Home Info Kesehatan Kesehatan Umum Senam Irama Akan Bermanfaat Apabila Dilakukan dengan Cara Apa?

Senam Irama Akan Bermanfaat Apabila Dilakukan dengan Cara Apa?

0
256
Senam Irama Akan Bermanfaat Apabila Dilakukan Dengan
Ilustrasi Senam

Senam irama akan bermanfaat apabila dilakukan dengan cara yang benar. Pasalnya, tidak hanya mudah diikuti tetapi juga membuat pelaku senam merasa ringan menggerakkan tubuhnya.

Melakukan olahraga ini tentu membutuhkan keluwesan, keseimbangan dan juga ketepatan. Tetapi, jika baru pertama kali melakukannya Anda bisa memulainya dari berjalan, berlari, melompat, mengayun serta berputar.

Mengenal Apa Itu Senam Irama

Senam irama merupakan jenis olahraga ringan yang dilakukan dengan iringan musik tertentu. Oleh karena itu senam ini masuk ke dalam cabang artistik. Di mana gerakannya memiliki koreografi dengan nuansa akrobatik.

Beberapa waktu terakhir, masih dijumpai senam irama khusus dilakukan oleh wanita saja. Tetapi, sekarang Jepang menjadi negara pertama yang membentuk senam irama putra. Meski pelopor pertamanya berasal dari daerah Eropa.

Senam irama dinilai cukup ringan jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Namun, meski begitu terdapat banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya. Salah satunya adalah melatih keseimbangan.

Dalam olahraga terutama senam, keseimbangan sangat penting diperhatikan. Tujuannya untuk menjaga postur tubuh. Selain itu, melatih keseimbangan juga dapat meminimalisir terjadinya tulang bengkok akibat terkilir karena ceroboh.

Manfaat yang Anda dapatkan yaitu menambah kekuatan otot. Melakukan gerakan berulang kali dapat membuat tubuh semakin lentur dan jaringan otot semakin kuat. Hal ini juga dapat membuat Anda meminimalisir terjadinya cedera.

Senam Irama Akan Bermanfaat Apabila Dilakukan dengan Cara yang Tepat

Jarang diketahui, melakukan jenis olahraga ini justru menjadi solusi menyehatkan mental. Sebab gerakannya memerlukan ketelitian cukup tinggi. Seorang yang senang melakukan jenis olahraga ini akan memiliki fokus yang lebih baik.

Olahraga satu ini juga melatih Anda untuk dapat berkonsentrasi lebih lama. Dalam melakukan gerakan, jika fokus buyar di tengah maka gerakannya menjadi tidak stabil. Sebab itulah, mengapa olahraga ringan ini melatih konsentrasi berpikir.

Melakukan olahraga ini ternyata juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sebab senam harus maksimal, membuat Anda jadi fokus pada proses mendapatkan keindahan di setiap gerakan. Sehingga, rasa percaya diri dapat tumbuh perlahan.

Beberapa manfaat di atas bisa didapatkan jika mampu mengatur gerakan dengan tepat. Salah satunya dengan menerapkan unsur-unsur senam irama pada gerakan yang dilakukan.

Unsur pertama adalah keseimbangan. Pada unsur ini dinilai cukup rumit, sebab banyak pelaku senam harus melakukan koreografi dengan tingkat kesulitan berbeda-beda. Oleh karena itu, melatih keseimbangan wajib dilakukan dengan baik.

Perhatikan ketepatan irama. Melakukan hal ini akan membuat Anda terbiasa dan dapat bergerak sesuai ritme. Tubuh Anda pun akan semakin luwes dan ringan untuk melakukan banyak gerakan berbeda.

Keterampilan dan keindahan. Dua unsur ini menuntut Anda berkreasi seluas-luasnya. Mendapatkan tarian yang indah serta badan yang sehat, tentu akan membuat Anda merasa senang dan puas.

Unsur terakhir yang perlu Anda perhatikan agar memberikan manfaat adalah kekuatan. Meski tidak berat, gerakan pada olahraga ini membutuhkan energi cukup banyak. Sehingga, Anda perlu memastikan kekuatan tubuh Anda sesuai dengan koreo yang dipilih. (SA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here