Dosis Omeprazole Injeksi Intravena

0
64
Dosis omeprazole injeksi intravena
Menilai indikasi, cara pemberian, dan dosis omeprazole injeksi intravena

Dosis omeprazole injeksi intravena – Informasi obat dari DrZuhdy.com. Selain sediaan oral, obat ini juga tersedia dalam bentuk injeksi. Sediaan obat ini dibuat khusus untuk dimanfaatkan bagi pasien khusus atau keadaan dimana pemberian secara oral tidak bisa atau tidak mungkin dilakukan. Yuk simak penjelasan nya di bawah ini.

Indikasi Omeprazole Injeksi

Obat ini digunakan pada keadaan dan kondisi dimana pasien tidak bisa mendapatkan pengobatan secara oral. Sama seperti sediaan oral, obat akan diberikan untuk pasien yang menderita ulkus duodenum dan ulkus lambung. Penyakit esofagitis ulseratif (radang ulserasi pada kerongkongan) dan sindroma Zolinger-Ellison juga diberikan

Kontraindikasi

Pemberian obat ini tidak boleh dilakukan pada pasien-pasien tertentu. Yaitu yang telah dikenali memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat ini. Atau pun bahan dan zat yang terkandung di dalam obat.

Farmakologi

Obat secara reversibel akan menurunkan produksi atau sekresi asam lambung dengan proses penghambatan secara spesifik enzim lambung. Enzim tersebut berkaitan dengan pompa proton yaitu ion H+ dan K+ ATPase di dalam sel parietal lambung.

Obat akan diserap dengan cepat yaitu sebanyak 95% terikat dengan protein plasma. Lalu kemudian obat ini akan mengalami proses metabolisme di organ hati kemudian 80% metabolitnya akan dibuang melalui urin. Sisa 20% persen lagi diekskresikan melalui feses.

Dosis Omprazole Injeksi Intravena dan Cara Pemberian

  • Sediaan obat omeprazole intravena hanya diberikan bilamana pemberian secara oral tidak bisa dilakukan, semisal pasien dalam kondisi penyakit yang parah.
  • Besaran dosis rata-rata adalah 1 x 40 mg intravena.
  • Dosis untuk penyakit sindroma Zolinger-Elison disesuaikan dengan respon yang diberikan pasien.
  • Silahkan larutkan bubuk omeprazole dengan 10 mL perlarut yang telah tersedia. Tidak diperkenankan melarutkan obat dengan menggunakan cairan infus atau aquabides.
    • Larutan obat kemudian dapat diberikan dalam waktu tidak kurang dari 2,5 menit.
    • Kecepatan pemberian kurang dari 4 mL dalam satu menit.
    • Bila proses pelarutan tidak benar maka bisa saja terjadi perubahan warna. Jangan lupa memutar dan mengocok vial agar memastikan semua bubuk telah larut.
  • Pada pasien dengan masalah pada organ hati, ginjal, dan pasien lansia tidak dibutuhkan dosis penyesuaian.
  • Penggunaan omeprazole injeksi pada anak belum ada data yang lengkap.

Nah, itu informasi obat singkat tentang dosis omeprazole injeksi intravena. Mudah-mudahan bermanfaat.

Info berkaitan: Efek samping obat omeprazole

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here