Beranda Asam Lambung Cara Mengatasi Asam Lambung Cara Mengolah Kunyit Putih Untuk Obat Asam Lambung

Cara Mengolah Kunyit Putih Untuk Obat Asam Lambung

0
81
cara mengolah kunyit putih untuk obat asam lambung naik
cara mengolah kunyit putih untuk obat asam lambung naik

Manfaat kunyit putih sangat banyak dalam bidang kesehatan, salah satunya untuk pengobatan penyakit asam lambung naik atau GERD. Kami akan berbagi informasi kegunaan dan cara mengolah kunyit putih untuk obat asam lambung khusus pada artikel ini.

Kegunaan dan Manfaat Kunyit Putih

Kunyit adalah tanaman herbal yang banyak mengandung senyawa anti-radang dan anti-oksidan. Berdasarkan ilmu pengobatan Cina dan India (Ayurveda), tanaman kunyit ini bermanfaat mengobati nyeri ketika haid, radang pada persendian, dan memperbaiki fungsi pencernaan dan hati.

Tidak hanya itu, tanaman kunyit juga banyak berguna mengurangi gejala dan keluhan heartburn (mulas) akibat asam lambung yang naik, peradangan, dan nyeri pada perut. Bahan aktif kurkumin yang terkandung memiliki peran penting dalam berbagai kegunaan dan manfaat kesehatan.

Kurkumin ini adalah senyawa anti-oksidan polifenol. Seperti kita ketahui, anti-oksidan ini akan bermanfaat layaknya anti-virus, anti-bakteri, dan anti-kanker.

Selengkapnya baca pada tautan ini: obat tradisional asam lambung kunyit, benarkah?

Tips Cara Mengolah Kunyit Putih Untuk Obat Asam Lambung Naik

Bila ingin menggunakan kunyit putih sebagai obat asam lambung yang naik maka kami mempunyai metode dan cara pembuatan dan pengolahannya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilihlah bagian batang dan rimpang kunyit putih yang baik dan layak konsumsi.
  • Keringkan batang atau rimpang kunyit tadi.
  • Setelah kering, tumbuklah hingga menjadi bentuk bubuk yang halus.
  • Manfaatkan sediaan bubuk kunyit ini sebagai bahan minuman atau campuran bahan masakan.
  • Anda harus rutin mengkonsumsi minuman kunyit putih ini atau menambahkan ke dalam resep masakan agar dapat hasil yang optimal. Kalau bisa jadikan ini sebagai minuman atau bahan masakan rutin harian Anda.

Besaran Dosis dan Aturan Minum Kunyit Untuk Lambung

Walaupun kami rekomendasikan untuk konsumsi harian, akan tetapi ada jumlah tertentu yang bisa mendatangkan manfaat kesehatan dan menjauhi efek samping yang mungkin timbul. Berdasarkan situs WebMD, rekomendasi besaran dosis kunyit dalam pengobatan penyakit GERD adalah 500 mg kurkumin dalam satu hari. Jumlah ini setara dengan setengah sendok teh bubuk kunyit.

Penting Anda ingat, bahwasanya kunyit putih termasuk bahan yang sukar diserap oleh tubuh manusia. Bahan herbal ini secara cepat diekstrak oleh organ hati dan dinding usus.

Namun jangan terlalu khwatir, kita dapat mempercepat dan membuat proses penyerapanya menjadi lebih efektif. Proses penyerapan akan berlangsung lebih cepat dengan mencampurkan kunyit putih dengan lada hitam. Akan tetapi, harus hati-hati juga. Mengapa? Oleh karena ada sebagian orang yang sensitif terhadap lada hitam ini.

Untuk perhatian, konsumsi kunyit dengan jumlah lebih dari 1500 mg kurkumin (atau lebih dari 1,5 sendok teh) dalam satu hari dapat mencetuskan berbagai macam efek samping pada beberapa individu. Beberapa dampak buruk yang dilaporkan, antara lain: muncul perasaan mual hingga muntah, diare, atau pun alergi pada kulit.

Peringatan dan Risiko Lainnya

Sebelum memakai kunyit sebagai obat pastikan terlebih dahulu keadaan medis Anda dengan melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter. Rekomendasi ini terutama pada individu yang memiliki penyakit penyerta lainnya, semisal gula darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit ginjal, gangguan empedu, atau masalah hati.

Pemakaian jangka panjang menyebabkan gangguan dan kerusakan sel hati pada hewan tikus. Namun, tidak ada laporan tentang hal yang sama pada manusia. Jadi, penggunaan pada individu tanpa masalah hati masih aman.

Bahan kunyit ini dapat memperburuk gejala dan keluhan penyakit batu empedu. Harap hati-hati penggunaannya pada pasien batu empedu. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Terkadang ada pasien tertentu yang justru penyakit asam lambung nya semakin parah dengan mengonsumsi minuman kunyit putih ini. Hal ini bisa disebabkan oleh efek pedas yang ada padanya. Untuk kondisi ini, sebaiknya hindari dan gunakan bahan herbal yang lain.

Kunyit juga berperan sebagai pengencer darah yang alami. Oleh sebab itu, penggunaan pada individu yang mengalami gangguan pembekuan darah atau akan menjalani prosedur operasi harus ekstra hati-hati. Pemanfaatan pada wanita yang sedang hamil hendaknya tidak terlampau berlebihan.

Nah, itu tadi informasi tentang tips cara mengolah kunyit putih untuk obat asam lambung naik. Kami tambahkan juga info mengenai berapa besaran dosis, bagaimana aturan minum, dan peringatan serta efek samping yang mungkin timbul. Mudah-mudahan para pembaca menjadi lebih paham.

  • Sumber:
    • Annette McDermott (Maret 2020): Can You Use Turmeric to Treat Acid Reflux? diterbitkan pada Healthline.com
    • DrZuhdy.com (2020): Obat Tradisional Asam Lambung Kunyit, Benarkah?
    • DrZuhdy.com (2020): Cara Mengatasi Asam Lambung

Baca juga info berhubungan: Apakah asam lambung bisa menyebabkan kematian?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here