Manfaat Lidah Buaya Untuk Luka Robek

0
131
manfaat lidah buaya untuk luka robek
manfaat lidah buaya untuk luka robek. Gambar oleh: Franziska Ingold dari Pixabay Free License

Meskipun sudah banyak diaplikasikan ternyata masih banyak yang ingin tahu apakah benar ada manfaat lidah buaya untuk luka robek. Kami akan membahasnya di artikel ini.

Lidah biaya atau aloe vera adalah nama yang sering digunakan untuk mewakili A vera Linne atau A barbadensis Miller. Ini merupakan tanaman yang telah diidentifikasi sebanyak 400 spesies yang dikelompokkan dalam keluarga Aloeacea atau Liliaceae. Daun lidah buaya memiliki kandungan senyawa kimia seperti manan asetilat, polimanan, antrakuinon C-glukosida, antron, antrakuinon, dan lektin. Daun ini sudah sering dimanfaatkan sebagai obat oleh banyak masyarakat tradisional

Daun Lidah Buaya Untuk Luka Robek

Daun lidah buaya dikenali sebagai agen anti peradangan, perlindungan kulit, anti bakteri dan virus, anti septik, dan membantu dalam proses penyembuhan. Pemanfaatannya pada proses penyembuhan luka cukup direkomendasikan.

Penyembuhan luka merupakan suatu proses yang kompleks. Hal ini melibatkan aktivitas tingkat sel, molekular, biokimia, dan psikologikal yang memberi kemungkinan suatu organisme hidup memperbaiki kerusakan pada dirinya sendiri. Pada umumnya proses penyembuhan luka ini terdiri dari tiga fase, yakni peradangan, proliferasi, dan pembentukan jaringan.

Daun Lidah Buaya Telah Terbukti Mampu Membantu Proses Penyembuhan Luka.

Tanaman lidah buaya ini bisa ditemukan di seluruh dunia. Tanaman ini tidak dikenal karena keindahannya karena tumbuhan ini memiliki sedikit duri dan warna yang tidak begitu indah. Bertolak dari sisi keindahannya, ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat. Salah satu diantaranya adalah untuk obat berbagai macam luka.

Bagaimana Tanaman Ini Bekerja?

Berdasarkan informasi dari pusat medis di Universitas Maryland, tanaman lidah buaya ini memiliki kandungan air sebanyak 99 persen. Ini berisi 2 jenis bahan kimia yang sangat baik dalam proses penyembuhan luka. Kedua bahan kimia tersebut adalah polisakarida dan glikoprotein.

Polisakarida yang dikandungnya diketahui dapat meningkatkan pergerakan sel. Hal ini akan memicu percepatan dan efisiensi pertumbuhan jaringan yang baru sehinga proses penyembuhan luka berjalan lancar dan lebih cepat. Glikoprotein juga tidak hanya berguna sebagai pereda nyeri, tetapi juga dapat mengendalikan proses inflamasi yang terjadi. Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa kedua senyawa ini mampu memperbaiki sistem imunitas dan bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

Nah, jadi memang benar ada manfaat lidah buaya untuk luka robek yang dialami seorang pasien. Namun, sangat penting diingat untuk sebelumnya berkonsultasi dengan dokter Anda. Mengapa? Oleh karena, ada beberapa kondisi luka robek yang memerlukan bantuan tenaga kesehatan. Pemakaian sembarangan daun lidah buaya pada luka robek yang dalam, lebar, dan banyak perdarahan justru akan membahayakan nyawa sang pasien. Semoga bermanfat.

Baca juga: Apakah Apabila Luka Robek Didiamkan Dapat Terjadi Bahaya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here