Apakah Cataflam Bisa Mengobati Gusi Bengkak ?

0
22

Tulisan kali ini akan menjawab pertanyaan dari pembaca yaitu apakah cataflam bisa mengobati gusi bengkak. Bagi Anda yng sering mengalami gusi bengkak maka sangat sesuai untuk membaca ulasannya berikut ini.

Apakah Obat Cataflam Bisa Mengobati Gusi Bengkak?

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, mari kita simak penjelasan tentang apa itu gusi bengkak dan apa pula obat cataflam. Pemahaman akan kedua hal ini harus dipenuhi untuk dapat memahami jawaban dari pertanyaan ini.

Gusi Bengkak

Gusi bengkak umumnya menunjukkan gejala gusi menjadi merah, bengkak, dan bahkan mengeluarkan darah saat disentuh atau ketika menggosok gigi. Gusi bengkak adalah keluhan kesehatan yang umum. Pada beberapa kasus, derajat bengkak menutupi seluruh bagian gigi dan kasus yang lain gigi hanya tertutup sebagian.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan risiko terjadinya gusi bengkak meningkat, yaitu:

  • Tumpukan plak pada gigi dikarenakan jarang menggosok gigi
  • Kebiasaan merokok
  • Iritasi pada gusi
  • Penyakit infeksi yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Gejala penyakit infeksi ini paling sering berupa ginggivitis (gusi bengkak)
  • Kondisi kehamilan
  • Kurang asupan vitamin C
  • Pemanfaatan beberapa jenis obat tertentu semisal kortikosteroid, antiepilepsi, kontrasepsi jenis hormonal, dan obat-obatan golongan calcium channel blocker (penghambat kanal kalsium)

Beberapa faktor di atas sebagian besar berhubungan dengan respon peradangan yang biasanya mendasari bengkak gusi. Contoh gusi bengkak yang berkaitan dengan peradangan yaitu iritasi gusi, penyakit infeksi, plak gigi, kebiasaan merokok, ataupun kekurangan vitamin C.

Dari beberapa faktor di atas, yang paling sering menyebabkan gusi bengkak adalah iritasi pada gusi dan penyakit infeksi. Cukup banyak pasien yang mendatangi dokter karena gusi bengkak yang dialami juga mencetuskan rasa sakit.

Cataflam

Cataflam adalah obat yang tergolong ke dalam obat anti inflamasi non-steroid (AOINS). Obat ini berguna untuk mengurangi rasa sakit pada beberapa bagian tubuh, semisal tulang, otot, gigi, dan bahkan nyeri haid. Obat ini disediakan dalam berbagai bentuk seperti tablet, sirup kering, dan sirup tetes.

Kandungan utama dari obat cataflam ini adalah natrium diklofenak (diclofenac potassium). Zat ini akan menekan produksi senyawa pencetus timbulnya reaksi peradangan dan rasa nyeri yakni prostaglandin. Oleh sebab itu, cataflam dapat dipakai untuk mengurangi kebanyakan nyeri pada tubuh.

Seperti dijelaskan di atas, selain rasa sakit, obat cataflam juga menghambat proses peradangan. Gejala akibat proses peradangan seperti gusi sakit, memerah, dan bengkak akan berkurang.

Kesimpulan

Jadi, dapatkah obat cataflam menyembuhkan gusi bengkak. Jawabannya tentu saja iya. Oleh karena sebagian besar proses terjadi gusi bengkak disebabkan oleh peradangan maka penggunaan cataflam sebagai obat golongan OAINS adalah pilihan yang tepat. Obat akan bekerja menghambat produksi dan sekresi prostaglandin yang merupakan senyawa yang berperan penting dalam proses peradangan.

Obat ini termasuk golongan obat yang keras. Oleh sebab itu, segala hal yang berkaitan dengan dosis dan cara pakai obat harus disesuaikan atau berdasarkan petunjuk dari dokter.

Nah, itu tadi jawaban kami dari pertanyaan apakah cataflam bisa mengobati gusi bengkak. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini