Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh Manusia

0
42
apa fungsi otot lurik bagi tubuh manusia
Apa saja peran dan fungsi otot lurik bagi tubuh manusia?

Apa fungsi otot lurik bagi tubuh manusia? Tahukah Anda apa otot lurik itu? Mari kita bahas pada artikel ini.

Manusia memiliki sekitar 600 lebih otot pada tubuhnya. Jumlah ini adalah kira-kira 40% dari bagian tubuh. Dari ratusan otot ini, ada jenis otot lurik yang memiliki peranan yang sangat penting. Beberapa manfaatnya seperti melakukan gerakan, memelihara metabolisme, dan menyediakan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Otot Rangka dan Jantung Adalah Otot Lurik

Sebenarnya, ada 3 jenis otot pada tubuh manusia, yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Otot polos adalah otot halus yang berada di organ tubuh yang mempunyai ruangan kecuali jantung. Otot ini akan bergerak dan berfungsi tanpa perintah atau kontrol dari manusianya. Contoh otot ini adalah otot-otot yang terdapat pada pembuluh darah, rahim, dinding usus, dan lain-lain.

Sementara itu, otot jantung adalah otot yang menyusun dinding jantung. Secara struktural, otot ini merupakan otot lurik juga. Namun, otot ini bekerja secara otomatis atau refleks tanpa kontrol dari manusia.

Otot lurik banyak terdapat pada sistem rangka. Otot ini menempel pada tulang-tulang manusia. Kinerja otot ini merupakan respon dari perintah atau keinginan manusia. Otot lurik menunjukkan gambaran ribuan unit otot (sarkomer) pada penglihatan mikroskop.

Perbedaan Otot Lurik dan Jantung

Selain otomatisasi kinerja, perbedaan penting antara otot lurik dan jantung adalah dalam hal kapabilitas regenerasi sel. Bila serabut otot lurik pada rangka mengalami kerusakan maka sel-sel otot nya bisa membuat serat baru. Serabut otot bersifat fleksibel dan bisa sembuh. Sementara itu, sel otot lurik pada jantung tidak demikian halnya. Bilamana mengalami kerusakan maka sel otot jantung akan menghasilkan luka fibrotik. Hasil ini akan memberikan masalah pada kinerja jantung dalam sirkulasi darah.

Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh Kita

Otot lurik adalah sistem jaringan yang bertugas secara terorganisir. Otot ini dapat merubah energi kimia menjadi sebuah gerakan yang terukur. Otot-otot lurik inilah yang bergerak dan bekerja mendukung sistem pergerakan dan pemompaan darah ke seluruh kumpulan sel tubuh.

Secara umum pergerakan tubuh yang ada merupakan hasil kerja otot lurik ini. Gerakan tersebut contohnya adalah menggerak-gerakkan kepala, mata, lengan, dan kaki; melaksanakan aktivitas berbicara, berjalan, berlari, menaiki tangga, dan lain-lain.

Pembentukan ekspresi wajah juga adalah hasil kinerja otot ini. Ekspresi tertawa, heran, atau tersenyum adalah karena otot lurik pada wajah. Bila otot lurik wajah mengalami masalah maka akan menimbulkan kesulitan dalam membentuk ekspresi dan bahkan berbicara, seperti pada pasien-pasien stroke.

Selain itu, otot lurik ini juga memiliki peranan dalam membentuk postur tubuh. Otot lurik akan menjaga tulang pada tempatnya yang sesuai ketika kita melakukan pergerakan dan posisi tubuh tertentu. Masalah para persarafan otot lurik seperti pada pasien stroke dapat mengganggu posisi dan pergerakan tubuh.

Peranan Otot Lurik Pada Jantung

Kita juga jangan melupakan manfaat otot lurik pada jantung. Walaupun sedikit berbeda dalam otomatisasi kerja, ini adalah jenis otot lurik yang berperan penting bagi manusia. Otot ini memiliki tugas menghantarkan darah ke seluruh jaringan tubuh selama 24 jam penuh. Tanpa keberadaannya maka otot-otot yang lain akan tidak bisa bekerja.

Info lainnya: jenis pembelahan sel pada penyembuhan luka

Nah, itu tadi penjelasan ringkas tentang apa fungsi otot lurik bagi tubuh manusia. Mudah-mudahan memberikan manfaat. Silahkan simak informasi kesehatan umum lainnya pada blog DrZuhdy.com ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here