Kode ICD 10 Retensi Urine

0
173

Salam Sehat, Sobat Decorvills.net! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Kode ICD 10 Retensi Urine. Bagi yang tidak tahu, ICD adalah singkatan dari International Classification of Diseases atau klasifikasi internasional penyakit yang digunakan oleh sejumlah rumah sakit di seluruh dunia dalam mencatat dan mengklasifikasikan penyakit.

Apa Itu Retensi Urine?

Retensi urine adalah suatu kondisi ketika kemampuan tubuh untuk mengosongkan kandung kemih terganggu. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti pembengkakan prostat, kandung kemih yang terlalu penuh, kerusakan saraf yang mengontrol kandung kemih, atau efek samping obat-obatan tertentu.Beberapa gejala yang sering terjadi pada penderita retensi urine adalah kesulitan buang air kecil, rasa sakit saat buang air kecil, kandung kemih yang terasa penuh atau tegang, dan bahkan inkontinensia urin atau kebocoran urine.

Kode ICD 10 Retensi Urine

Kode ICD 10 untuk retensi urine adalah R33. Kode ini digunakan untuk mendokumentasikan pasien yang mengalami kondisi ini dalam catatan medis mereka. Dengan menggunakan kode ICD 10, dokter dapat dengan mudah mengklasifikasikan dan mengidentifikasi kondisi pasien dengan lebih akurat.

Penyebab Retensi Urine

Retensi urine dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

  • Pembesaran prostat
  • Kerusakan saraf yang mengontrol kandung kemih
  • Kandung kemih yang terlalu penuh atau terlalu tegang
  • Efek samping obat-obatan tertentu
  • Infeksi saluran kemih

Bagaimana Mendiagnosis Retensi Urine?

Dalam mendiagnosis retensi urine, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat medis pasien. Beberapa tes yang dapat dilakukan oleh dokter adalah tes aliran urin dan ultrasonografi kandung kemih. Jika diperlukan, dokter mungkin juga akan merujuk pasien untuk melakukan tes urodinamik atau cystoscopy.

Bagaimana Mengobati Retensi Urine?

Pengobatan retensi urine tergantung pada penyebabnya. Beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan adalah:

  • Obat-obatan untuk mengurangi pembesaran prostat atau merelaksasi otot kandung kemih
  • Teknik meditasi atau relaksasi untuk membantu mengontrol keinginan untuk buang air kecil
  • Pemakaian kateter untuk memperbaiki aliran urin
  • Operasi untuk mengatasi pembesaran prostat atau masalah lain di saluran kemih

Kesimpulan

Retensi urine adalah kondisi medis yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengosongkan kandung kemih. Kode ICD 10 untuk retensi urine adalah R33 dan digunakan untuk mendokumentasikan pasien yang mengalami kondisi ini dalam catatan medis mereka.Penyebab retensi urine meliputi pembesaran prostat, kerusakan saraf yang mengontrol kandung kemih, kandung kemih yang terlalu penuh atau terlalu tegang, efek samping obat-obatan tertentu, dan infeksi saluran kemih. Dalam mendiagnosis dan mengobati kondisi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan riwayat medis pasien.Salam sehat, Sobat Decorvills.net! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini