Keputihan Saat Hamil Tua Apakah Tanda Akan Melahirkan?

0
39
keputihan saat hamil tua apakah tanda akan melahirkan
Gambar wanita hamil

Keputihan saat hamil tua apakah tanda akan melahirkan, sesuatu yang normal ataukah suatu penyakit? Banyak ibu hamil yang bertanya masalah ini khususnya bagi bumil yang baru pertama kali mengalami keadaan ini. Yuk kita bahas di bawah.

Keputihan Saat Hamil Tua, Hal Yang Normal Atau Tidak?

Perlu dipahami bahwasanya kebanyakan keputihan merupakan keadaan yang normal dalam periode kehamilan, termasuk juga kehamilan tua. Keputihan yang normal adalah keputihan yang bertekstur tipis, warna cairan nya bening atau putih, dan tidak menimbulkan bau yang terlalu busuk.

Baca juga: Gambar keputihan saat hamil

Jumlah cairan keputihan yang keluar selama kehamilan tergantung keadaan ibu hamil. Peningkatan jumlah cairan seringkali seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Hal ini dikarenakan pengaruh hormonal, akan tetapi ada manfaat lain yaitu mengurangi risiko terjadinya infeksi pada wanita hamil. Biasanya keputihan akan semakin menjadi mendekati waktu persalinan.

Keputihan ketika memasuki usia kehamilan tua akan menjadi cairan dengan karakteristik tebal, lengket, berwarna bening (atau seperti putih susu/ telur atau kadang merah muda). Ini dapat menjadi pertanda bahwasanya leher rahim mulai melebar dan menyiapkan proses persalinan nantinya.

Banyaknya jumlah cairan keputihan seringkali membuat bumil memakai panty liner. Sebenarnya hal ini normal, akan tetapi tetap harus waspada bila ada keadaan-keadaan yang menunjukkan indikasi pada permasalahan kesehatan tertentu.

Keputihan dikatakan tidak normal bilamana memperlihatkan ciri ciri seperti mengeluakan bau yang menyengat, bagian vagina bumil menjadi gatal atau dirasakan sensasi seperti terbakar, dan/ atau warna keputihan berubah menjadi hijau, kuning, abu-abu, coklat, atau pun merah.

Warna dan bau keputihan yang tidak seperti biasanya acap kali menunjukkan telah terjadinya proses infeksi. Bila perempuan hamil mengalami hal ini maka dianjurkan untuk segera memeriksakan dirinya ke dokter. Dokter akan membantu menentukan apakah bumil mengalami permasalahan infeksi biasa, serius, atau membutuhkan tata laksana penting lebih lanjut.

Penyebab Keputihan Saat Hamil tua

Apa yang menyebabkan terjadinya keputihan saat hamil tua ini? Keputihan biasanya secara normal muncul sebagai akibat dari kinerja hormon dan perubahan pada serviks (leher rahim). Namun, khusus pada umur kehamilan tua (mendekati persalinan) penekanan kepala bayi kepada leher serviks juga membuat jumlah cairan nya meningkat.

Peningkatan hormon estrogen selama kehamilan akan memberikan efek peningkatan aliran darah ke bagian panggul. Kondisi ini akan menyebabkan selaput lendir menghasilkan lebih banyak lendir yang nantinya termasuk bagian dari cairan keputihan.

Tidak hanya itu, leher rahim dan vagina juga akan melunak terutama saat memasuki kehamilan tua. Hal ini juga akan menyebabkan kuantitas cairan menjadi lebih banyak.

Nah, itu tadi penyebab keputihan normal saat usia hamil tua. Penyebab yang tidak normal meliputi vaginosis bakteri, infeksi jamur, trikomoniasis, gonore, klamidia, dan komplikasi masalah kehamilan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan klik dan baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan: Keputihan saat hamil tua apakah tanda akan melahirkan?

Jawabannya iya, akan tetapi bukan merupakan tanda mutlak. Tanda ini menjadi salah satu tanda dari beberapa gejala dan keluhan bumil yang mendekati persalinan. Yang menjadi kesimpulan di sini adalah bahwa keadaan ini tidak usah dianggap serius asalkan telah dipahami apa saja tanda keputihan yang tidak normal selama kehamilan.

Nah, itu tadi pembahasan kita tentang keputihan saat hamil tua apakah tanda akan melahirkan atau tidak. Mudah-mudahan dapat dipahami. Silahkan dibagikan kepada rekan-rekan bumil lainnya. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga Video Ini

  • Sumber:
    • Healthline (2019): Vaginal Discharge During Pregnancy: What’s Normal?
    • WebMD: Third Trimester of Pregnancy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here