Daftar Makanan Penyebab Keputihan Saat Hamil

0
30
makanan penyebab keputihan saat hamil muda dan tua
Makanan yang menyebabkan keputihan ketika hamil

Keputihan (fluor albus) sebagian besar adalah hal yang normal pada wanita, termasuk ketika masa kehamilan. Hanya sebagian kecil yang merupakan tanda dan gejala penyakit. Tahukah Anda bahwa ada hubungan makanan dengan terjadinya keputihan? Yuk kita simak pembahasan tentang makanan penyebab keputihan saat hamil di bawah ini.

Jenis Makanan Penyebab Keputihan Saat Hamil Muda dan Tua

Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu kami sampaikan bahwasanya daftar makanan di bawah ini memiliki pengaruh terhadap timbulnya keputihan. Namun, list makanan ini bukanlah menjadi penyebab pasti munculnya keputihan karena hal ini kebanyakan adalah hal yang wajar.

Dengan mengetahui daftar makanan ini maka Anda akan lebih bijaksana dalam mengatur pola makanan bila ingin mengontrol jumlah cairan fluor albus yang dialami. Adapun ragam makanan dan minuman tersebut antara lain:

1. Makanan dan Minuman Mengandung Alkohol

Pertama harus diingat bahwasanya alkohol adalah jenis makanan atau minuman yang dilarang untuk wanita yang sedang hamil. Dampaknya yang buruk bisa berakibat kepada pertumbuhan dan perkembangan janin.

Namun, alkohol secara umum memberikan pengaruh terhadap keadaan fluor albus ini baik saat hamil atau pun tidak. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan membuat tubuh menjadi lebih kering dibandingkan bila tidak meminumnya. Itu termasuk akan membuat kering area miss V sehingga rentan mengalami gangguan kesehatan.

Miss V yang merasa dehidrasi ini pun akan mengirim sinyal ke otak untuk membuat cairan yang lebih banyak. Selain untuk rehidrasi, cairan keputihan yang diproduksi ini juga berguna sebagai lubrikan.

2. Makanan Mengandung Gula Yang Tinggi

Seringnya seorang wanita hamil mengkonsumsi makanan tinggi kadar gula akan menyebabkan tubuhnya cocok untuk pertumbuhan infeksi jamur. Situasi ini juga terjadi pada bagian miss V. Jamur sangat mudah berkembang di area tubuh yang tinggi gula, hangat, dan lembab. Sebagai contoh, para penderita diabetes mellitus (penyakit gula) memiliki masalah dalam infeksi jamur bila tidak menjaga kebersihan tubuhnya.

3. Jenis Makanan Yang Digoreng

Contoh makanan yang menyebabkan keputihan ketika hamil selanjutnya adalah gorengan. Makanan olahan yang digoreng kaya akan lemak dan minyak. Beberapa studi menunjukkan bahwasanya ada peningkatan kejadian vaginosis bakterialis pada mereka yang rutin dan banyak konsumsi makanan yang mengadung minyak atau lemak ini.

Penyakit vagiosis bakterialis adalah salah satu penyakit yang cukup sering menyebabkan keputihan yang tidak normal pada seorang wanita hamil. Beberapa gejala yang bisa ditimbulkannya antara lain cairan keputihan berwarna hijau, kuning, atau abu-abu yang berbau amis atau busuk dan bisa diiringi dengan gatal dan sensasi terbakar pada miss V.

4. Kopi

Jenis makanan yang menyebabkan keputihan saat hamil berikutnya adalah kopi. Kopi dianggap mampu memberikan gangguan pada keseimbangan pH miss V. Derajat keasaman yang tidak seimbang ini akan memudahkan kuman penyebab infeksi untuk berkembangbiak di bagian tersebut. Alhasil akan muncul gejala keluarnya cairan keputihan.

Lantas apakah ibu hamil tidak boleh minum kopi? Bukan berarti seperti itu. Wanita hamil masih boleh minum kopi asalkan dalam batas yang wajar. Tidak boleh konsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari atau lebih banyak dari 2 cangkir kopi dalam sehari.

Selain itu, bisa juga disiasati dengan mengiringi minum kopi dengan menambah porsi minum air putih. Hal ini akan membantu mengurangi konsentrasi kopi di dalam tubuh sehingga efek yang merugikan bisa dicegah.

5. Daging dan Susu

Daging jenis tertentu dan beberapa susu mengandung xenoestrogen. Ini adalah jenis hormon artifisial yang menyerupai estrogen. Keberadaan hormon ini akan mengganggu hormon estrogen asli untuk bekerja di miss V. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan kondisi di miss V yang meningkatkan kerentanan terjadinya infeksi.

Namun, bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan jenis makanan ini. Makanlah dalam jumlah yang cukup hingga tidak mengalami gejala yang berarti. Selain itu, konsumsi daging dan susu amat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, itu tadi daftar jenis makanan yang menyebabkan keputihan saat hamil baik kehamilan tua maupun muda. Mudah-mudahan pembaca memahami dan mulai mengatur pola makannya. Semoga bermanfaat.

Baca juga info terkait: Keputihan saat hamil tua apakah tanda akan melahirkan?

  • Sumber:
    • Bustle.com (2019): 9 Surprising Foods That Can Impact Your Vaginal Health
    • Glamour.com (2019): The Best—and Worst—Foods for Vaginal Health

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here