Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

0
34

Pertolongan pertama saat asam lambung naik bisa diterapkan di rumah. Tekniknya bermacam-macam, mulai dari yang paling sederhana semisal melepaskan pakaian yang ketat sampai kepada konsumsi jenis minuman tertentu.

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika merasakan keluhan asam lambung yang naik (GERD). Buat Anda yang kerap merasakan gejala dan keluhannya maka sangat penting untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Lepaskan Baju Yang Ketat

Apa hubungan asam lambung naik dengan baju yang ketat? Tentu saja ada, yaitu baju yang ketat akan memberikan tekanan kepada perut dan organ-organ di dalamnya, termasuk lambung.

Kita ketahui bahwasanya ketika asam lambung naik maka banyak gas yang berada di dalam lambung yang menyebabkan tekanannya tinggi. Hal ini dapat dirasakan seperti keluhan kembungpada perut. Bila tetap menggunakan pakaian yang ketat maka perut akan tetap menerima tekanan dari luar. Pada kondisi tekanan yang tinggi, gas di dalam lambung tadi akan keluar mengarah ke jalan satu-satunya tempat keluar masuk, yaitu esofagus atau kerongkongan. Jadi, dengan membuka baju yang ketat maka tekanan pada perut akan lebih berkurang.

Posisi Berdiri Tegak

Kenaikan asam lambung juga dipengaruhi oleh faktor gaya gravitasi. Asam lambung akan lebih mudah naik bilamana seseorang dalam posisi terlentang ketimbang saat posisi duduk atau berdiri. Dengan posisi berdiri ini maka cairan lambung akan turun ke bawah (hilir lambung) dan mengurangi beban kerja otot-otot sfinter bagian bawah dari esofagus.

Menaikkan Posisi Bantal

Hampir sama penjelasannya seperti poin nomor dua. Upaya meninggikan posisi bantal adalah suatu usaha untuk meninggikan sfingter esofagus terhadap bagian hilir lambung. Dengan begini maka isi lambung akan mengalir ke bawah sehingga menurunkan beban kerja dari otot sfingter.

Konsumsi Soda Kue dan Air

Soda kue dipercaya dapat menurunkan kadar asam dari cairan di lambung. Anda dapat mencampurkan soda kue ini dengan air untuk mengurangi konsentrasinya agar lebih aman bagi lapisan dalam lambung. Silahkan campur satu sendok teh ke dalam satu gelas air. Aduk hingga merata lalu minum secara perlahan-lahan.

Konsumsi Teh Jahe

Tanaman jahe telah dikenal sebagai obat penyakit lambung sejak dahulu. Jahe memiliki kandungan zat yang berperan sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. Hal ini akan membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan yang ada pada kerongkongan. Untuk lebih jelasnya baca pada tulisan ini: obat herbal asam lambung naik ke dada

Konsumsi Akar Manis

Layaknya jahe, akar manis adalah jenis rempah-rempah yang diyakini berkhasiat menyembuhkan keluhan asam lambung naik. Akar manis akan melapisi atau membantu kinerja lapisan mukosa (dinding dalam) dari kerongkongan. Semakin tebal atau semaki baik lapisan dalam kerongkongan maka semakin kecil kemungkinan terjadinya iritasi yang sering menimbulkan keluhan GERD.

Namun, pernting untuk diingat bahwasanya konsumsi akar manis dalam jumlah yang berlebihan akan memberikan pengaruh terhadap tekanan darah. Selain itu, tanaman ini akan mengurangi kadar kalium dari dalam tubuh. Oleh sebab itu, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter keluarga Anda.

Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel dipercaya memiliki khasiat sama dengan soda kue yaitu menetralisir kada asam di lambung. Cuka apel dalam konsentrasi tertentu (telah dicampur dengan air) akan menurunkan kekerapan kekambuhan keluhan GERD. Sejumlah penelitian lebih lanjut diperlukan guna membuktikan manfaat cuka apel sebagai pertolongan pertama penyakit GERD ini.

Menghentikan kebiasan merokok
Merokok dikenal sebagai kebiasaan yang mengundang datangnya penyakit serius, seperti serangan jantung hingga kanker paru-paru. Namun tahukah Anda, kalau merokok dapat memperparah kondisi asam lambung?
Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami serangan asam lambung, segera hindari rokok! Dengan begitu, gejala naiknya asam lambung susulan dapat dicegah.
Selain itu, mulailah menjalani gaya hidup sehat. Selain asam lambung, banyak penyakit yang dapat dicegah begitu Anda menghentikan kebiasaan merokok.

Mengonsumsi obat-obatan asam lambung

Jika belum sempat meminta obat resep dari dokter, segeralah cari obat asam lambung di apotek. Obat asam lambung seperti antasida (untuk menetralisir asam lambung), H2 blockers, dan proton pump inhibitors yang bisa mengurangi kadar asam dari lambung, bisa menjadi pilihan.