Mengapa Otot Yang Melekat Pada Rangka Disebut Otot Lurik ?

0
34
alasan mengapa otot yang melekat pada rangka disebut otot lurik
alasan mengapa otot yang melekat pada rangka disebut otot lurik. Oleh: Pexels dari Pixabay Free License

Apakah Anda tahu mengapa otot yang melekat pada rangka disebut otot lurik ? Yuk kita simak bahasannya di bawah ini.

Tubuh manusia memiliki sekitar lebih dari 600 otot. Jumlah ini adalah 40% dari volume tubuh. Dari jumlah ini pula ada otot lurik yang mempunyai fungsi yang sangat penting bagi manusia dalam menunjang kehidupan.

Jadi, Mengapa Otot Yang Melekat Pada Rangka Disebut Otot Lurik ?

Otot ini dinamakan lurik dikarenakan terdapat area yang gelap (aktin) dan area yang terang (miosin) yang tersusun secara berselang-seling pada strukturnya. Selain itu, otot lurik juga dikenal dengan otot rangka yang berarti sebagian besar jenis otot ini melekat pada rangka dan berkontraksi sesuai dengan kehendak (volunter)

Baca juga: Apa fungsi otot lurik bagi tubuh ?

Otot lurik adalah jaringan yang memiliki cara kerja secara terorganisir yang dapat mengkonversi energi kimia menjadi gerak. Peran penting dari otot lurik ialah memicu kontraksi yang mendukung sistem pernafasan, pergerakan, postur tubuh, dan pompa darah ke seluruh jaringan tubuh oleh otot jantung.

Sebagian besar gerakan yang dilakukan oleh tubuh adalah hasil kerja dari otot rangka. Gerakan-gerakan tersebut seperti menggerakkan kepala, mata, tangan, pinggang, dan kaki. Atau kegiatan yang lebih kompleks lainnya semisal berjalan, berlari, atau menaiki tangga.

Berbagai ekspresi wajah seperti sedih, marah, kecewa, atau cemberut juga merupakan hasil kerja dari otot lurik ini. Gerakan mulut dan lidah untuk berbicara juga didukung oleh kinerja kontraksi otot yang satu ini.

Otot lurik yang berupa otot jantung memiliki cara kerja yang agak berbeda. Otot jantung ini akan berkontraksi secara tidak sadar (tidak bisa dikendalikan) dan terus berdetak setiap waktu. Otot jantung berkontraksi untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh sel dan jaringan tubuh

Gangguan pada Otot Lurik

Otot urik akan mengalami gangguan atau penurunan fungsi disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa penyebabnya semisal faktor umur, turunnya volume otot karena trauma, atau penyakit kronis dan cacat.

Namun, secara umum permasalahan dari otot lurik yang sering terjadi, yaitu:

  • Miopati yaitu terjadinya bengkak atau kelemahan otot rangka secara progresif. Salah satu contohnya adalah polimiositis.
  • Dermatomiositis yaitu polimiositis yang juga diiringi kemunculan bercak merah pada kulit
  • Distrofi otot yaitu penyakit kronik yang mengenai serat-serat dari otot rangka
  • Kelainan metabolik otot yaitu gangguan reaksi kimia otot ketikan proses penyerapan energi dari makanan yang dimakan. Salah satu contohnya adalah penyakit Pompe
  • Kram Otot
    • Masalah ini muncul dikarenakan kurangnya asupan cairan (dehidrasi), kurang intake magnesium dan kalium, masalah persarafan atau metabolisme, atau dampak penggunaan jenis obat tertentu
  • Kelemahan otot yakni gangguan pada jalur sistem saraf sehingga tidak terjadi atau terjadi gangguan pada proses transmisi saraf dari otak ke otot.
  • Kelemahan otot bawaan yakni ada beberapa gangguan berupa sindrom yang disebabkan oleh struktur otot tidak bertumbuh dengan baik.

Nah, jadi sudah tahukan alasan mengapa otot yang melekat pada rangka disebut otot lurik ? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here