Gambar Keputihan Saat Hamil dan Kondisi Lain

gambar keputihan saat hamil
Ilustraasi gambaran warna dan tekstur fluor albus.

Artikel ini akan menjelaskan gambar keputihan saat hamil. Namun, lebih tepatnya kami akan mendeskripsikan bagaimana gambaran keputihan bukan hanya pada masa kehamilan, tetapi juga di waktu tidak hamil. Yuk disimak!

Bagaimana Gambar Keputihan Saat Hamil dan Non-Hamil?

Mungkin sebagian wanita bertanya tentang apa yang keluar dari miss V nya. Atau mengapa cairan yang keluar berwarna kuning, seperti susu, atau kehijauan, dan lain-lain? Hal itu biasanya adalah suatu keputihan atau fluor albus dalam bahasa kedokteran. Kebanyakan keputihan ini normal baik pada masa kehamilan atau pun tidak. Namun begitu, Anda patut paham bagaimana gambaran karakteristik dan warna keputihan ini.

Di bawah ini ada berbagai macam gambaran tentang warna keputihan yang biasa dialami seorang wanita baik ketika dalam kondisi hamil, maupun dalam keadaan lainnya. Adapun gambaran tersebut antara lain:

1. Keputihan Berwarna Merah Darah Hingga Coklat Kering

Warna keputihan seperti ini biasanya muncul di saat waktu-waktu haid dan sifatnya normal. Derajat warna kira-kira mulai dari merah ceri di awal menstruasi sampai berwarna coklat berkarat. Bila keputihan berwarna merah ini keluar terus sepanjang bulan maka hati-hati. Itu dapat merupakan pertanda masalah kesehatan, semisal penyakit infeksi.

Alasan Keputihan Berwarna Merah Hingga Cokelat

Hal ini disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak dalam keteraturan. Tidak teraturnya siklus haid ini bisa juga disebabkan oleh penggunaan metode kontrasepsi yang bersifat hormonal. Sebagian perempuan mengeluarkan bercak-bercak darah akibat ketidakteraturan siklus ini. Darah nantinya akan bercampur dengan cairan keputihan sehingga memunculkan tampilan warna seperti ini.

2. Keputihan Berwarna Krim atau Putih Susu

Cairan keputihan dapat memiliki warna putih seperti krim atau hingga seperti susu. Keadaan ini biasanya normal asalkan tidak diikuti oleh tekstur dan bau busuk tertentu. Bau yang yang busuk dan menyengat bisa diperkirakan telah berkaitan dengan penyakit infeksi.

Penyebab Warna Krim

Hal ini disebabkan oleh proses pelumasan vagina yang alamiah. Bagian organ wanita ini akan selalu dilumasi untuk menjaga agar terhindar dari proses infeksi dimana kuman biasanya datang dari luar tubuh. Selain itu, ini juga bisa mengurangi gesekan saat berhubungan.

3. Berwarna Kuning Pucat Hingga Hijau Neon

Cairan keputihan juga dapat berwarna kuning ringan (pucat) atau kuning bakung. Selain itu, bisa juga berwarna hijau. Kedua warna ini bisa dikategorikan normal atau sudah menjurus kepada penyakit tergantung kondisi medis lainnya.

Asalan Berwarna Kuning Bakung dan Hijau

Warna ini biasanya adalah penanda adanya proses infeksi. Namun, bila tidak ada gejala infeksi seperti gatal pada miss V, muncul bau busuk, atau cairan berwarna seperti ini jarang terjadi, maka ini bisa dihubungkan dengan apa yang dimakan. Beberapa makanan dan vitamin jenis tertentu dilaporkan memberikan pengaruh kepada warna cairan keputihan.

4. Memiliki Warna Merah Muda Memerah

Cairan keputihan yang memiliki warna merah muda memerah seringkali menunjukkan tanda awal dalam siklus menstruasi. Namun, ada beberapa keadaan juga yang menunjukkan suatu masalah yang serius. Untuk hal ini Anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter.

Alasan Warna Merah Muda Memerah

Selain akibat campuran darah di awal keluarnya darah menstruasi, warna seperti ini juga bisa diakibatkan oleh perdarahan ringan akibat berhubungan. Warna merah yang terlalu pekat bisa menunjukkan suatu perdarahan yang serius.

5. Berwarna bening

Cairan fluor albus ini juga bisa memiliki warna kuning. Konsistensinya seperti putih telur. Biasanya inilah warna cairan keputihan yang normal.

Alasan Berwarna Bening

Keputihan ini adalah lendir serviks yang keluar pada kira-kira hari ke-14. Ini adalah waktu ovulasi dan sekaligus berfungsi dalam pembersihan leher rahim dan vagina.

Cairan berwarna bening ini juga bisa muncul saat kehamilan, meskipun lebih sering berwarna putih seperti susu. Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormonal selama masa kehamilan.

Baca lebih lanjut: Keputihan berwarna putih susu apakah tanda hamil?

Kadang kala cairan ini juga keluar saat seorang wanita memiliki gairah seksuil. Cairan keluar sebagai akibat dari tingginya aliran darah ke bagian miss V. Peningkatan aliran aliran darah akan memperlebar pembuluh darah miss V sekaligus meningkatkan jumlah cairan di daerah tersebut. Oleh karena itu akan keluar lebih banyak cairan bening seperti keputihan.

6. Fluor Albus Berwarna Awan Kelabu

Bila cairan keputihan yang dialami memiliki wara seperti awan badai atau asap maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kebidanan Anda. Hal ini erat kaitannya dengan pertanda vaginosis bakterialis. Infeksi ini merupakan jenis infeksi yang umum, akan tetapi tidak boleh dianggap remeh.

Kapan Harus Ke Dokter?

Setelah mengetahui bagaimana gambaran keputihan selama masa hamil atau di luar kehamilan, tentunya Anda juga harus paham kapan harus ke dokter. Hal ini penting untuk mencegah keadaan medis yang tidak diinginkan.

Anda harus memperhatikan jumlah, warna, dan gejala yang menyertai kemunculan keputihan. Ini akan menjadi petunjuk bagi dokter tentang penyakit tertentu. Namun, disarankan untuk ke dokter bila mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan salah satu gejala di bawah ini:

• gatal-gatal pada miss V,
  • timbul rasa nyeri,
  • ada rasa seperti terbakar setiap berkemih,
  • memiliki bau busuk yang khas dan kuat,
  • Terkstur berbusa, tebal, atau seperti keju cottage,
  • Adanya perdarahan melalui miss V, terutama perdarahan yang berlangsung terus-menerus (bukan hanya bercak), atau pun perdaraan muncul di luar masa haid, atau
  • Keputihan berwarna abu-abu (awan kelabu).

Nah, itu tadi penjelasan tentang bagaimana gambar keputihan saat hamil, ovulasi, haid, dan di luar masa kehamilan. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

• Sumber:
    • Healthline.com (2017): The Ultimate Color Guide to Vaginal Discharge