Kode ICD 10 Limfadenopati Colli

0
243
kode ICD 10 limfadenopati colli

Artikel sharing nomor kode ICD 10 limfadenopati colli. Yuk disimak para koder diagnosis penyakit sekalian. Penyakit ini lumayan sering loh.

Nomor Kode ICD X Limfadenopati Regio Colli

Seperti layaknya biasa, sebelum kami membagikan list kode nya maka kami akan ajak pembaca sekalian mengenali penyakit ini secara singkat. Namun, bagi yang ingin skip silahkan lanjut scroll ke bawah.

Pengertian Limfadenopati Colli

Limfadenopati adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Kelenjar getah bening ini ada pada banyak bagian tubuh. Ini tersebar sehingga memberikan fungsi dalam mekanisme kekebalan tubuh. KGB sangat penting dalam melawan agen penyebab penyakit seperti virus atau bakteri yang masuk ke tubuh.

Beberapa tempat kelenjar getah bening yang utama antara lain belakang kepala, belakang telinga, leher, dagu, ketiak, dan pangkal paha. Nah, berkaitan dengan bahasan kita ini sebenarnya area leher disebut juga dengan colli dalam bahasa latin. Jadi, limfadenopati colli bisa diartikan sebagai adanya pembengkakan atau pembesaran KGB pada area leher.

Sebenarnya, kelenjar getah bening bisa menjadi membesar secara normal, akan tetapi dalam hal yang wajar. Ukuran pembesaran KGB tiap individu berbeda-beda, bergantung kepada umur, area KGB, dan kemampuan daya tahan tubuh orang tersebut.

Tanda dan Gejala Limfadenopati

Gejala dan tanda utama dari penyakit ini sudah barang tentu pembesaran atau pembengkakan. Bengkak muncul pada bagian bawah kulit yang bisa diiringi nyeri atau pun tidak. Hal ini tergantung kepada patogenesis dan penyebab penyakit.

Selain itu bisa juga ditandai dengan gejala lainnya yang bergantung kepada lokasi bengkak, penyebab, dan keadaan medis pasien. Beberapa diantara gejala dan tanda yang menyertai adalah sebagai berikut:

  • Demam,
  • Ruam pada kulit,
  • Letih atau lemas,
  • Sering mengeluarkan keringat di malam hari, dan/ atau
  • Nafsu makan berkurang dan berat badan turun signifikan.

Disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter bila mengalami bengkak pada kelenjar getah bening diikuti salah satu atau beberapa tanda di atas.

Kode ICD 10 Limfadenopati Colli

Sebenarnya tidak ada pembagian kode secara khusus yang menunjukkan pembengkakan KGB di area tertentu. Keseluruhannya dijadikan satu menjadi kode “Localized enlarged lymph nodes“. Untuk lebih jelasnya lihat rincian kodenya di bawawh ini.

  • R59 Enlarged lymph nodes (Pembesaran kelenjar getah bening).
  • R59.0 Localized enlarged lymph nodes (Pembesaran kelenjar getah bening terlokalisir).
  • R59.1 Generalized enlarged lymph nodes (Pembengkakan kelenjar getah bening secara umum).
  • R59.9 Enlarged lymph nodes, unspecified (Pembengkakan kelenjar getah bening, tidak spesifik).

Baca juga: Kode ICD 10 Lengkap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here