Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Bawang Putih

0
74
cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih
Ilustrasi cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih. Sumber gambar: Steve Buissinne dari Pixabay Free License

Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih. Apakah pengobatan herbal ini bermanfaat? Kami akan membahasnya secara ilmiah di bawah ini.

Radang Pada Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan suatu masalah kesehatan yang lumrah, tapi sering menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Penyakit ini seringkali muncul bersamaan dengan influenza atau common cold. Sebagian besar dari kasus ini disebabkan oleh infeksi oleh virus dan bakteri. Pada kasus yang parah, hal ini menimbulkan kesulitan menelan atau berbicara. Namun, pada sebagian kasus yang lain juga bisa disebabkan oleh alergi, iritasi, atau naiknya asam lambung.

Sebelum berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mencoba pengobatan herbal alamiah di rumah. Banyak pengobatan yang menggunakan tanaman-tanaman herbal yang bisa diaplikasikan. Namun, khusus pada artikel ini kami akan membahas yang berhubungan dengan bawang putih.

Bawang putih dikenal juga dengan garlic atau Allium sativum. Tanaman ini telah digunakan bertahun-tahun dalam dunia kesehatan. Selain bermanfaat dalam mengatasi radang tenggorokan, tanaman ini juga berguna bagi kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah, anti kanker, dan anti mikroba.

Efektifkah Pemakaian Bawang Putih Pada Radang Tenggorokan?

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur. Tiosulfinat, termasuk allicin adalah senyawa sulfur yang merupakan bahan aktif dari bawang putih. Allicin dibentuk dari allin (sulfur yang mengandung asam amino) dengan bantuan enzim allinase ketika bawang putih dipotong, dihancurkan, atau dikunyah.

Enzim allinase ini bisa menjadi tidak aktif atau terganggu fungsinya bila dipanaskan atau bercampur dengan asam lambung. Oleh karena itu bila memasak atau memanaskan bawang putih maka proses pembentukan senyawa allicin akan terhambat dan sedikit jumlahnya. Jumlah allicin yang berkurang maka akan mempengaruhi efek pengobatan radang tenggorokan.

Sebuat penelitian kecil menunjukkan bahwasanya bawang putih mempunyai efek positif terhadap bakteri garam positif dan negatif, virus, jamur, dan parasit. Bawang putih telah digunakan sebagai obat topikal dan makanan pada penyakit infeksi pencernaan, pernafasan, dan kulit.

Tata Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Bawang Putih

Seperti dijelaskan di atas bahwasanya bawang putih dapat dijadikan obat untuk mengatasi radang tenggorokan. Kandungan allicin di dalamnya akan membantu meredakan radang tenggorokan yang dialami. Dianjurkan untuk mengunyah-ngunyah bawang putih untuk mendapatkan allicin dengan jumlah yang optimal.

Bilamana Anda tidak tahan dengan aroma dan rasanya saat mengunyah-ngunyahnya maka silahkan tumbuk atau geprek bawang putih lalu campurkan dengan madu atau jus. Silahkan minum dengan perlahan untuk menambah waktu paparan bawang putih dengan peradangan. Cara minum seperti ini akan membantu mengurangi rasa dan aroma yang tidak disukai.

Dianjurkan untuk mengunyah-ngunyah dan menghisapnya selama 15 menit untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Anda dapat melakukannya dua kali dalam sehari.

Nah, itu tadi tips bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan dengan bawang putih. Bila tidak ada perbaikan dalam waktu 3 hari sejak pertama kalid dilakukan terapi herbal ini maka direkomendasikan untuk menemui dokter secara langsung. Semoga bermanfaat.

Baca juga topik terkait: cara mengobati radang tenggorokan pada bayi

  • Sumber:
    • Koch HP, Lawson LD. Garlic: the science and therapeutic application of Allium sativum L. and related species. 2d ed. Baltimore: Williams & Wilkins, 1996.
    • Murray MT. The healing power of herbs: the enlightened person’s guide to the wonders of medicinal plants. 2d ed. Rocklin, Calif.: Prima, 1995.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here