Cerita Cinta Yang Negatif aka Putus Cinta: Hubungan dengan Kesehatan

0
161
cerita cinta yang negatif
Ilustrasi Cinta Yang Kandas

Tidak sedikit orang yang memiliki cerita cinta yang negatif atau dalam hal ini putus cinta. Kami tidak akan membahasnya dari sisi yang lain selain kesehatan. Oleh karena blog ini bertemakan kesehatan.

Usaha move on atau pemulihan diri dari cinta yang kandas kebanyakan adalah kesulitan. Perlu kerja keras untuk hal ini. Kejadian cinta yang kandas dan proses pemulihannya akan memberikan dampak tidak hanya pikiran, tetapi juga fisik Anda.

Aspek Kesehatan Cerita Cinta Yang Negatif Atau Kandas

Para ahli setuju bahwasanya putus cinta dapat menimbulkan nyeri fisik dan gangguan kesehatan lainnya. Alasannya masih belum jelas dan mutlak.

Penelitian terbaru (lihat link nya di bagian sumber di bawah) menemukan bahwa mereka yang pernah mengalami putus cinta memiliki aktivitas otak yang sama saat ketika melihat dan merindui foto-foto orang yang mereka cintai. Aktivitas otak ini juga terjadi saat seseorang merasakan nyeri. Para peneliti membuat kesimpulan bahwasanya usaha penolakan, sakit pada fisik dan emosi adalah proses-proses yang terjadi pada area otak yang sama.

Berdasarkan artikel (lihat tautan nya di bawah) ini, penyebab dari keadaan di atas adalah rangsangan pada sistem simpatik dan parasimpatik. Sistem ini terus dirangsang untuk aktif secara simultan dan bersamaan. Hal ini akan memberikan dampak pada keadaan tubuh kita.

Sistem parasimpatik adalah bagian sistem saraf manusia yang mengendalikan fungsi relaksasi. Contohnya adalah produksi air ludah dan proses pencernaan. Sistem ini juga bertanggung jawab dalam menurunkan denyut jantung dan kecepatan pernafasan.

Sementara itu, sistem simpatik yang juga merupakan sistem saraf manusia adalah sistem yang mengendalikan tubuh untuk melakukan aksi. Sistem ini akan menjawab kebutuhan tubuh dengan mengirimkan hormon ke seluruh tubuh untuk meningkatkan detak jantung, membangunkan otot, dan lain-lain.

Keadaan patah hati akan mengaktifkan keduanya secara simultan. Bilamana kedua sistem ini diaktifkan secara bersamaan dan simultan tentu ini akan menjadi alasan tubuh kita merasakan hal yang tidak nyaman hingga menimbulkan nyeri, terutama nyeri dada. Bahkan ada pasien yang mengalami serangan jantung atau stroke sebagai akibat putus cinta, walaupun kasusnya jarang.

Patah Hati Dapat Melemahkan Manusia
Walaupun kita tidak mengetahui bagaimana proses patah hati dapat memberikan pengaruh kepada kondisi fisik tubuh, tapi sering dirasakan bahwa memang patah hati ini membuat tubuh menjadi lemah. Benar kan?

Keadaan kandas cinta juga akan membuat seseorang mengalami perubahan selera makan, motivasi berkurang atau bahkan hilang, berat badan meningkat atau menurun secara drastis, nyeri kepala, nyeri perut, nyeri dada, dan merasakan tidak enak badan secara umum. Mengobati gejala yang dirasakan sambil mengontrol kesedihan yang dialami orang tersebut adalah hal yang sebaiknya dilakukan.

“Depresi, kecemasan, dan penarikan diri dari lingkungan teman, keluarga, dan aktivitas yang biasa dilakukan adalah bentuk reaksi emosional yang kerap dilakukan. Ini hampir dialami oleh kebanyakan orang yang menjalani cinta yang kandas. Kita boleh saja membiarkan seseorang larut dalam kesedihan, tetapi tidak laurt dalam depresi, kecemasan, dan reaksi emosional yang berlebihan.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan?
Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan atau sarankan kepada mereka yang mengalami perjalanan cinta yang kandas. Ini dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental orang tersebut. Segala sesuatu harus dijalani dan mencegah dampak buruk menetap di dalam diri kita.

  • Mengontrol dan menstabilkan keadaan emosional dengan pendekatan spritual.
    • Orang yang sedang terguncang emosi dan jiwanya membutuhkan pegangan dan pedoman agar tidak terjatuh ke dalam gangguan emosional dan pikiran. Kehadiran agama dapat menjadi pegangan seseorang dalam menghadapi kegagalan cinta.
  • Tetap menjalankan pola makan yang sehat dan tepat.
    • Penyakit fisik dapat hadir bilamana kebutuhannya tidak dipenuhi. Seseorang akan mudah terkena penyakit asam lambung bila setelah kandas cintanya, dia tidak konsumsi makanan sedikitpun.
  • Tetap berbaur dengan lingkaran sosial Anda atau orang lain menghadirkan lingkaran tersebut kepada Anda.
    • Seringkali mereka yang sedang mengalami putus cinta ingin orang lain merasakan apa yang dia rasakan. Ini adalah salah satu caranya yaitu dengan tetap menjalani komunikasi dan berbagi kepada orang-orang terdekat tentang apa yang kita alami. Hal ini untuk meringankan beban pikiran sendiri.
  • Konsultasi dan konsumsi obat dari dokter untuk meredakan gejala fisik yang mengganggu.
    • Bilamana Anda merasakan keluhan fisik yang mengganggu, misalnya sakit kepala sehingga tidak bisa tidur, maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter.

Sumber:
http://www.medicaldaily.com/science-breaking-how-heartbreak-hurts-your-physical-and-mental-health-306320
http://www.pnas.org/content/108/15/6270.abstract
http://greatergood.berkeley.edu/article/item/this_is_your_brain_on_heartbreak
https://drzuhdy.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here