Cara Mengobati Mata Bengkak dan Sakit Saat Berkedip

0
35
cara mengobati mata bengkak dan sakit saat berkedip
Ilustrasi cara mengobati mata bengkak dan sakit saat berkedip. Sumber gambar: Anemone123 dari Pixabay Free License

Pada tulisan ini kami akan menjawab pertanyaan dari pembaca tentang masalah mata yang bengkak dan nyeri terutama ketika berkedip. Bagi Anda yang memiliki masalah yang serupa maka sangat sesuai untuk membaca isi tulisannya. Yuk kita pahami bagaimana cara mengobati mata bengkak dan sakit saat berkedip.

Pertanyaan

Salam Dok, perkenalkan nama saya Puti dan saya ingin bertanya. Kelopak mata sebelah kanan saya di bagian ujungnya mengalami pembengkakan dan terasa nyeri ketika berkedip. Pada mulanya pada lokasi tersebut hanya terasa nyeri, akan tetapi pada hari ketiga mulai muncul bengkak seukuran gigitan nyamuk. Semenjak itu nyeri juga dirasakan ketika berkedip. Saya mau tanya bagaimana cara mengatasinya Dok. Terima kasih!

Jawaban

Terima kasih kepada Ibu Puti yang telah memberikan pertanyaan ke redaksi kami. Kami akan mencoba menjawab dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

Penyebab Bengkak Pada Mata

Kelopak mata yang bengkak dan sakit memiliki kemungkinan banyak penyebab. Hal ini biasanya merupakan proses peradangan pada lokasi ujung kelopak mata atau jaringan dan kelenjar di sekita mata. Bilamana terjadi sumbatan pada kelenjar bisa menimbulkan tumpukan cairan yang mencetuskan proses peradangan dan infeksi.

Prosesnya seperti ini, bila ada sumbatan pada kelenjar maka akan menyebabkan timbunan cairan. Cairan ini akan menimbulkan bengkak yang bisa dirasakan nyeri, teraba hangat, dan berwarna kemerahan. Tumpukan cairan ini juga menjadi media yang baik bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak. Pada kelanjutannya hal ini akan mencetuskan penyakit infeksi yang bisa menghasilkan nanah.

Penyebab lainnya dari mata bengkak dan nyeri ketika berkedip adalah hordeolum eksterna atau interna, kalazion, dan blefaritis. Dalam hal ini dibutuhkan konsultasi dengan dokter mata untuk memastikan apa yang menjadi penyebabnya. Biasanya dokter akan melakukan wawancara medis (anamnesis), pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan dalam rangka menegakkan diagnosis.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Sakit Mata

Sebelum Anda berobat ke dokter, silahkan lakukan perawatan mandiri di rumah. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Kompreslah dengan menggunakan air hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Budayakan untuk selalu menjaga kebersihan mata dengan menghindari penggunaan kosmetik bila memang tidak diperlukan.
  • Jangan lupa membersihkan kosmetik sebersih mungkin terutama pada area mata.
  • Mengurangi kebiasaan memakai lensa kontak (apalagi bila tidak mengerti konsep kebersihan dalam pemakaiannya).
  • Dianjurkan untuk tidak menyentuh atau menekan-nekan benjolan atau bengkak terutama menggunakan tangan yang kotor.
  • Kurangi kontak tangan dengan mata. Bila memang harus melakukan kontak maka cucilah tangan terlebih dahulu.
  • Anda dapat meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik semisal parasetamol bila nyeri yang dirasakan agak kuat.
  • Bilamana dalam waktu satu sampai dua hari tidak kunjung ada perubahan maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Nah, itu tadi ulasan tentang penyebab dan bagaimana cara mengobati mata bengkak dan sakit saat berkedip. Mudah-mudahan dapat membantu dan jangan lupa bagikan informasi ini ke kerabat Anda yang membutuhkan.

Baca info terkait: cara mengobati mata bengkak sebelah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here