Bagaimana Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

0
55
cara mengatasi asam lambung naik ke kerongkongan
Tips mengobati asam lambung naik ke kerongkongan

Tips tentang bagaimana cara mengatasi asam lambung naik ke kerongkongan – Serial Konsultasi Dokter. Di bawah ini kami menjawab pertanyaan dari pembaca tentang masalah naiknya asam lambung sampai kerongkongan. Yuk kita simak pertanyaan dan penjelasan jawabannya.

Konsultasi Seputar Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

Pertanyaan
Halo Dokter, saya Yanti. Saya ingin bertanya tentang penyakit asam lambung. Saya merasa asam lambung saya naik sampai ke area tenggorokan. Apakah ini harus dimuntahkan atau ditelan kembali? Lalu bagaimana cara mengobati asam lambung yang naik ke kerongkongan ini Dok?

Jawaban
Terima kasih kepada Bu Yanti yang telah bertanya kepada kami. Kami harus perjelas kembali dengan menanyakan apakah Ibu juga mengeluhkan dada dan ulu hati terasa panas seperti terbakar? Atau lidah terasa pahit seperti saat setelah muntah?

Bila iya, maka kemungkinan memang Anda menderita penyakit asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease). Ini adalah penyakit dimana cairan isi lambung yang normalnya berada di rongga lambung naik ke kerongkongan hingga ke mulut atau tenggorokan. Hal ini muncul sebagai akibat dari kelemahan sfingter atau katup pemisah antara rongga lambung dan esofagus (kerongkongan).

Sfingter ini secara normal berperan sebagai pintu untuk melewatkan makanan dan minuman yang masuk dari mulut ke kerongkongan hingga ke rongga lambung. Lalu pintu ini akan tertutup untuk mencegah makanan atau minuman tadi naik kembali ke kerongkongan.

Gejala GERD

Gejala penyakit GERD ini cukup banyak, akan tetapi yang paling sering dikeluhkan adalah:

  • timbul sensasi nyeri atau rasa seperti terbakar di area ulu hati dan bagian tengah dada
  • bila cairan isi lambung sampai ke pangkal rongga mulut maka lidah akan terasa pahit atau muncul rasa nyeri seperti tercekik di bagian leher
  • muncul sakit atau susah untuk menelan
  • nyeri pada area ulu hati
  • mual atau bahkan muntah
  • suara menjadi parau dan serak

Silahkan sesuaikan gejala di atas dengan kondisi yang Ibu alami sekarang. Bila sebagian besar Anda rasakan maka kemungkinan besar memang menderita penyakit GERD ini.

Apakah Saat Asam Lambung Naik Harus Dimuntahkan Atau Ditelan Kembali?

Sebenarnya kedua pilihan ini tidaklah begitu penting. Yang paling penting adalah usaha dan upaya untuk mengontrol asam lambung supaya gejala tidak bertambah parah. Namun, demi kesehatan gigi dan rongga mulut kami menyarankan hal di bawah ini. Paparan cairan isi lambung ke rongga mulut dan gigi akan menimbulkan komplikasi bila terjadi terus-menerus.

Bila asam lambung sudah sampai ke rongga mulut maka lakukan hal ini. Silahkan buang sisa cairan yang ada di rongga mulut dengan berkumur-kumur menggunakan air putih. Lalu minumlah air putih untuk menetralisir kadar keasaman di rongga mulut. Semakin lama kadar asam di rongga mulut maka gigi akan semakin cepat rusak.

Tundalah untuk menggosok gigi dengan pasta gigi setidaknya 1 jam setelah berkumur-kumur. Minumlah obat-obatan yang dapat mengontrol asam lambung seperti antasida, ranitidin, atau lansoprazole.

Bila asam lambung belum mencapai rongga mulut atau pangkal mulut maka usahakan ditelan. Kemudian minum air putih untuk membersihkan dinding kerongkongan. Setelah itu, minumlah obat-obatan yang mengontrol asam lambung. Pilihan obat-obatnya adalah antasida, ranitidin, atau omeprazole. Silahkan konsultasikan dengan dokter mengenai dosis dan cara minum obat.

Bagaimana Cara Mengobati Asam Lambung Yang Naik Ke Kerongkongan?

Selain minum obat yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa melaksanakan tips di bawah ini, yaitu:

  • Jangan tidur atau posisi berbaring segera setelah makan. Disarankan untuk tidak makan malam terlalu larut. Tunggu setidaknya 3 jam setelah makan bila ingin tidur.
  • Tidurlah dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari perut. Ini akan membantu mengurangi tekanan pada rongga lambung, terutama bila kekuatan sfingter mulai melemah.
  • Hindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, terlalu pedas, dan asam.
  • Jangan makan dengan porsi makan yang terlalu banyak.
  • Jangan merokok dan konsumsi minuman mengandung alkohol.
  • Minumlah obat-obatan herbal yang telah terbukti bermanfaat mengatasi asam lambung.

Nah, itu tadi jawaban dan penjelasan nya dari kami. Semoga dapat dimengerti dan memberikan manfaat. Terima kasih!

Sumber:
DrZuhdy.com (2020): Cara mengatasi asam lambung naik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here