Kode ICD 10 GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

kode icd 10 gerd
Daftar rincian diagnosa kode icd 10 gerd atau penyakit asam lambung naik

Hai para koder sekalian, kali ini kami akan berbagai daftar kode ICD 10 GERD atau gastroesophageal reflux disease. Penyakit ini sering juga disebut dengan penyakit asam lambung. Yuk simak kode nya.

Nomer Kode ICD 10 GERD

Sebelum kami membagikan rincian kode nya, kami sajikan terlebih dahulu informasi singkat tentang penyakit ini. Pengenalan penyakit penting untuk para koder untuk membandingkan kondisi pasien, diagnosis, dan nomor kode ICD X nya.

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung muncul dikarenakan asam lambung yang naik ke organ esofagus (atau kerongkongan) atau sampai ke rongga mulut. Naikknya cairan asam lambung ini menyebabkan iritasi dan peradangan pada lambung dan kerongkongan. Keadaan yang biasanya muncul adalah nyeri ulu hati dan sensasi panas seperti terbakar di dada.

Faktor Risiko GERD

Ada berbagai macam faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan terkena penyakit ini. Biasanya faktor-faktor ini berhubungan dengan keadaan yang mengakibatkan otot-otot LES menjadi lemah. LES adalah kependekan dari lower esophageal sphincter atau sfingter esofagus bagian bawah. Ini adalah otot-otot yang menjadi pintu yang memisahkan antara lambung dan keronongkongan.

Berbagai keadaan yang menjadi faktor risiko, yaitu:

• Obesitas atau kegemukan.
  • Wanita dalam kondisi hamil.
  • Individu yang berumur lanjut.
  • Orang dengan gastroparesis yaitu suatu keadaan dimana otot dinding lambung melemah sehingga proses pengosongan lambung menjadi lambat.
  • Skleroderma atau penyakit jaringan ikat.
  • Hernia hiatus yaitu suatu kondisi dimana bagian lambung masuk ke rongga dada.

Penyakit ini dapat juga diderita oleh bayi. Hal ini disebabkan oleh kelemahan otot LES karena dalam masa pertumbuhan. Gejala pada bayi dapat berupa gumoh atau bersendawa sehabis menyusui atau makan. Perhatikan gejala bayi yang satu ini, bila tidak sembuh setelah umur bayi 1 tahun maka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Kita sudah tahu bahwa kenaikan asam lambung karena gangguan atau kelemahan fungsi LES. Selain itu, ada juga berbagai penyebab lain, yaitu:

• Faktor berat badan yang berlebihan berat badan.
  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang terlampau banyak.
  • Terlampau banyak konsumsi jenis makanan dan minuman seperti cokelat, kopi, dan minuman mengandung alkohol.
  • Kebiasaan merokok.
  • Perubahan hormonal pada perempuan dalam keadaan hamil.
  • Tingkat stress terlalu tinggi.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Adapun berbagai macam tanda dan gejala penyakit ini, yaitu:

• Heeartburn atau sensasi nyeri atau rasa terbakar di ulu hati dan dada di bagian tengah.
  • Leher panas seperti tercekik bila asam lambung sampai ke pangkal tenggorokan.
  • Rasa asam atau pahit di rongga mulut.
  • Susah menelan.
  • Sering mengalami batuk kering terutama malam hari.
  • Terkadang muncul bau tidak sedap pada nafas.
  • Gigi dapat mengalami kerusakan.

List Kode ICD 10 Asam Lambung

Nah, setelah mengetahui informasi medis singkat tentang penyakit ini maka berikut ini adalah nomor kode ICD X nya. Silahkan dituliskan nomor nya bila dokter penanggungjawab pasien menuliskan diagnosis penyakit seperti di bawah ini.

• K21 Gastro-esophageal reflux disease : Penyakit refluks asam lambung.
  • K21.0 Gastro-esophageal reflux disease with esophagitis : Penyakit refluks asam lambung dengan esofagitis (radang kerongkongan).
  • K21.9 Gastro-esophageal reflux disease without esophagitis : Penyakit refluks asam lambung tanpa esofagitis.

Nah, itu tadi kode ICD 10 GERD nya. Semoga bermanfaat untuk para koder sekalian.

Baca juga info berhubungan: Sesak nafas karena asam lambung sembuh dengan sendirinya, Benarkah?

Sumber:
ICD10 Data