Home Info Kesehatan Kesehatan Mata Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Kiri dan Kanan

Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Kiri dan Kanan

0
79
cara mengobati mata bengkak sebelah kiri
Ilustrasi cara mengobati mata bengkak sebelah kiri. Sumber gambar: Anemone123 dari Pixabay Free License

Pernahkah Anda mengalami mata bengkak pada salah satu sisi mata baik kanan atau kiri, ataupun pada keduanya? Bila iya maka Anda tepat untuk membaca tulisan ini. Kami akan bagikan informasi tentang bagaimana cara mengobati mata bengkak sebelah kiri atas bawah atau kanan. Mari kita simak yuk.

Namun, sebelum kita membahasnya lebih jauh lagi tentunya Anda harus paham dahulu apa sebenarnya mata bengkak itu dan apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan memahaminya terlebih dahulu maka akan mudah menentukan metode pengobatannya.

Mata Bengkak dan Penyebabnya

Mata bengkak biasanya diakibatkan oleh tumpukan cairan pada kelopak mata atau jaringan penunjang di sekeliling mata. Keadaan ini bisa dicetuskan oleh beberapa penyakit, semisal penyakit alergi, infeksi, dan trauma fisik. Untuk lebih jelas mengenai apa saja yang bisa menjadi penyebabnya, silahkan simak perinciannya di bawah ini.

Konjungtivitis

Ini adalah penyebab tersering munculnya keluhan mata bengkak. Biasanya selain bengkak juga diiringi oleh gejala mata merah, berair, gatal, dan mengeluarkan sekret (belekan). Kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh virus dan beberapa lainnya bakteri. Namun, bisa juga diakibatkan oleh proses iritasi dari pemakaian produk tertentu semisal sampo.

Alergi

Mata bengkak juga bisa muncul sebagai akibat dari alergi. Pada umumnya akan timbul bilamana mata berkontak dengan bahan dan zat pemicu alergi semisal debu, makanan tertentu, obat-obatan, atau serbuk sari. Selain memperlihatkan gejala bengkak biasanya gejala penyertanya adalah bersin, hidung berair (hingga tersumbat), wajah menjadi bengkak, atau bahkan sampai sesak nafas.

Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata. Keadaan ini biasanya menunjukkan gejala mata menjadi merah, gatal, berair, atau ada perasaan mata seperti terganjal. Penyebab dari kondisi ini belum dipahami secara pasti. Namun, pada umumnya dicetuskan oleh dermatitis seboroik, sumbatan pada kelenjar minyak di kelopak mata, infeksi, atau adanya kutu di bulu mata.

Selain disebabkan oleh ketiga kondisi penyakit di atas, pembengkakan pada mata juga bisa diakibatkan oleh selulitis orbita, bintitan, gigitan serangga, cedera, kista, atau penyakit Graves.

Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah Kanan Atau Kiri

Sebelum membawa ke dokter, Anda bisa memberikan perawatan sederhana terhadap mata yang bengkak. Selama penyakit tidak dalam kondisi yang serius maka silahkan lakukan langkah-langkah perawatan di bawah ini.

Kompres Pada Mata Yang Bengkak

Kompreslah mata yang mengalami pembengkakan dengan menggunakan kain yang telah direndam dengan air dingin. Silahkan kompres selama 15 menit tiap 1-2 jam sekali. Anda juga bisa mengompres dengan memanfaatkan kantung teh yang telah didinginkan di lemari es. Kandungan kafein yang ada dalam teh juga bisa mengurangi pembengkakan yang ada.

Pada kondisi tertentu, semisal bengkak yang diakibatkan oleh bintitan dan kista maka disarankan untuk mengompres dengan menggunakan air yang hangat. Mengapa? Oleh karena pengompresan dengan air hangat memiliki tujuan untuk memperlancar aliran kelenjar minyak sehingga tidak ada lagi penyumbatan. Lakukan pengompresan sebanyak 4 sampai 5 kali dalam satu hari.

Bilaslah Mata Dengan Larutan Air Garam

Anda bisa mencuci mata Anda dengan memakai larutan air garam. Mengapa memilih air garam? Hal ini dilakukan guna mengambil sifat garam yang bisa menarik air. Tidak cukup sampai di situ, garam juga akan membunuh mikroba yang menyebabkan mata menjadi bengkak. Namun, larutan garam yang paling baik adalah larutan saline yang dijual di apotik. Hal ini lantaran larutan ini steril dan sesuai dengan fisiologis tubuh.

Memakai Obat Tetes Mata

Anda bisa mempertimbangkan obat tetes mata yang mengandung antihistamin yang dijual bebas di apotik. Namun, penting diingat untuk berkonsultasi dengan dokter bila alergi berderajat hebat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung vasokonstriktor. Hal ini berguna untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah di area mata sehingga mengurangi rembesan cairan ke jaringan di sekitar mata sehingga mengurangi proses pembengkakan.

Nah, itu tadi 3 cara mengobati mata bengkak sebelah dan sakit yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Penting untuk menjaga kebersihan tangan sebelum melakukan perawatan. Bila tidak ada kemajuan dan perbaikan setelah perawatan secara mandiri maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Baca info terkait: cara mengobati mata bengkak karena kemasukan serangga

  • Sumber:
    • Cleveland Clinic (2019). Puffy Eyes: What Causes Them and What to Do about It. NHS UK (2018). Conjunctivitis.
    • Angel, T. Healthline (2017). Swollen Eyelid: Causes, Treatment, and More.
    • Mayo Clinic (2018). Allergy.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here