran yang bermanfaat mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan dan saluran nafas atas. Peradangan pada tenggorokan kerap menimbulkan gejala batuk dan rasa gatal serta lendir pada area leher. Oleh sebab itu, radang tenggorokan yang disertai keluhan batuk dan berlendir akan sangat sesuai untuk meminum obat ini.

Selama mengonsumsi obat ini, disarankan untuk mengonsumsi air putih hangat dalam jumlah yang cukup. Hal ini akan membantu proses pengenceran dahak atau lendir. Selain itu, dengan minum air hangat maka proses lubrikasi tenggrokan akan berlangsung.

Obat Radang Tenggorokan di Apotik dan Harganya

Nah, itu tadi nama obat radang tenggorokan di apotik yang ampuh yang bisa kami sampaikan. Obat-obat ini biasanya dijual bebas di apotek. Namun, bila penyakit radang yang Anda alami tidak kunjung mereda dalam 2 hari maka dianjurkan untuk berobat ke dokter. Oleh karena berkemungkinan radang tenggorokan yang dialami disebabkan oleh bakteri yang membutuhkan antibiotika atau penyebab khusus lainnya yang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Harga obat akan berbeda-beda pada setiap apotik. Silahkan gunakan acuan harga eceran tertinggi yang tersedia pada label obat. Kemudian silahkan cari harga termurah di apotek-apotek langganan Anda. Semoga bermanfaat.

Info terkait: cara mengobati radang tenggorokan pada bayi