Home Info Kesehatan Kesehatan Umum Jenis Pembelahan Sel Pada Penyembuhan Luka

Jenis Pembelahan Sel Pada Penyembuhan Luka

0
1447
bagian tubuh yang luka akan sembuh karena pada sel sekitarnya terjadi pembelahan mitosis
Gambar ilustrasi pembelahan mitosis

Apakah Kamu pernah mengalami luka di salah satu bagian tubuh? Adakah Kamu penasaran tentang bagaimana bagian tubuh yang luka akan sembuh karena pada sel sekitarnya terjadi pembelahan apa? Mari kita simak penjelasan ini tentang jenis pembelahan sel pada penyembuhan luka.

Jenis Pembelahan Sel Dalam Proses Penyembuhan Luka

Sel adalah bagian organisme yang paling kecil yang melaksanakan aktivitas kehidupan. Sel melakukan proses respirasi (pernafasan), konsumsi makanan, dan proses reproduksi dengan cara nya sendiri. Nah, kita akan membahas tentang reproduksi sel ini karena berkaitan dengan tulisan ini.

Bagian tubuh atau sel kamu yang rusak setelah menjalani proses pertolongan pertama berupa pembekuan darah untuk menutup luka maka akan melakukan reproduksi. Proses ini bertujuan untuk mengganti kehilangan sel yang terjadi pada luka. Sel akan melakukan reproduksi dengan membelah diri secara mitosis atau meiosis.

Mitosis adalah suatu proses bilamana sel somatik melakukan penggandaan kromosom pada inti sel nya. Hal ini berguna untuk membuat dua sel anak yang sifatnya identik. Sementara itu, meiosis adalah pembelahan nukleus sehingga akan mengurangi jumlah kromosom sel anak menjadi setengah sel indukan.

Nah, pada bagian tubuh yang luka akan sembuh karena pada sel sekitarnya terjadi pembelahan mitosis dan bukan meiosis. Mengapa? Oleh karena jenis pembelahan ini menghasilkan sel anakan yang mirip dengan induk. Jadi, luka yang menyebabkan jaringan kulit hilang maka sel pada sekitar luka akan membelah mitosis untuk membuat sel kulit yang baru.

Tahapan Bagian Tubuh Yang Luka Akan Sembuh Karena Pada Sel Sekitarnya Terjadi Pembelahan Mitosis

Pengertian lengkapnya, mitosis adalah jenis pembelahan sel yang mana terjadi pembagian inti dan sitoplasma sehingga menghasilkan 2 sel anakan yang identik secara genetika. Mitosis ini menjalani 4 fase yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase.

Membran nukleus sel akan mengalami proses degradasi dan kromosom akan memendek dan menggelendong pada tahapan profase. Kemudian kromosom akan dalam posisi sejajar pada bidang ekuator selama tahap metafase. Setelah itu, kromosom akan bergerak menjauhi ke arah kutub yang berlawanan pada tahapan anafase. Lalu sewaktu tahap telofase kromosom akan berganti menjadi kromatin dan gelendong hilang lalu membran ini akan terbentuk lagi.

Sementara itu, pembelahan meiosis ini biasanya terjadi pada organ kelamin. Pembelahan ini akan menghasilkan sel anakan yang jumlah kromosom nya setengah sel indukan. Proses ini untuk menghasilkan sel telur atau sel sperma.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bagian tubuh yang luka akan sembuh karena pada sel sekitarnya terjadi pembelahan mitosis dan bukanlah meiosis. Ini adalah jenis pembedahan yang umum terjadi pada proses penyembuhan luka. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Silahkan telusuri informasi kesehatan umum lainnya dalam Blog DrZuhdy.com ini

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here