Home Asam Lambung Obat Panas Dalam Akibat Asam Lambung

Obat Panas Dalam Akibat Asam Lambung

0
8
Obat Panas Dalam Akibat Asam Lambung
Rincian Obat Panas Dalam Akibat Asam Lambung

Adakah obat panas dalam akibat asam lambung naik? Istilah panas dalam memang sudah sering kita dengar. Namun, kita harus sepaham dahulu bahwasanya panas dalam adalah rasa kurang nyaman pada area tenggorokan dan sakit saat menelan. Panas dalam ini bisa muncul oleh berbagai hal salah satunya adalah asam lambung naik atau penyakit GERD.

Pilihan Obat Panas Dalam Akibat Asam Lambung

Panas dalam menurut bidang medis adalah gejala yang timbul sebagai akibat dari peradangan dalam tubuh. Gejala ini bisa muncul sebagai akibat dari penyakit infeksi saluran nafas atas, iritasi pada area tenggorokan, dan kenaikan asam lambung. Nah, khusus pada artikel ini, bahasan kami batasi tentang obat panas dalam karena asam lambung.

Baca juga: Apa Penyebab Asam Lambung Naik?

Obat Medis Panas Dalam Karena Asam Lambung Tinggi

Panas dalam yang muncul akibat penyakit GERD sudah barang tentu harus dinetralisir dengan cara menurunkan asam lambung tersebut. Asam lambung ini bersifat asam sehingga bila sampai ke tenggorokan akan menimbulkan iritasi. Mengapa? Oleh karena tenggorokan tidak dilapisi oleh lapisan pelindung sebagaimana halnya pada lambung. Oleh karena itu, harus ada usaha cepat untuk menurunkan derajat keasaman di tenggorokan agar iritasi tidak meluas.

Kami merekomendasikan obat antasida yaitu obat penetralisir asam lambung. Sediaan sirup dari obat ini akan cepat membantu mengurangi derajat keasaman pad rongga mulut, kerongkongan, dan lambung. Silahkan beli pada apotik terdekat dan minum dengan menggunakan dosis 3 x sehari sebanyak 1 sendok takar.

Obat medis lainnya yang dapat mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan adalah ranitidin, omeprazole, atau lansoprazole. Penggunaan obat ini biasanya bilamana obat antasida tidak menunjukkan adanya perubahan yang berarti. Berbeda dengan antasida, obat ini memiliki fokus kerja untuk menurunkan produksi asam pada lambung. Jadi, obat ini tidak bereaksi secepat antasida, akan tetapi reaksinya lebih lama ketimbang antasida.

Aturan pemakaian obat tidak boleh sembarangan. Dosis dan cara minum obat harus berdasarkan advise dari dokter. Dokter yang menentukan dosis, cara dan lama pemakaian sesuai dengan keadaan pasien.

Obat Herbal Panas Dalam Akibat Asam Lambung

Selain obat kimia, Anda juga bisa memakai obat herbal untuk panas dalam akibat asam lambung naik ini. Banyak obat herbal yang tersedia pada masyarakat sehingga Anda harus hati-hati dalam memilihnya. Beberapa diantaranya:

1. Minum Air Putih

Air putih adalah zat yang mampu membuat tenggorokan menjadi lembab. Biasanya tenggorokan akan menjadi kering bila mengalami panas dalam, atau tenggorkan yang kering sangat mudah terkena panas dalam. Dengan meminum air putih maka tenggorokan akan terhindar dari keadaan dehidrasi.

Selain itu, air putih memiliki kadar keasaman (pH) yang normal. Dengan rutin konsumsi air putih maka pH tenggorokan pun akan menjadi lebih stabil. Sebaiknya juga hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Mengapa? Oleh karena minuman ini akan menyebabkan tenggorokan semakin mudah mengalami dehidrasi.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Terkadang panas dalam yang terjadi telah berlangsung lama dan menyebabkan iritasi yang kronis pada area tenggorokan. Kami rekomendasikan untuk berkumur dengan air hangat bercampur garam. Manfaat dari kebiasaan ini adalah untuk meredakan iritasi pada tenggorokan dan mencegah serta mengurangi infeksi.

Penting diingat bahwasanya garam juga dapat menyebabkan dehidrasi karena sifatnya yang menyerap air. Oleh sebab itu, pola konsumsi air hangat bercampur garam ini harus berkala, tidak setiap hari atau setiap waktu. Biasakan untuk minum air putih secukupnya setelah konsumsi air hangat bercampur garam ini.

3. Konsumsi Jenis Makanan Yang Membuat Tenggorokan Nyaman

Ada jenis makanan tertentu yang membuat nyaman tenggorokan. Beberapa tanaman tersebut seperti teh hijau, buah manggis, semangka, dan lain-lain. Namun, harus hati-hati dalam jumlah dan rutinitas konsumsi nya. Mengapa? Oleh karena, dari beberapa makanan tersebut justru ada yang dapat meningkatkan asam lambung bila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: Makanan Pereda Asam Lambung Naik

Obat Panas Dalam Karena Asam Lambung Dengan Penerapan Gaya Hidup Sehat

Penerapan pola hidup sehat juga dapat mengurangi kekambuhan panas dalam, salah satunya dengan penerapan pola makan yang sehat. Hindari untuk makan dalam jumlah yang banyak (menyebabkan kekenyangan). Hal ini akan menyebabkan peningkatan tekanan rongga lambung yang akan melemahkan kekuatan sfingter esofagus.

Selain itu, hindari untuk makan sebelum tidur. Kami merekomendasikan untuk sedikitnya makan terakhir pada 3 jam sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar lambung tidak terlalu berisi penuh saat tidur (saat sfingter berelaksasi).

Untuk mengurangi kekambuhan naiknya asam lambung maka harus menjaga berat badan ideal. Berat badan yang berlebihan (atau bahkan obesitas) bisa meningkatkan tekanan pada rongga perut. Tekanan yang terlampau tinggi akan menyebabkan refluks sehingga menimbulkan panas dalam.

Hindari paparan dengan asap rokok dan kendaraan. Hal ini dapat menimbulkan kekeringan dan iritasi lanjutan pada tenggorokan. Jauhi kebiasaan merokok dan pakailah masker bila keluar rumah untuk melindungi saluran pernafasan Anda.

Nah, itu tadi beberapa bahasan rincian tentang obat panas dalam akibat asam lambung yang naik. Silahkan lakukan rekomendasi obat asam lambung naik ini. Bila belum menunjukkan perubahan, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter lebih lanjut. Selamat mencoba.

Baca juga: Obat Herbal Asam Lambung Naik Ke Dada

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here