Sakit Gigi Saat Hamil, Kenali Penyebab Nya

1
131
penyebab sakit gigi saat hamil
Gambar ilustrasi gigi

Selain gejala mual, muntah, atau pusing ternyata sering juga bumil merasakan sakit gigi saat hamil. Apa yang menjadi penyebab sakit gigi saat hamil ini? Perlukan pengobatan khusus untuk mengatasinya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Memiliki anak di dalam kandungan pastinya adalah waktu yang spesial bagi ibu hamil. Namun, bumil juga kan merasakan bermacam keluhan dan rasa tidak nyaman. Gejala yang biasa muncul adalah mual, muntah, keletihan, nyeri punggung, dan bahkan sakit gigi.

Penyakit gigi dan gusi ini sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kondisi janin di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang kurang lantaran susah makan akan menimbulkan risiko kelahiran prematur dan berat badan rendah pada bayi.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit gigi ketika hamil bisa banyak jenisnya, mulai dari gangguan gusi sampai gigi berlubang. Sakit gigi yang terjadi bisa dikarenakan masalah sebelum memasauki kehamilan atau memiliki kaitan dengan kehamilan seperti yang dijelaskan di bawah ini, antara lain:

1. Perubahan Hormon
Perubahan hormon mutlak terjadi selama masa kehamilan. Tidak jarang perubahan ini mencetuskan peradangan pada gusi (atau dikenal dengan ginggivitis). Keadaan ginggivitis ini membuat pembengkakan pada gusi atau bahkan sampai mengeluarkan darah saat melakukan sikat gigi. Bila tidak diobati dengan cepat dan tepat akan dapat menimbulkan komplikasi penyakit periodontal.

Keadaan lainnya yang berhubungan dengan gangguan gusi selama masa kehamilan adalah benjolan gusi. Nama istilah medisnya adalah epulis gravidarum. Tidak jarang keadaan ini menyebabkan rasa tidak nyaman saat proses mengunyah atau berbicara.

Selama perubahan hormon ini, sistem imunitas juga akan mengalami gangguan. Daya tahan tubuh terhadap bakteri yang bisa menginfeksi rongga mulut juga akan berkurang. Hal ini akan lebih membuat seorang ibu hamil rentan terkena penyakit gigi dan gusi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk disiplin menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari.

2. Muntah
Seperti diketahui bersama bahwa seorang wanita yang dalam masa kehamilan seringkali mengalami muntah. Pengaruh hormon kehamilan yang membuat sfingter esofagus (otot yang menutup agar asam lambung tidak naik) melemah dan pertambahan masa janin yang sering menyebabkan bumil muntah. Muntah yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit yang dikenal dengan hiperemesis gravidarum.

Muntah yang sering akan membuat gigi dan gusi terpapar asam lambung berulang. Bila terlampau sering, tingkat keasaman cairan lambung yang tinggi akan menimbulkan kerusakan pada enamel gigi. Oleh karena itu, risiko terjadinya gigi berlubang pun akan semakin besar.

Baca juga: Penyakit asam lambung apakah berbahaya?

Seorang wanita hamil dianjurkan untuk sering berkumur dengan air putih setelah muntah. Hal ini dilakukan untuk menetralisir dengan cepat pH asam lambung di rongga mulut. Setelah itu disarankan untuk berkumur-kumur dengan cairan yang mengandung fluoride. Mengapa? Oleh karena fluoride memiliki kemampuan menambal kerusakan mikro pada gigi. Setelah itu, barulah menyikat gigi 1 jam sehabis muntah.

3. Defisiensi Kalsium
Selain disebabkan oleh 2 hal di atas, kondisi kekurangan kalsium juga akan membuat seorang bumil rentan mengalami penyakit gigi, khususnya gigi berlubang. Bila seorang wanita hamil yang tidak mendapati asupan kalsium yang cukup maka kebutuhan kalsium bagi diri sendiri dan janinnya akan diambil dari tulang. Pada kasus yang jarang, kekurangan asupan kalsium yang kronis inilah yang akan menyebabkan kerusakan struktur gigi dan tulang.

Oleh sebab itu, kepada ibu hamil dianjurkan untuk menggenapi kebutuhan kalsium nya. Kalsium sangat mudah didapat dari produk susu, keju, dan juga yogurt. Jumlah kalsium yang cukup akan menjamin kebutuhan nutrisi janin di dalam rahim.

Nah, itu tadi 3 penyebab sakit gigi saat hamil. Semoga keberadaan informasi ini mencerahkan pengetahuan kesehatan para bumil sehingga tidak terlalu khawatir dengan sakit gigi yang dialami. Simak terus info tentang kehamilan di Informasi Kehamilan. Semoga bermanfaat.

Sumber:
Web MD (2016). Dental Care and Pregnancy.
Web MD (2016). Pregnancy Gingivitis and Pregnancy Tumors.
Web MD (2017). Gingivitis and Periodontal Disease (Gum Disease).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here