Kode ICD 10 CKD (Chronic Kidney Disease) – Gagal Ginjal Kronis

kode icd 10 ckd diagnosis gagal ginjal kronis
kode icd 10 ckd diagnosis gagal ginjal kronis. Sumber gambar: mohamed Hassan dari Pixabay Free License

Salam para koders sekalian, artikel kali ini akan berbagi informasi mengenai daftar kode ICD 10 CKD (Chronic Kidney Disease) atau penyakit ginjal kronis. Penyakit ini tergolong penyakit yang banyak dituliskan diagnosisnya sehingga penting untuk mengetahui kode diagnosis BPJS Kesehatannya.

Daftar Kode ICD 10 CKD atau Gagal Ginjal Kronis

Sebelum kita membahas list kode diagnosanya, mari kita pahami secara sederhana tentang penyakit ini. CKD adalah singkatan dari Chronic Kidney Disease yang berarti penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis juga dikenal dengan gagal ginjal kronis yang berarti suatu keadaan dimana turunnya laju fitrasi ginjal selama lebih atau sama dengan tiga bulan.

Ginjal manusia memiliki fungsi dalam proses penyaringan darah dan kelebihan cairan sebelum dibuang menjadi urin. Dua buah organ ginjal akan menyaring sebanyak 120-150 liter darah setiap harinya kemudian mengeluarkan 1-2 liter urin.

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis biasanya diakibatkan oleh rusaknya organ dan fungsi ginjal dikarenakan penyakit yang dialami pasien dalam jangka panjang. Diantara penyakit yang menjadi penyebab yaitu:

• diabetes mellitus,
  • hipertensi, ataupun
  • asam urat (gout)

Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Adapun keluhan dan gejala yang biasanya dirasakan para pasien penyakit ini, antara lain:

• Adanya darah dalam urin
  • Bengkak pada kedua tungkai
  • Tekanan darah naik (tinggi) yang tidak terkontrol

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Ginjal Kronis

Pencegahan agar tidak terkena penyakit ini adalah tentunya dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Bagi para individu yang memiliki risiko penyakit diabetes mellitus, tekanan darah tinggi, dan asam urat sebaiknya rutin melakukan kontrol di puskesmas atau fasilitas kesehatan tingkat pertama lainnya. Walaupun telah didiagnosis menderita penyakit gula, hipertensi, ataupun asam urar, asalkan tetap dalam kontrol biasanya tidak akan mengganggu fungsi ginjal.

Pengobatan penyakit ini memiliki tujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah terjadinya perburukan penyakit. Regimen penatalaksanaan yang biasanya dilakukan di rumah sakit, antara lain:

• Pemberian obat-obatan
  • Hemodialisa (cuci darah)
  • Transplantasi ginjal

Rincian Kode Diagnosa ICD X CKD

Berikut ini beberapa kode diagnosis dan detailnya:

• N18 Chronic kidney disease (CKD) : Gagal ginjal kronis
  • N18.1 Chronic kidney disease, stage 1 : Gagal ginjal kronis stadium satu
  • N18.2 Chronic kidney disease, stage 2 (mild) : Penyakit ginjal kronis stadium dua (ringan)
  • N18.3 Chronic kidney disease, stage 3 (moderate) : Penyakit ginjal kronis stadium tiga (sedang)
  • N18.30 Chronic kidney disease, stage 3 unspecified : Penyakit ginjal kronis stadium tiga tidak spesifik
  • N18.31 Chronic kidney disease, stage 3a : Gagal ginjal kronis stadium 3a
  • N18.32 Chronic kidney disease, stage 3b : Gagal ginjal kronis stadium 3b
  • N18.4 Chronic kidney disease, stage 4 (severe) : Gagal ginjal kronis stadium 4 (berat)
  • N18.5 Chronic kidney disease, stage 5 : Gagal ginjal kronis stadium 5
  • N18.6 End stage renal disease : Penyakit ginjal kronis stadium terminal
  • N18.9 Chronic kidney disease, unspecified : Penyakit ginjal kronis tidak spesifik

Nah, itu tadi list rangkuman rincian kode ICD 10 CKD. Kode yang bertanda tebal merupakan kode diagnosa ICD 10 yang cukup sering digunakan dalam entrian diagnosa. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca.

Sumber: ICD 10 Data