Obat Lokev Omeprazole 20 mg

0
86
lokev omeprazole 20 mg
Contoh gambar obat lokev berisi omeprazole

Artikel ini akan menjelaskan tentang obat lokev omeprazole 20 mg untuk sakit apa. Informasi yang terdapat di dalam tulisan ini hanya diperuntukkan bagi kalangan medis saja. Pembaca non-medis diperbolehkan membacanya asalkan tidak mengambil keputusan pengobatan sendiri.

Baca juga: obat omeprazole

Tentang Lokev Omeprazole 20 mg

Deskripsi

Produsen lokev adalah PT IFARS dan telah didaftarkan di BPOM. Lokev omeprazole 20 mg adalah obat yang dimanfaatkan pada pengobatan penyakit yang berbasis peningkatan produksi asam lambung. Obat ini tergolong kepada obat keras sehingga DIHARUSKAN memakai resep dari dokter untuk mengambil dan mengonsumsi obat.

Indikasi Umum Lokev

Lokev adalah obat yang dipergunakan untuk pengobatan jangka pendek pada penyakit tukak di saluran pencernaan. Contohnya pada ulkus gaster dan duodenum yang tidak menunjukkan respon setelah diberikan obat golongan antagonis reseptor H2.

Ini juga termasuk dapat membantu mengobati radang pada bagian mukosa esofagus (refluks esofagitis) baik erosif atau ulseratif akibat asam lambung. Selain itu, juga dapat digunakan dalam terapi jangka panjang bagi penyakit tumor di pankreas atau usus halus (semisal Zollinger-Ellison syndrome).

Komposisi Obat
Lokev omeprazole 20 mg adalah obat yang tentu saja mengandung omeprazol sebanyak 20 mg. Obat ini dikemas dimana 1 dus obat mengandung 5 strip yang masing-masing berisi 10 kapsul.

Dosis Lokev Omeprazole

Dosis yang dipakai untuk obat ini harus berdasarkan pertimbangan dari dokter yang langsung merawat pasien. Namun, secara umum dosis obat ini berdasarkan rincian di bawah ini:

  • Orang dewasa:
    • Untuk ulkus duodenum digunakan sebanyak 20-40 mg/ hari selama 2-4 minggu.
    • Pada ulkus peptikum dan refluks esofagitis sejumlah 20-40 mg/ hari selama 4 minggu. Penggunaan dilanjutkan selama 4 minggu bilamana gejala tidak membaik.
    • Bagi sindroma Zollinger-Ellison di awal sebanyak 60 mg/ hari. Dosis pemeliharaan yaitu 20-120 mg/ hari. Dosis yang lebih besar dari 80 mg harus diberikan dalam 2 dosis terbagi.

Aturan Pakai Obat

Obat ini direkomendasikan untuk diminum sebelum makan. Obat masih juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau segera sebelum makan. Hal ini berkaitan dengan penyerapan obat.

Kontraindikasi Lokev

Obat ini tidak boleh diberikan kepada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap omeprazole. Hal ini akan menimbulkan reaksi alergi.

Perhatian

  • Sebelum memanfaatkan obat ini maka kemungkinan adanya penyakit keganasan di lambung harus disingkirkan.
  • Obat ini mendapat perhatian khusus bila dipergunakan pada kelompok wanita hamil, ibu menyusui, dan usia anak-anak.
  • Bila digunakan dalam jangka panjang maka harus dievaluasi apakah timbul keadaan hipoklorida (sedikitnya produksi asam lambung) atau bahkan kelebihan hormon gastrin di dalam tubuh. Untuk dipahami bahwa gastrin ini adalah hormon yang merangsang proses sekresi asam lambung.

Efek Samping Lokev

Pada beberapa pasien akan timbuk gejala dan keluhan berupa mual, diare, konstipas, perut menjadi kembung, atau ruam pada kulit.

Cara Penyimpanan

Dianjurkan untuk disimpan pada tempat yang kering dengan suhu kamar. Sebaiknya obat dihindarikan dari paparan sinar matahari langsung.

Info terkait: apa saja beda omeprazole dan lansoprazole?

  • Sumber:
    • Mims.com (2020): Lokev

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here