7 Alasan Menjadi Perawat

0
586
alasan menjadi perawat
Beberapa alasan yang meyakinkan kamu menjadi perawat

Seseorang yang ragu ketika akan berkecimpung di dunia keperawatan akan selalu menanyakan alasan menjadi perawat yang tepat. Nah, pada tulisan ini kami akan mencoba membuka wawasan pembaca tentang profesi ini.

Sebab Memilih dan Alasan Menjadi Perawat

Mengapa Anda memilih profesi keperawatan sebagai jalan hidup? Simak di bawah ini beberapa alasan yang membuat semakin yakin memutuskan menjadi perawat.

1. Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Hingga saat ini masih banyak lapangan kerja buat profesi perawat. Profesi ini banyak dibutuhkan baik di luar atau pun dalam negeri. Pilihan tempat kerja meliputi rumah sakit umum atau jiwa, puskesmas, dan dinas kesehatan.

Selain itu, juga dapat berperan pada kementerian hukum dan HAM, badan penanggulangan bencana baik swasta atau milik negara, organisasi kemanusiaan semisal Palang Merah Indonesia, aparatur kepolisian, Tentara Nasional Indonesia, aparatur sipil negara (ASN/ PNS), perusahaan BUMN atau pun swasta, hingga dosen dan staf pengajar. Profesi ini akan tetap dibutuhkan dalam suatu daerah selagi daerah tersebut memiliki visi meningkatkan derajat kesehatan.

Bilamana Anda tidak tertarik ke salah satu lapangan pekerjaan di atas maka Anda bisa berpartisipasi secara mandiri dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Perawat yang memiliki STR berhak membuka praktek perawat mandiri setelah mendapatkan izin dari dinas perizinan setempat.

2. Kemuliaan Tugas

Profesi perawat adalah salah satu profesi yang mulia. Penghargaan kepada profesi keperawatan akan tinggi bilamana seorang perawat memberikan pelayanan kesehatan dan asuhan keperawatan yang berkualitas mutu tinggi kepada para pasien.

3. Bermakna Dalam Masyarakat

Perawat bisa menciptakan nilai dan makna dalam kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan perawatan dan membantu orang lain untuk menjalani hidup yang sehat adalah suatu hal yang sangat bermakna dan menimbulkan kepuasan. Hal ini akan memberikan nilai baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

4. Keterampilan Spesialisasi Tertentu

Profesi keprawatan tidak melulu dan monoton karena ada beberapa peminatan-peminatan tertentu. Beberapa diantaranya adalah perawat ahli maternitas, jantung, anestesi dan perawatan intensif, dan lain-lain.

5. Interaksi Dengan Sejawat Lainnya

Profesi perawat akan membuka kesempatan untuk melakukan interaksi dengan rekan sejawat dan tenaga kesehatan lainnya. Beberapa diantaranya dokter, apoteker, analis laboratorium, fisioterapis, pakar gizi, dan lain-lain. Hal ini akan menjadi sarana berbagi informasi kesehatan antar bidang keilmuan dalam meningkat derajat kesehatan pasien.

6. Penuh Tantangan

Dunia medis khususnya bidang kegawatdaruratan adalah dunia yang cukup memberikan tantangan. Dibutuhkan kesigapan dan ketepatan dalam bekerja di bidang ini. Perawat pun memberikan kontribusi besar dalam pelayanan kegawatdaruratan. Nah, bagi Anda yang suka tantangan maka alasan ini cukup tepat untuk Anda.

7. Gaji Atau Penghasilan Yang Menggiurkan

Kami tidak menampik informasi bahwa banyak gaji perawat yang masih di bawah UMR. Kami menilainya tidak lebih adalah dikarenakan pengelolaan anggaran kesehatan yang kurang tepat.

Namun, Anda harus tahu bahwa spesialisasi perawat tertentu memiliki penghasilan yag tinggi. Beberapa diantaranya adalah perawat di pusat rawatan jantung dan unit perawatan intensif.

Informasi berkaitan: Tata cara penulisan gelar D3 keperawatan

Nah, itu tadi 7 alasan menjadi perawat yang dapat kamu pertimbangkan. Mudah-mudahan membuka wawasan kamu dan semakin yakin memiliki profesi keprawatan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here