Game Burik Bikin Sakit Mata, Apa Saja Gejalanya?

0
93
game burik bikin sakit mata
Ilustrasi game burik bikin sakit mata. Sumber gambar: mohamed Hassan dari Pixabay Free License

Info kesehatan mata dari DrZuhdy.com. Pernah mendengar istilah game burik bikin sakit mata? Yup sebenarnya bukan hanya game burik, seluruh game yang dimainkan secara berlebihan dan tanpa aturan akan menyebabkan mata menjadi sakit. Yuk simak bahasannya berikut ini.

Game dan Kesehatan Mata

Saat ini banyak sekali orang yang gemar dan bahkan kecanduan main game online baik di laptop (PC) atau gawai. Segala sesuatu yang berlebihan tentu saja akan memungkinkan mendatangkan keburukan, termasuk bidang kesehatan. Belakangan ini, badan kesehatan dunia (WHO) membuat ketetapan bahwasanya kecanduan bermain game adalah salah satu bentuk gangguan kejiwaan.

Kecanduan dan gemar adalah dua hal yang berbeda. Bilamana permainan dimainkan sesekali atau lebih sedikit, tentunya jarang mencetuskan pengaruh yang serius. Untuk sebagian orang, bermain game justru akan mengurangi kejenuhan dari pekerjaan yang monoton dan banyak. Permasalahannya adalah bilamana bermain game menjadi suatu kecanduan sehingga menyebabkan pemainnya lebih memprioritaskan game dari pada kehidupannya.

Individu yang dikatakan kecanduan adalah individu yang membutuhkan game untuk memuaskan keinginannya. Bilamana tidak terpenuhi maka akan muncul rasa marah, gelisah, depresi, dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah

Dampak Kecanduan Game Terhadap Kesehatan Mata

Jarak antara mata dan gadget ketika bermain game biasanya dekat. Apalagi bila game tersebut burik, hal ini tentunya akan memaksa mata untuk lebih fokus. Kondisi ini seringkali akan meningkatkan risiko kejadian asthenopia (mata menjadi lelah), xerophthalmia (mata cepat kering), dan/ atau gangguan refraksi yang seringkali berupa rabun jauh.

Oleh karena cahaya dari gawai (apalagi bila menggunakan kecerahan yang tinggi) akan membuat mata menjadi lebih mudah pegal, perih, pandangan berbayang, atau bahkan nyeri. Keluhan ini akan semakin dirasakan oleh orang-orang yang telah memiliki masalah kesehatan mata semisal gangguan refraksi, infeksi, atau peradangan.

Berdasarkan keterangan dari American Optometric Association (AOS), bahwasanya melihat perangkat digital dalam waktu yang terlampau lama bisa menimbulkan masalah-masalah, antara lain:

  • Mata tegang
  • Kekeringan pada mata
  • Iritasi pada mata yang bisa dirasakan panas atau seperti terbakar dan menyengat
  • Penglihatan menjadi kabur atau berbayang
  • Pola tidur terganggu
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada leher dan bahu

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Di Depan Laptop atau Gadget

Menurut AOS, beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat walau harus bekerja di depat laptop. Tips tersebut antara lain:

Terapkan aturan 20-20-20

Bila Kamu sedang bermain game atau kerja di depat perangkat digital dalam waktu yang lama maka laksanakan aturan 20-20-20. Hal ini berarti adalah setiap 20 menit di depan laptop atau gawai, berikanlah istirahan pada mata Kamu selama 20 detik. Bentuk istirahat ini adalah dengan pengalihan pandangan dari layar laptop atau gawai kepada objek-objek menyejukkan mata yang jaraknya minimal 20 kaki (sekitar 6 meter) dari posisimu berada.

Gunakan fitur zoom

Pertahankan jarak mata Kamu dengan gawai. Jangan terlalu sering mendekatkan mata ke layar laptop saat melihat objek-objek yang kecil. Silahkan manfaatkan fitur zoom.

Turunkan tingkat kecerahan layar

Layar yang terlalu cerah akan membuat mata silau memandang. Kebanyakan orang yang tidak sadar akan hal ini akan menyipitkan matanya ketika berada di depat laptop dan gawai. Tentunya hal ini akan menyebabkan mata semakin mudah lelah dan tegang. Silahkan kurangi tingkau kecerahan pada layar atau manfaatkan filter untuk menurunkan intensitas sinar biru dari layar laptop atau gawai.

Konsultasi mata secara rutin dengan dokter

Silahkan berkonsultasi dengan dokter perihal keadaan mata Anda secara teratur. Hal ini cukup penting dilakukan karena banyak kasus individu yang telah mengalami gangguan pada mata sementara dia tidak mengetahuinya sampai ketika pemeriksaan oleh dokter.

Nah itu tadi penjelasan mengenai gejala dan efek samping dari kecanduan bermain game. Jadi, bukan hanya game burik bikin sakit mata, tetaoi juga semua jenis game yang dimainkan secara candu.

Simak juga: Cara Mengobati Mata Bengkak Pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here