Kode ICD 10 Miliaria

0
41

Halo Sobat Decorvills.net! Kali ini kita akan membahas tentang penyakit kulit yang sering terjadi di Indonesia, yaitu miliaria. Miliaria adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sumbatan kelenjar keringat. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyamanan pada kulit. Artikel ini akan membahas tentang kode ICD 10 miliaria serta cara mencegah dan mengobatinya.

Apa itu Kode ICD 10 Miliaria?

Kode ICD 10 miliaria adalah kode medis yang digunakan untuk mengidentifikasi penyakit kulit miliaria. Kode ini terdiri dari huruf dan angka yang digunakan oleh tenaga medis untuk mengklasifikasikan penyakit pada pasien. Kode ICD 10 miliaria adalah L74.4.

Tipe Miliaria

Terdapat tiga tipe miliaria, yaitu miliaria kristalina, miliaria rubra, dan miliaria profunda. Miliaria kristalina adalah tipe miliaria yang paling ringan. Gejalanya adalah munculnya gelembung kecil berisi cairan bening di atas kulit. Miliaria rubra adalah tipe miliaria yang paling umum. Gejalanya adalah kulit merah dan gatal, ditandai dengan munculnya rasa panas pada kulit. Sementara itu, miliaria profunda adalah tipe miliaria yang paling parah. Gejalanya adalah munculnya benjolan-benjolan di bawah kulit, terutama pada orang yang tinggal di daerah panas dan lembap.

Penyebab Miliaria

Penyebab miliaria adalah sumbatan kelenjar keringat yang menyebabkan keringat terperangkap di bawah kulit. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah yang panas dan lembap serta pada orang yang memakai pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat.

Gejala Miliaria

Gejala miliaria meliputi gatal dan ketidaknyamanan pada kulit. Pada tipe miliaria kristalina, munculnya gelembung kecil berisi cairan bening di atas kulit. Pada tipe miliaria rubra, kulit menjadi merah dan gatal, ditandai dengan munculnya rasa panas pada kulit. Pada tipe miliaria profunda, munculnya benjolan-benjolan di bawah kulit, terutama pada orang yang tinggal di daerah panas dan lembap.

Cara Mencegah Miliaria

Untuk mencegah miliaria, Anda dapat melakukan beberapa cara, yaitu:

  1. Menghindari daerah yang panas dan lembap
  2. Menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat
  3. Menghindari penggunaan lotion atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit
  4. Menghindari penggunaan air panas dan shower yang terlalu lama

Cara Mengobati Miliaria

Untuk mengobati miliaria, Anda dapat melakukan beberapa cara, yaitu:

  1. Menghindari daerah yang panas dan lembap
  2. Menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat
  3. Menghindari penggunaan lotion atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit
  4. Menghindari penggunaan air panas dan shower yang terlalu lama

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus segera ke dokter apabila miliaria yang Anda alami semakin parah dan tidak kunjung sembuh setelah melakukan perawatan mandiri. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengobati miliaria yang lebih parah.

Kesimpulan

Miliaria adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sumbatan kelenjar keringat. Kode ICD 10 miliaria adalah L74.4. Terdapat tiga tipe miliaria, yaitu miliaria kristalina, miliaria rubra, dan miliaria profunda. Gejala miliaria meliputi gatal dan ketidaknyamanan pada kulit. Untuk mencegah dan mengobati miliaria, Anda dapat melakukan beberapa cara, seperti menghindari daerah yang panas dan lembap, menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat, dan menghindari penggunaan lotion atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

FAQ

1. Apa itu miliaria?Miliaria adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh sumbatan kelenjar keringat.
2. Apa gejala miliaria?Gejala miliaria meliputi gatal dan ketidaknyamanan pada kulit. Pada tipe miliaria kristalina, munculnya gelembung kecil berisi cairan bening di atas kulit. Pada tipe miliaria rubra, kulit menjadi merah dan gatal, ditandai dengan munculnya rasa panas pada kulit. Pada tipe miliaria profunda, munculnya benjolan-benjolan di bawah kulit, terutama pada orang yang tinggal di daerah panas dan lembap.
3. Bagaimana cara mencegah miliaria?Untuk mencegah miliaria, Anda dapat melakukan beberapa cara, yaitu menghindari daerah yang panas dan lembap, menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat, menghindari penggunaan lotion atau minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit, dan menghindari penggunaan air panas dan shower yang terlalu lama.
4. Apa kode ICD 10 miliaria?Kode ICD 10 miliaria adalah L74.4.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini