Manfaat Bacaan Doa Ayat Kursi Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

0
553
Bacaan Doa Ayat Kursi Untuk Kesehatan
Manfaat Bacaan Doa Ayat Kursi Untuk Kesehatan

Bacaan ayat kursi sering diidentikkan dengan usaha seorang Muslim menjauhkan diri dari pengaruh buruk jin atau setan. Okelah kita tidak berbicara hal tersebut di blog kesehatan ini. Kita akan berbicara tentang manfaat bacaan doa ayat kursi untuk kesehatan fisik dan mental. Yuk disimak bukti-bukti ilmiahnya.

Sebenarnya apa yang kami sampaikan di sini lebih kepada khasiat doa secara umum untuk kesehatan tubuh secara fisik dan mental. Namun, individu Muslim seringkali lebih mengkhususkan doa ayat kursi ini. Oleh karena itu, hal ini menjadi menarik untuk kami kaitkan dengan bidang kesehatan.

6 Manfaat Bacaan Doa Ayat Kursi Untuk Kesehatan Tubuh

Di bawah ini ada 6 khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dari membaca doa ayat kursi secara rutin dan sungguh-sungguh. Tidak hanya doa ayat kursi, akan tetapi doa secara umum.

1. Angka Harapan Hidup Lebih Panjang
Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di Health Psychology pada Bulan September 2015 ditemukan bahwasanya dari sebanyak 191 pasien yang mengalami penyakit gagal jantung, beberapa dari mereka memiliki angka harapan hidup yang lebih panjang. Hal ini dikaitkan erat dengan aktivitas dan gaya hidup mereka yang sehat secara fisik dan spiritual (mental).

Dalam riset lainnya disebutkan bahwa mereka yang sering dan rutin berdoa maka kerentanan kematian berkurang sebanyak 55%. Angka ini didapat setelah melalui follow-up penelitian selama 18 tahun.

Hal senada pada penelitian yang dipublikasikan di JAMA Internal Medicine tahun 2016 menunjukkan bahwasanya perempuan yang sering berdoa maka kerentanan kematiannya berkurang sebanyak 33%. Angka ini diperoleh setelah melakukan follow-up studi selama 16 tahun.

Kedua hasil penelitian di atas tidak bergantung kepada apa jenis agamanya. Namun, lebih ditekankan kepada kerutinan dalam aktivitas spritual (agama).

2. Optimistik
Terdapat laporan studi yang diterbitkan pada Depression and Anxiety. Laporan ini terkait dengan pasien depresi ataupun penyakit kronik lainnya yang secara rutin melaksanakan kegiatan religius termasuk berdoa. Laporan ini memperlihatkan bahwasanya mereka yang lebih sering melakukan aktivitas religi memiliki sikap yang lebih optimis dibandingkan pasien lainnya.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa kegiatan berdoa selama 6 minggu yang dilakukan oleh pasien mampu menurunkan gejala depresi dan kecemasan. Selain itu, sikap optimisme mereka pun tumbuh.

Pada penelitian lain disebutkan bahwa wanita yang sering berdoa merasakan nyeri paska operasi Caesar yang lebih ringan. Selain itu, wanita yang dalam terapi radiasi juga merasakan perbaikan kualitas hidup dengan rutin berdoa.

3. Melawan Candu
Terdapat penelitian yang ditulis pada Reward Deficiency Syndrome Journal yang terbit Bulan Juni 2015. Penelitian ini memberi kesimpulan bahwasanya berdoa menunjukkan dampak pencegahan bagi para pecandu alkohol dan narkoba untuk tidak kembali memanfaatkan barang yang merusak tersebut.

Khasiat Bacaan Ayat Kursi dan Doa Umum Lainnya

4. Tekanan Darah Lebih Stabil
Penelitian yang dilaksanakan oleh National Instituted of Health memperlihatkan perbedaan risiko terkena penyakit hipertensi antara pasien yang rutin dan sungguh-sungguh berdoa dengan yang tidak. Mereka yang rutin berdoa mempunyai tekanan darah yang relatif lebih stabil. Selain itu, risiko terkena penyakit hipertensi juga hanya sebesar 40%.

5. Lebih Bahagia
Sebuah riset dan penelitian yang menunjukkan bahwasanya pada saat berdoa, otak akan menghasilkan hormon oksitosin. Hampir sama dengan hormon dopamin, oksitosin juga akan memberikan pengaruh terhadap suasana mood, hati, motivasi, dan perhatian. Hormon ini membuat individu tersebut merasakan perasaan yang lebih bahagia.

6. Pikiran Lebih Jernih dan Fokus
Berdoa menjadi kegiatan efektif untuk merendahkan tingkat reaksi terhadap peristiwa yang menimbulkan trauma. Orang yang berdoa akan lebih fokus terhadap pikiran yang ada di luar dirinya. Selain itu, berdoa akan berkaitan dengan korteks prefrontal. Ini adalah bagian dari otak yang berperan dalam manajemen fungsi eksekutif termasuk pengendalian diri. Oleh karena itu, individu tersebut akan lebih bisa menentukan keputusan yang bijak dan tepat.

Nah, itu tadi 6 manfaat bacaan doa ayat kursi untuk kesehatan fisik dan mental. Sebenarnya masih banyak lagi bukti penelitian yang menunjukkan guna doa secara umum untuk kesehatan tubuh, tetapi kami merangkum bagian yang penting-penting saja. Semoga bermanfaat.

  • Sumber:
  • Klikdokter.com (2018): 6 Manfaat Berdoa untuk Kesehatan
  • journals.plos.org (2017): Church attendance, allostatic load and mortality in middle aged adults
  • jamanetwork.com (2016): Association of Religious Service Attendance With Mortality Among Women
  • Pubmed.gov (2009): A randomized trial of the effect of prayer on depression and anxiety.
  • Pubmed.gov (2014): The effects of religion and spirituality on postoperative pain, hemodynamic functioning and anxiety after cesarean section.
  • Pubmed.gov (2013): The effect of spiritual therapy for improving the quality of life of women with breast cancer: a randomized controlled trial.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini