Cara Mengobati Luka Yang Terlihat Dagingnya

Cara Mengobati Luka Yang Terlihat Dagingnya
Ilustrasi Cara Mengobati Luka Yang Terlihat Dagingnya. Sumber gambar: msumuh dari Pixabay Free License

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan dari para pembaca tentang bagaimana cara mengobati luka yang terlihat dagingnya dan tidak kunjung sembuh. Bila Anda mengalami luka robek yang serupa maka sangat sesuai membaca ulasannya di bawah ini.

Pertanyaan dari Pembaca

Perkenalkan nama saya Adi dan saya ingin bertanya, Dok. Saya mengalami luka yang kelihatan dagingnya. Ini sudah saya alami selama 2 minggu dan sekarang luka saya sudah menjadi koreng dan berair. Bagaimana cara menyembuhkannya Dok biar gak berair lagi dan dagingnya ditutup kulit kembali. Terima kasih atas sarannya Dok.

Ulasan Cara Mengatasi Luka Yang Kelihatan Dagingnya dan Berair

Terima kasih sebelumnya kepada Pak Adi yang telah mengajukan pertanyaan kepada kami. Perlu diketahui bahwasanya luka yang belum juga sembuh yang diiringi rasa sakit dan berair berkemungkinan besar menandakan adanya infeksi. Proses penyembuhan luka akan mengalami hambatan bila infeksi tidak diatasi.

Prosedur pengobatan luka yang besar dan tidak ada tanda-tanda perbaikan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Kami menyarankan untuk menilai kembali kondisi luka saat ini dengan berkonsultasi secara langsung ke dokter. Tujuan konsultasi dokter secara langsung ini adalah untuk memperoleh penanganan yang sesuai dengan penyebab dan menggali lebih dalam apa sebenarnya yang menjadi penyebab luka tidak kunjung sembuh, semisal ada penyakit diabetes.

Metode pengobatan yang diberikan oleh dokter akan disesuaikan dengan apa yang mendasari luka tidak kunjung sembuh. Bila karena penyakit diabetes yang tidak terkontrol maka akan diberikan obat-obat yang berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Bila luka tidak sembuh karena infeksi maka akan diberikan antibiotik yang sesuai dengan bakteri penyebab infeksi.

Pengobatan lain yang biasanya diberikan oleh dokter antara lain:

• Perawatan luka untuk menjaga luka tetap bersih dan terhindar dari jangkauan bakteri atau zat-zat berbahaya.
  • Debridement. Bilamana tidak ada penyebab lain dan infeksi pada luka telah teratasi maka dilakukan debridement. Ini dilakukan untuk menyegarkan luka kembali dengan membuang jaringan-jaringan mati pada lokasi luka. Proses ini biasanya diikuti dengan proses penjahitan luka (terutama pada luka terbuka yang cukup luas).
  • Pemberian antibiotik untuk mengontrol pertumbuhan bakteri yang dapat merugikan pada proses penyembuhan luka.

Nah, itu tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengobati luka yang terlihat dagingnya dan tidak kunjung sembuh. Namun, perlu diketahui bahwasanya banyak orang yang salah paham menganggap jaringan subkutis (bawah kulit) sebagai daging (otot) padahal tidak. Jadi, Anda tidak perlu terlalu panik. Untuk lebih sederhannya, bilamana luka yang dialami cukup lebar dan dalam apalagi disertai dengan pendarahan yang tak kunjung berhenti maka disarankan untuk dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.