Apa Yang Dimaksud Dengan Masa Pubertas ?

0
176
Apa yang dimaksud dengan masa pubertas
Sumber gambar: mohamed Hassan dari Pixabay Free License

Apa yang dimaksud dengan masa pubertas ? Periode ini berkisar usia antara berapa saja? Bagaimana ciri ciri dan perubahan fisik pada masa pubertas? Mari kita simak bahasanya di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Masa Pubertas ?

Masa pubertas adalah suatu tahapan perkembangan seorang anak menjadi dewasa dalam pandangan seksual. Masa pubertas berkisar usia antara 12 sampai 16 tahun pada laki-laki dan 10 sampai 14 tahun pada perempuan.

Dalam periode pubertas, baik remaja laki-laki ataupun perempuan akan mengalami perubahan pada tubuhnya. Perubahan ini dialami karena terjadinya perubahan hormon-hormon termasuk hormon pertumbuhan. Orang tua juga dianjurkan untuk memahami masalah pubertas ini sehingga dapat membimbing anak-anaknya dalam melewati fase ini.

Ciri Ciri Pubertas Anak Laki Laki

Remaja laki-laki yang mengalami pubertas akan mengalami perubahan pada tubuhnya, semisal:

1. Ukuran testikel dan penis yang membesar

Tidak ada pedoman yang mutlak tentang kapan hal ini terjadi. Pertambahan ukuran penis dapat dimulai pada usia 9 tahun atau lebih. Namun, sebagian remaja lelaki ada yang belum mengalaminya pada usia kurang dari 15 tahun. Jangan panik, keadaan seperti ini masih tergolong normal.

Setiap remaja lelaki akan berbeda pertumbuhan fisiknya jadi jangan cemas tentang masalah ukuran organ ini. Bilamana ada perbedaan ukuran antara testis sebelah kanan dan kiri juga jangan cepat cemas. Silahkan raba apakah ada nyeri, benjolan, atau perbedaan konsistensi. Bila ada maka segera konsultasikan kepada dokter.

2. Mengalami mimpi basah

Pada periode pubertas, remaja lelaki akan mengalami mimpi basah. Ini adalah istilah untuk ejakulasi ketika tidur. Hal ini terjadi karena peningkatan hormon testosteron di dalam tubuh. Seiring dengan pertambahan umur maka frekuensi mimpi basah akan berkurang.

3. Pada ketiak dan area kemaluan akan tumbuh rambut

Area ketiak dan di sekitar kemaluan remaja lelaki akan mulai ditumbuhi oleh rambut. Pada saat ini remaja pria juga akan rentan mengalami bau badan.

4. Suara menjadi lebih berat

Ukuran laring (tempat dimana pita suara berada) akan mengalami pembesaran. Hal ini akan berdampak membesarnya suara, terdengar lebih berat, atau suara menjadi pecah. Suara yang pecah ini akan berlangsung pada kisaran umur 11 sampai 15 tahun. Suara akan terus berkembang hingga pada tahapan sempurna di awal umur 20 tahun.

Perubahan Apa Yang Terjadi Pada Masa Pubertas Anak Perempuan ?

Sebagaimana halnya remaja lelaki, remaja perempuan juga mengalami perubahan-perubahan fisik. Adapun diantaranya yaitu:

1. Payudara mulai tumbuh

Ketika memasuki usia pubertas maka payudara remaja wanita akan tumbuh. Biasanya ini terjadi pada umur 8 sampai 13 tahun. Payudara yang satu mungkin dapat tumbuh lebih awal dibandingkan yang satunya, tetapi dalam ukuran yang tidak jauh berbeda. Keadaan seperti ini masih dianggap normal.

Orantua perlu memperhatikan apakah perbedaan pertumbuhan payudara kanan dan kiri sangat mencolok atau ada benjolan saat diraba. Silahkan rutin menjalankan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Bila ada perbedaan pertumuhan ukuran yang terlalu kentara dan ada benjolan maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keadaan remaja putri tersebut.

2. Menstruasi

Perempuan yang dalam masa pubertas telah mulai menghasilkan sel telur. Sel telur ini bila dibuahi oleh sel sperma akan menjadikannya janin di dalam rahim. Dalam arti lain, remaja putri yang sudah pubertas sudah bisa hamil sehingga para orangtua harus menjaga pergaulan sang putri.

Sel telur yang telah dilepaskan tadi akan ditampung oleh rahim yang telah melakukan persiapan dengan melakukan penebalan pada dindingnya. Bila tidak terjadi pembuahan maka rahim akan menipis kembali sehingga mengeluarkan darah yang dikenal dengan darah menstruasi.

Menstruasi ini biasanya berlangsung selama 2 sampai 7 hari. Orangtua harus mengajarkan putrinya untuk rutin mengganti pembalut saat darah menstruasi keluar. Dianjurkan untuk menggantinya setiap 4 sampai 8 jam. Hal ini berguna untuk menjaga kebersihan organ vitalnya.

3. Tumbuh Rambut Pada area Kemaluan dan Ketiak

Sama seperti halnya remaja putra, remaja putri juga akan ditumbuhi rambut halus pada ketiak dan lokasi kemaluannya. Hal ini tidak perlu dicemaskan dan membuat malu. Silahkan jaga kebersihan area-area ini agar tidak mudah berbau atau timbul infeksi.

Nah, itu tadi penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan masa pubertas dan apa saja ciri ciri perubahan fisik nya pada anak laki-laki dan perempuan. Semoga bahan bacaan ini bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas ?

  • Sumber:
    • Medline Plus (2018). National Institutes of Health, U.S. National Library of Medicine. Puberty.
    • Medline Plus (2018). National Institutes of Health, U.S. National Library of Medicine. Puberty in girls.
    • Cleveland Clinic (2014). Penis Health.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here