Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat (Berdasarkan Studi Ilmiah)

0
420
buah penurun darah tinggi
Pilihan buah penurun darah tinggi paling cepat

Pilihan buah penurun darah tinggi paling cepat berdasarkan bukti ilmiah – Melakukan perubahan jenis makanan dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi nilai tekanan darah. efek nya dapat dirasakan dalam jangka pendek atau pun jangka panjang. Namun, metode kontrol tekanan darah lain, misalnya penggunaan obat-obatan dan perubahan gaya hidup juga harus dilaksanakan untuk mendapatkan efek yang lebih efektif.

Pengontrolan dan penurunan tekanan darah tinggi sangat penting untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini dikarenakan tekanan darah yang terlampau tinggi dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai komplikasi medis. Beberapa komplikasi diantaranya penyakit jantung, stroke, atau pun penyakit ginjal. Nah, untuk hal tersebut kami akan membagikan informasi kesehatan tentang pipihan buah penurun darah tinggi yang bisa Anda pertimbangkan untuk rutin dikonsumsi.

Jenis Buah Yang Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

1. Buah Beri
Buah beri yang paling banyak dikenal adalah blueberry dan stroberi. Kedua buah ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dikenal dengan nama antosianin. Ini adalah jenis flavonoid.

Para peneliti melakukan penelitian berskala besar terhadap 34000 orang yang mengidap hipertensi. Mereka menemukan bahwa sampel yang mendapatkan asupan antosianin yang tinggi (dalam hal ini berasal dari blueberry dan stroberi) menunjukkan adanya penurunan tekanan darah tinggi sebesar 8 persen. Besar nilai penurunan ini didapatkan dengan membandingkannya dengan mereka yang sedikit memperoleh asupan antosianin.

Nah, silahkan nikmati buah beri Anda. Cara penyajian diserahkan kepada Anda. Anda dapat membuatnya menjadi makanan cemilan, atau menambahkannya ke dalam makanan utama atau snack Anda.

2. Pisang
Buah pisang banyak mengandung unsur kalium. Kalium adalah mineral yang mempunyai peran penting dalam penanganan penyakit hipertensi. Satu buah pisang berukuran sedang kira-kira 422 mg kalium.

Berdasarkan informasi dari Asosiasi Jantung Amerika, kalium dapat mengurangi efek natrium dan mengurangi tekanan dinding pembuluh darah. Orang dewasa harus mengkonsumsi kalium sebanyak 4700 mg tiap harinya. Selain pisang, ada beberapa buah yang mempunya kandungan kalium yang tinggi, antara lain:

  • Alpukat
  • Blewah dan melon
  • Jamur
  • Ubi jalar
  • Tomat
  • Ikan tuna, dan
  • Kacang polong.

Orang dengan penyakit ginjal harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokternya. Mengapa? Oleh karena konsumsi kalium yang terlalu tinggi dapat memperparah penyakit ginjal yang diderita.

Artikel terkait: Kandungan gizi buah pisang

Buah Untuk Darah Tinggi Berikutnya

3. Buah Bit
Anda harus tahu bahwa meminum jus buah bit dapat mengurangi nilai tekanan darah dalam waktu yang singkat atau panjang. Pada tahun 2015, para peneliti melaporkan bahwa meminum just buah bit dapat memicu penurunan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki penyakit hipertensi. Jumlah yang diminum adalah 250 mL atau kira-kira 1 gelas jus setiap hari selama 4 minggu. Para peneliti juga mengungkapkan efek yang positif selama 24 jam.

Pada studi ini, mereka yang meminum 1 gelas jus bit setiap hari memiliki penurunan tekanan darah rata-rata sebanyak 8/4 mmHg. Banyak kasus yang mendapatkan tekanan darah nya kembali menjadi normal. Hasil ini hampir serupa dengan penurunan tekanan darah oleh obat yang diminum dosis tungga yang mampu menurunkan tekanan darah sebsar 9/5 mmHg.

Para peneliti menganjurkan konsumsi senyawa nitrat inorganin yang ada dalam buah bit ini. Senyawa inilah yang dianggap memiliki kemampuan dalam menurunkan darah tinggi. Anda dapat mencampurkan jus buah bit dengan bahan makanan lain, misalnya salad. Tentunya ini akan mendatangkan manfaat kesehatan yang lebih besar.

4. Buah Kiwi
Konsumsi buah kiwi sehari-hari dapat mengurangi tekanan darah pada mereka yang mederita hipertensi derajat menengah ke atas. Para peneliti melakukan penelitian tentang perbandingan efek buah kiwi dan apel terhadap penderita hipertensi. Mereka menemukan bahwa memakan 3 buah kiwi setiap hari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tensi (sistolik dan diastolik) yang lebih signifikan dibandingkan dengan konsumsi 1 buah apel setiap hari dalam waktu yang sama.

Buah kiwi juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini juga secara signifikan memperbaiki tekanan darah pada orang yang mengkonsumsi kira-kira 500 mg setiap harinya selama delapam minggu.

5. Semangka
Semangka mengandung asam amino yang dikenal dengan nama citrulin. Asam amino sitrulin ini memiliki kemampuan dalam mengontrol tekanan darah. Citrulin membantu tubuh untuk menghasilkan nitrit oksida. Nitrit oksida ini adalah gas yang melemaskan dan memperbaiki flaksibilitas pembuluh darah arteri. Dampak dari hal ini akan membantu melancarkan aliran darah dan menurunkan darah tinggi.

Terdapat satu studi yang dilakukan pada orang dewasa dengan obesitas dan kondisi prehipertensi atau hipertensi ringan yang mendapatkan asupan ekstrak semangka. Dari riset ini didapatkan adanya pengurangan tekanan darah pada pembuluh arteri lipat siku dan pergelangan kaki.

Para peneliti juga menemukan bahwa hewan yang diberikan diet semangka menunjukkan status kesehatan jantung yang lebih baik. Pada satu studi, tikus yang minum jus semangka mempunyai plak pembuluh arteri yang lebih sedikit sebanyak 50% dari tikus di kelompok kontrol. Selain itu, juga didapatkan penurunan kadar lemak jahat sebanyak 50% dari kontrol dan pengurangan berat badan sebanyak 30% dari grup kontrol.

Menu Buah Penurun Darah Tinggi Untuk Ibu Hamil

Pilihan jenis buah-buahan di atas sebenarnya boleh juga dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi lah dalam jumlah yang wajar. Dan Anda perlu rutin melakukan antenatal care ke dokter di fasilitas kesehatan. Oleh karena, sebagian kasus tekanan darah tinggi pada ibu hamil dapat menimbulkan bahaya yang serius.

Nah, itu tadi beberapa macam buah penurun darah tinggi alami yang bisa dimasukkan ke dalam menu makan harian. Konsultasilah dengan dokter bila Anda memiliki penyakit tertentu yang memiliki pantangan makanan tersendiri. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Manfaat minum air hangat untuk jantung

Sumber:
https://academic.oup.com/ajcn/article/93/2/338/4597656
https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173944/nutrients
http://hyper.ahajournals.org/content/65/2/320
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25483553
https://academic.oup.com/ajh/article/25/6/640/160387
https://www.purdue.edu/newsroom/releases/2012/Q4/watermelon-shown-to-boost-heart-health,-control-weight-gain-in-mice.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here