Kode ICD 10 Myopia (Kode Diagnosa Rabun Jauh)

kode ICD 10 Myopia

Setelah membahas tentang kode ICD 10 Hipermetropia maka kali ini kami juga akan berbagi kode ICD 10 Myopia. Pemahaman akan kode ini akan sangat banyak membantu kerja para koder. Oleh karena dokter mata cukup sering mendapati kasus penyakit ini.

Rincian Kode ICD 10 Myopia

Yuk kita pelajari tentang penyakit ini secara ringkas. Selain menambah pengetahuan, koder juga nantinya akan lebih pengalaman dalam membandingkan antara data anamnesis dan pemeriksaan fisik dengan kesesuaian kode diagnosis.

Definisi Miopia

Myopia disebut juga dengan rabut jauh. Miopia adalah suatu keadaan dimana terdapat gangguan pada penglihatan objek yang terletak jauh dari mata, tetapi tidak ada masalah dengan objek di dekat mata. Orang awam juga sering mengenal miopia ini dengan istilah mata minus.

Myopia merupakan salah satu dari ragam kelainan refraksi pada mata. Keadaan ini timbul dikarenakan mata tidak bisa membuat fokus cahaya pada tempat yang seharusnya yaitu pada retina mata. Banyak hal yang menjadi penyebab dari timbulkan ketidakmampuan fokus ini.

Miopia bisa diobat secara fungsional dengan pemakaian kaca mata. Selain itu, saat ini mulai marak penatalaksanaan mata minus ini dengan operasi LASIK yang memanfaatkan sinar laser.

Gejala Myopia

Sudah barang tentu gejala utama miopia adalah penglihatan kabur pada objek yang jauh dari mata. Gejala ini bisa dirasakan pada semua kelompok usia. Kemunculan gejala kebanyakan diawali pada anak usia sekolah dan remaja. Hal ini sering menimbulkan kesulitan belajar bagi anak, terutama bila duduk di bagian belakang. Pada orang dewasa biasanya menimbulkan kesulitan saat mengendarai kendaraan bermotor.

Oleh karena kesulitan dalam melihat jauh, beberapa pasien miopia ini dapat merasakan gejala penyerta lainnya. Bermacam gejala tersebut antara lain:

• Nyeri pada kepala,
  • Mata mudah lelah akibat dipaksa bekerja dengan porsi lebih,
  • Semakin sering mengedipkan mata,
  • Sering membuat mata picing untuk memfokuskan penglihatan,
  • Sering mengucek-ucek mata, dan/ atau
  • Tampat tidak sadar akan objek yang jauh letaknya.

Rabun jauh ini dapat bertambah parah dengan pertambahan umur. Pada usia dewasa maka biasanya derajatnya akan stabil, akan tetapi sebagian kecil kasus juga terus semakin parah.

Nomer Kode ICD X Rabun Jauh

• H52.1 Myopia (Rabun penglihatan jauh)
  • H52.10 Myopia unspecified eye (Rabun penglihatan jauh pada mata tidak spesifik)
  • H52.11 Myopia right eye (Rabun jauh pada mata kanan)
  • H52.12 Myopia left eye (Rabun jauh pada mata sebelah kiri)
  • H52.13 Myopia bilateral (Rabun daya lihat jauh di kedua mata).

Nah, itu tadi rincian kode ICD 10 myopia nya. Mudah-mudahan mendatangkan manfaat.