Sering Keluar Keputihan Saat Hamil Muda Apakah Berbahaya?

0
132
sering keluar keputihan saat hamil muda apakah berbahaya
Sering keluar keputihan ketika hamil muda normalkah?

Pada artikel ini kami akan menjawab pertanyaan pembaca. Kali ini seputar sering keluar keputihan saat hamil muda bahayakah? Memang ini merupakan kasus yang cukup sering membingungkan para ibu hamil berusia muda karena ini merupakan pengalaman pertama. Mari kita simak bahasannya di bawah ini.

Keluar Keputihan Saat Hamil Muda Normalkah?

Salam Dok! Nama saya Intan Sari berusia 22 tahun. Saat ini saya sedang mengandung dengan usia kehamilan yaitu baru 15 minggu. Terus dari kemaluan saya sering keluar flek-flek berwarna putih gitu Dok. Apakah hal tersebut normal atau bahayakah?

Jawaban:

Terima kasih kepada Ibu Intan Sari atas pertanyaan yang dikirimkan kepada kami. Kami akan menjawab menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang non-medis.

Memahami Keputihan

Perlu Ibu ketahui bahwa keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina yang bisa bersifat normal atau tidak normal. Nah, keputihan yang keluar dalam masa kehamilan baik itu hamil muda atau tua sebagian besar adalah hal yang wajar. Jadi, Ibu tidak perlu waswas dalam menghadapi keadaan ini bila cairan yang keluar masih memperlihatkan tanda-tanda yang normal.

Mengapa Keluar Keputihan Ketika Hamil Muda?

Kenapa saat hamil keluar keputihan? Keluar nya cairan berupa flek berwarna putih diakibatkan oleh proses hormonal semasa kehamilan. Pada waktu ini terjadi peningkatan kenaikan hormon estrogen guna pertumbuhan dan perkembangan rahim dan janin. Sebagai akibatnya terjadi peningkatan aliran darah ke organ-organ yang berhubungan dengan kehamilan termasuk miss V. Pada akhirnya akan meningkatkan produksi cairan oleh miss V yang menimbulkan gejala keputihan.

Waspada Keputihan Yang Tidak Normal

Walaupun sebagian besar flek-flek putih ini normal, akan tetapi Anda harus mengetahui dan memahami bagaimana tada dan gejala yang tidak normal. Hal ini diperlukan agar memudahkan pengambilan keputusan untuk segera ke dokter.

Keputihan dianggap tidak normal bila menunjukkan ciri ciri seperti:

  • Berwarna keabuan, kuning, kehijauan, atau disertai darah yang cukup banyak.
  • Cairan mengeluarkan bau yang busuk dan kuat.
  • Disertai rasa gatal, perih, atau panas pada area kemaluan.
  • Timbul nyeri pada saat berhubungan atau buang air kecil.

Bila menemukan tanda-tanda seperti di atas maka kami menyarankan untuk ibu segera berkonsultasi langsung ke dokter. Dokter akan membantu menerangkan tentang kondisi Anda.

Kesimpulan

Jadi berkaitan dengan apa yang dialami oleh Ibu maka itu adalah hal yang wajar. Jumlah cairan yang keluar bisa saja bertambah banyak atau sering seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Ibu tidak perlu cemas asalkan tidak menemui tanda-tanda yang tidak normal seperti telah dijelaskan di atas.

Mudah-mudahan jawaban kami bisa dimengerti. Silahkan berbagi informasi dengan kerabat Anda. Wassalam.

Baca juga info terkait: Penyebab keputihan berlebihan saat hamil muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here