Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

0
142
Cara menghitung masa subur wanita setelah haid
Cara mengetahui masa subur wanita setelah haid

Melakukan perkiraan waktu subur adalah salah satu cara untuk mendapatkan keturunan. Oleh sebab itu, bagi pasangan yang merencanakan kehamilan sebaiknya mempunyai catatan periode haid. Yuks simak tips cara menghitung masa subur wanita setelah haid di bawah ini.

Apa makna siklus haid atau menstruasi ini? Siklus haid adalah periode waktu sejak hari pertama menstruasi sampai pada hari pertama haid selanjutnya. Siklus yang normal ialah berjumlah 21 sampai 35 hari. Hari pertama siklus haid adalah hari pertama menstruasi terjadi.

Memahami Masa Subur Wanita

Kapankah masa haid bermula? Haid dimulai di hari pertama saat dimana dinding rahim hancur lulu dan keluar seiring dengan darah dari vagina. Pada waktu haid, sel telur akan berkembang di dalam kandung telur. Bila telah matang, maka indung telur akan mengeluarkan sel tersebut. Nah, proses pengeluaran sel telur ini dikenal dengan istilah ovulasi.

Lalu kapan ovulasi ini terjadi? Biasanya proses ovulasi terjadi kira-kira 12 sampai 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Pada dasanya, hari terjadinya ovluasi ini tergantung kepada siklus haid seorang wanita. Bilamana siklus haid pendek maka bisa terjadi hanya dalam beberapa hari setelah haid selesai. Jadi, waktu terjadi ovulasi pada tiap wanita berbeda-beda sehingga kembali lagi untuk memahami siklus haid masing-masing.

Lantas, kapan masa subur wanita itu? Masa subur adalah kisaran periode disekitar waktu ovulasi, yaitu sekitar 5 hari sebelum terjadinya ovulasi. Biasanya masa subur wanita adalah 12 sampai 16 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya. Ini berarti bila seorang wanita memiliki siklus haid selama 28 hari maka periode masa subur wanita tersebut adalah mulai dari hari ke sepuluh sampai hari ke tujuh belas sehabis hari pertama haid terakhir. Bila siklus bukanlah 28 hari maka perlu penyesuaian sedikit.

Nah, yang menjadi penyulit adalah lama waktu menstruasi tersebut dapat berubah-rubah dengan rentang waktu 2 sampai 7 hari. Ini dapat membuat proses ovulasi bisa sepekan lebih cepat atau lebih lambat bila dibandingkan dengan siklus haid sebelumnya.

Selain proses ovulasi ini, keberhasilan pembuahan juga dipengaruhi oleh proses sel sperma menemukan sel telur. Untuk bisa hamil, sel telur yang sudah matang harus telah dibuahi dalam rentang waktu 12 sampai 24 jam.

Untuk lebih menyederhanakan penyampaian di atas, kami buatkan gambar yang menentukan kapan waktu ovulasi, masa subur, dan rata-rata rentang haid pada seorang wanita. Gambar di bawah ini disesuaikan dengan siklus haid selama 28 hari. Bila Anda mempunyai siklus haid yang tidak teratur tiap bulannya maka cukup sulit menghitung masa suburnya.

cara menentukan masa subur wanita setelah haid
Kalender kisaran lama haid, masa ovulasi, dan masa subur untuk siklus haid selama 28 hari

Tanda Tanda Masa Subur Wanita Setelah Haid

Nah, sudah disinggung di atas tentang kesulitan menghitung masa subur bila seorang perempuan memiliki siklus haid yang tidak teratur setiap bulan. Kami sampaikan beberapa tanda-tanda di bawah ini yang menentukan seorang wanita sedang di hari paling subur. Tanda dan gejala ini akan lebih memperkuat prediksi hitungan kita atau meyakinkan hitungan bagi wanita yang siklus haid nya tidak teratur.

1. Peningkatan suhu basal tubuh
Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh ketika bangun pagi. Nilai normalnya adah 35,5 sampai 36,6 derajat celsius. Suhu tubuh yang mengalami peningkatan dapat merupakan salah satu pertanda proses ovulasi.

2. Lendir Dari Mulut Rahim
Adanya lendir yang encer yang keluar dari rahim menandakan adanya perubahan kadar hormon estrogen. Perubahan hormon ini sebenarnya berfungsi sebagai persiapan proses ovulasi, tetapi bisa menjadi pertanda karena menimbulkan perubahan lendir menjadi lebih encer sehinggga keluar dari mulut rahim.

3. Perasaaan Sakit Pada Perut Atau Salah Satu Punggung
Sebagian perempuan merasakan hal seperti ini saat mendekati waktu ovulasi. Walaupun tidak khas, tetapi ini dapat dijadikan salah satu tanda ovulasi.

4. Rasa Lebih Bergairah
Beberapa perempuan merasa lebih bergairah dan bersemangat sewaktu dalam masa subur. Ini dikaitkan dengan adanya perubahan hormon yang terjadi untuk persiapan kehamilan. Kenali gejala ini menjadi salah satu pertanda dalam periode subur.

Nah, itu tadi tips bagaimana cara menghitung masa subur wanita setelah haid. Penggunaannya harus disesuaikan dengan lamanya siklus haid. Semoga bermanfaat.

Sumber:
U.S. Department of Health and Human Services, Womens Health (2018). Menstrual Cycle. What happens during the typical 28-day menstrual cycle?
Mayo Clinic (2016). Menstrual cycle: What’s normal, what’s not.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here