Bentuk Perut Hamil 1 Minggu Saat Duduk Perlu Diketahui

0
12
Bentuk Perut Hamil 1 Minggu Saat Duduk
Kenali Bentuk Perut Hamil 1 Minggu Saat Duduk

Bagi para calon ibu, Anda pasti bingung bagaimana bentuk perut hamil 1 minggu saat duduk. Sebenarnya, ada perbedaan antara bentuk perut karena hamil dan bentuk perut karena lemak.

Jika perut membesar karena gemuk, umumnya terasa lembek. Namun, jika Anda sedang hamil, perut terasa kencang. Untuk itu simak informasi mengenai ukuran bentuk perut yang sedang hamil dan menginjak 1 minggu.

Baca Juga : Dosis Asam Folat Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Ukuran Bentuk Perut Hamil 1 Minggu Saat Duduk

Bentuk perut hamil saat posisi duduk memang belum terlalu kelihatan buncitnya. Bahkan, sebagian ibu yang merasakan perutnya membuncit lalu hilang di kemudian hari. Hal ini memang dirasa aneh, namun sebetulnya sangat normal.

Umumnya, keadaan seperti ini dipengaruhi oleh hormon dan gas di dalam tubuh. Jadi Anda perlu tahu jika ukuran dan bentuk perut ibu hamil itu tidak selalu sama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Sebenarnya bentuk perut hamil tidak terlalu berhubungan dengan kesehatan bayi di dalam kandungan. Jika Anda merasa sudah mengkonsumsi makanan sehat dan memenuhi nutrisi selama kehamilan, maka tidak perlu khawatir.

Nanti jika sudah masuk trimester kedua, dokter akan memeriksa keadaan Anda. Dokter biasanya akan mulai melakukan pengukuran tinggi fundus. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bayi Anda besar atau kecil untuk ukuran usia kehamilan.

Bahkan, juga dapat menjadi indikator keadaan seperti pertumbuhan janin yang lambat, terlalu banyak atau sedikit cairan ketuban. Sementara itu, karena ibu hamil mempunyai ukuran perut, bentuk perut, dan pertumbuhan janin pada tingkat yang berbeda.

Maka tidak ada patokan khusus bagaimana bentuk perut ibu hamil yang normal. Namun, ada gambaran terkait apa yang akan dilihat dan dirasakan pada perut, ukuran rahim, serta ukuran bayi pada Minggu pertama.

Simak Juga : Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan Yang Sehat

Masa Kehamilan Bulan 1-3 (Trimester Pertama)

Biasanya, trimester pertama akan berlangsung sampai minggu ke-12. Saat ini, Anda bisa memperhatikan bahwa perut terasa kembung. Namun, ada juga ibu yang tidak merasakan apapun.

Hal ini bisa saja dipengaruhi oleh banyak hal, seperti berat, tinggi badan. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan yang Bisa Anda ketahui terkait bentuk perut hamil saat duduk.

Ukuran Bayi

Pada saat trimester pertama, bayi akan berubah dari sel telur yang dibuahi menjadi sekitar 7 hingga 8 cm panjangnya sampai minggu ke-12. Jadi tidak heran jika bentuk perut saat hamil muda belum terlalu kelihatan.

Ukuran Rahim

Rahim saat ini mulai tumbuh selama trimester pertama, namun masih dalam keadaan yang nyaman di dalam panggul. Berdasarkan pendapat The American Pregnancy Association menyatakan bahwa ukuran rahim sebelum kehamilan hanyalah sekitar ukuran jeruk.

Kemudian, pada minggu ke-12, ukuran rahim malah mulai membesar seukuran jeruk bali. Jika rahim membesar, secara otomatis perutmu akan ikut membesar.

Jadi jika dilihat dari informasi yang ada di atas ukuran bayi ibu hamil sangat berbeda-beda. Anda bisa langsung melihat dan rasakan sendiri bentuk perut hamil 1 minggu. (SA)

Baca Juga : Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini