Kode ICD 10 Batu Ginjal (Nefrolitiasis)

1
4503
kode icd 10 batu ginjal nefrolitiasis

Hai para koder kembali lagi ke artikel sharing kode diagnosis penyakit. Kali ini kami akan berbagi kode ICD 10 batu ginjal. Angka kejadian penyakit ini lumayan banyak.

Penomoran Kode ICD 10 Batu Ginjal

Kami akan menghantarkan informasi singkat tentang penyakit ini. Kami menilai hal ini penting guna menambah atau menyegarkan pengetahuan tentang penyakit. Mudah-mudahan dapat membantu dalam klarifikasi kode dan gejala yang dialami pasien.

Penyakit Batu Ginjal

Istilah medis penyakit batu ginjal adalah nefrolitiasis. Ini adalah suatu keadaan dimana terjadi proses pembentukan materi yang keras di ginjal dari garam dan mineral. Batu ginjal ini bisa terbentuk di sepanjang saluran kemih. Mulai dari ginjal, uereter (saluran penyambung ginjal dan kantong kemih), kantung kemih, dan hingga uretra (saluran pelepasan urin dari kantung kemih).

Batu ginjal akan terbentuk dari sisa-sisa metabolisme di dalam darah yang menumpuk dan mengkristal di ginjal. Proses ini memakan waktu lama hingga membetuk seperti batu.

Kebanyakan kasus penyakit ini diderita oleh kelompok usia 30 sampai 60 tahun. Kira-kira sebanyak 10 persen perempuan dan 15 persen laki-laki pernah menderita penyakit ini.

Penyebab Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini bisa dicetuskan oleh banyak keadaan. Beberapa diantaranya kurang konsumsi air putih, konsumsi jenis makanan tertentu dalam jumlah yang berlebihan, obesitas (kelebihan berat badan), dampak dari prosedur operasi di organ-organ pencernaan, ataupun masalah kesehatan lainnya. Ditinjau dari macamnya maka batu ginjal dikelompokkan menjadi 4 jenis, antara lain: batu kalsium, batu asam urat, sistin, dan struvit.

Batu ginjal ini tidak melulu di ginjal, tetapi bisa berpindah. Perpindahan ini seringkali menyebabkan sumbatan tiba-tiba karena berpindah ke tempat yang lebih kecil. Hal ini akan menimbulkan iritasi di saluran kencing dan gangguan pada buang air kecil. Batu ginjal yang diketahui sejak dini biasanya jarang menimbulkan sumbatan dan kerusakan pada jaringan ginjal.

Tanda dan Gejala Batu Ginjal

Gejala dan keluhan muncul dan dirasakan biasanya setelah ukuran batu ginjal sudah besar. Beberapa gejala dan keluhan yang mungkin akan dirasakan, antara lain:

  • Nyeri ketika buang air kecil.
  • Frekuensi buang air kecil yang semakin sering.
  • Jumlah volume urin ketika berkemih sedikit-sedikit.
  • Terkadang urin seperti mengandung pasir atau kristal.

List dan Rincian Kode ICD 10 Nefrolitiasis

Perlu diketahui bahwa khusus artikel ini kami hanya akan berbagi kode batu pada ginjal saja. Untuk batu pada saluran kemih lainnya akan kami bahas masing-masing secara khusus. Adapun kode nya adalah sebagai berikut.

  • N20 Calculus of kidney and ureter (Batu pada ginjal dan ureter)
  • N20.0 Calculus of kidney (Batu di ginjal)
  • N20.1 Calculus of ureter (Batu di ureter)
  • N20.2 Calculus of kidney with calculus of ureter (Kalkulus pada ginjal dengan kalkulus pada ureter)
  • N20.9 Urinary calculus, unspecified (kalkulus pada sistem urinarius, tidak spesifik).

Nah, itu tadi kode ICD 10 batu ginjal atau nefrolitiasis. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian, khususnya koder.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here