Kode ICD 10 Cholelithiasis

0
154

Salam kepada Sobat Decorvills.net, kali ini kita akan membahas tentang kode ICD 10 Cholelithiasis. Apa itu Cholelithiasis? Cholelithiasis atau batu empedu adalah kondisi ketika kristal keras terbentuk di dalam empedu, yaitu cairan yang diproduksi hati untuk membantu mencerna makanan. Batu empedu dapat terbentuk di kantong empedu atau saluran empedu. Jika batu empedu memblokir saluran empedu, hal ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah dan bahkan infeksi.

Gejala Cholelithiasis

Gejala Cholelithiasis bisa bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi batu empedu. Beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita Cholelithiasis adalah sakit perut di bagian kanan atas, rasa mual, muntah, dan kembung. Jika batu empedu menghalangi saluran empedu, gejala yang muncul bisa lebih parah seperti nyeri perut yang intens, kulit dan mata berwarna kuning, serta demam.

Diagnosis Cholelithiasis

Pada umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui gejala-gejala yang dialami oleh pasien Cholelithiasis. Selain itu, dokter juga dapat melakukan beberapa pemeriksaan seperti ultrasound, CT scan, dan MRI scan untuk memastikan adanya batu empedu di dalam tubuh.

Kode ICD 10 Cholelithiasis

Kode ICD 10 Cholelithiasis adalah K80. Kode ini termasuk dalam kelompok K80-K87 yang meliputi penyakit saluran empedu, hati, dan pankreas. Kode ini digunakan untuk menyatakan adanya batu empedu di dalam tubuh.

Pengobatan Cholelithiasis

Pengobatan Cholelithiasis tergantung pada tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien. Jika gejala ringan, dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mual. Namun, jika batu empedu sudah menyumbat saluran empedu, maka tindakan operasi diperlukan untuk mengeluarkan batu empedu yang ada di dalam tubuh.

Faq

PertanyaanJawaban
Apakah Cholelithiasis dapat dicegah?Cholelithiasis dapat dicegah dengan melakukan diet yang sehat dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan kolesterol.
Apakah batu empedu harus diangkat?Jika batu empedu sudah menyumbat saluran empedu, maka tindakan operasi diperlukan untuk mengeluarkan batu empedu tersebut.
Apakah batu empedu dapat tumbuh kembali setelah diangkat?Tidak, setelah batu empedu diangkat, batu tersebut tidak akan tumbuh kembali.

Kesimpulan

Cholelithiasis atau batu empedu adalah kondisi ketika kristal keras terbentuk di dalam empedu, yaitu cairan yang diproduksi hati untuk membantu mencerna makanan. Kode ICD 10 Cholelithiasis adalah K80. Pengobatan Cholelithiasis tergantung pada tingkat keparahan gejala yang dialami oleh pasien. Jika gejala ringan, dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mual. Namun, jika batu empedu sudah menyumbat saluran empedu, maka tindakan operasi diperlukan untuk mengeluarkan batu empedu yang ada di dalam tubuh. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan diet yang sehat dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Terima kasih telah membaca artikel tentang kode ICD 10 Cholelithiasis ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini