Pertolongan Pertama Pada Luka Robek

0
184
Pertolongan Pertama Pada Luka Robek
Pertolongan Pertama Pada Luka Robek. Sumber gambar: Corey Ryan Hanson dari Pixabay Free License

Hal yang perlu diperhatikan dalam pertolongan pertama pada luka robek – DrZuhdy.com. Kebanyakan kasus luka robek menimbulkan kekhawatiran, apalagi bila ukuran luka besar dan disertai dengan perdarahan yang hebat.

Namun, perlu Anda ketahui bahwasanya tidak semua luka robek harus dibawa ke fasilitas kesehatan. Untuk luka yang berderajat ringan maka Anda bisa melakukan perawatan secara mandiri. Untuk itu penting kiranya memahami bagaimana langkah pertolongan awal pada luka yang robek.

Selain menambah keterampilan dalam hal merawat luka ringan, pemahaman tentang langkah dan cara pertolongan pertama ini juga akan menambah pengetahuan dan skill Anda dalam merawat luka sedang sebelum diantarkan ke fasilitas kesehatan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pertolongan Pertama Pada Luka Robek

Adapun hal-hal yang yang harus diperhatikan dalam memberikan pertolongan atau perawatan awal pada luka yang robek adalah sebagai berikut:

  • Tenangkan pasien dan minta bantuan orang sekitar bila dibutuhkan.
  • Tempatkan pasien pada lokasi yang aman untuk diberikan pertolongan
  • Cucilah tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun antiseptik sebelum memberikan perawatan luka. Hal ini dilakukan guna menghindari agen penyebab infeksi lain seperti bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terbuka.
  • Lindungi diri penolong dengan memakai sarung tangan atau pelapis tangan yang bersih.
  • Bila luka robek disertai dengan perdarahan maka segera hentikan perdarahan dengan memanfaatkan kasa steril. Tekanlah pada bagian yang mengeluarkan darah selama 10-15 menit. Bilamana darah masih terus mengalir maka panggillah bantuan tenaga medis atau bawa pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.
  • Bersihkan daerah di sekitar luka dengan memakai cairan fisiologis yang steril atau cairan infus. Untuk luka yang tidak terlalu dalam maka Anda bisa menggunakan air hangat dalam proses pembersihan luka.
  • Gunakan obat oles topikal di lokasi luka jika memang diperlukan.
  • Tutup luka dengan memanfaatkan kasa steril agar bakteri, agen penyebab infeksi, dan kotoran masuk ke dalam luka.
  • Sarankan pasien untuk menjaga luka tetap kering.
  • Anjurkan pasien untuk mengganti kasa steril penutup luka secara berkala.
  • Pada luka robek yang agak besar (tapi tetap tidak membutuhkan penjahitan) silahkan gunakan plester untuk merapatkan kembali permukaan kulit yang robek.

Baca juga: Manfaat lidah buaya untuk luka robek

Apakah Sama Saja Pertolongan Pertama Pada Luka Robek di Kepala ?

Sebenarnya prinsipnya sama saja. Sebagai gambarannya, biasanya luka robek di kepala disertai perdarahan derajat sedang hingga berat. Jadi bilamana darah tidak kunjung berhenti dalam waktu 10-15 menit setelah penekanan luka maka dianjurkan untuk dibawa ke fasilitas kesehatan.

Selain itu, bila luka robek di kepala maka perhatikanlah juga apa ada tanda-tanda cedera kepala. Bilamana ditemukan tanda dan gejala syok berupa penurunan kesadaran, merasa pusing, gelisah, tampak sangat lemas ,atau kurang respon terhadap stimulasi panggilan dan tepukan badan maka segera bawa pasien ke fasilitas kesehatan terdekat.

Nah, itu tadi tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam pertolongan pertama pada luka robek. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Baca juga: Cara Mengobati Luka Yang Terlihat Dagingnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here