Home Info Kesehatan Makanan Sehat Makanan Untuk Menghilangkan Cairan Di Paru Paru

Makanan Untuk Menghilangkan Cairan Di Paru Paru

0
317
Daftar makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru
Jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan cairan di paru paru

Pada artikel ini kami akan menjawab sekaligus menjawab pertanyaan tentang makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru. Yuk simak pertanyaan dan jawaban nya di bawah ini.

Jenis Makanan Untuk Menghilangkan Cairan Di Paru Paru

Pertanyaan:

Salam Dok. Saya Andre, saya mau tanya tentang keadaan ibu saya. Saat ini ibu saya didiagnosis dokter ada cairan di paru-paru nya. Hal ini membuat ibu saya sering merasakan sesak nafas. Usia ibu saya saat ini 57 tahun. Nah, yang mau saya tanyakan, apakah ada jenis makanan dan minuman untuk menghilangkan cairan di paru paru ibu saya? Terima kasih atas jawaban nya.

Jawaban:

Terima kasih kepada Bapak Andre telah bertanya kepada kami. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Keberadaan cairan di paru-paru sang ibu menunjukkan adanya suatu penyakit yang menyebabkan hal tersebut. Gejala cairan di paru-paru bisa banyak penyebab nya, akan tetapi yang paling sering adalah penyakit gagal jantung kongestif (CHF). Penumpukan cairan di paru-paru akibat CHF ini disebut dengan edema paru.

Untuk medis baca juga: Kode ICD 10 CHF

Penyakit CHF akan menunjukkan kondisi jantung yang terlampau lemah untuk melakukan fungsi pompa darah secara efektif. Hal ini akan menyebabkan kurang lancar (kurang cepat) nya peredaran darah di pembuluhnya. Lama-kelamaan keadaan ini akan menyebabkan banyak cairan yang merembes dari pembuluh ke jaringan tubuh.

Rembesan cairan ini terjadi di semua jaringan, termasuk di paru-paru. Namun, yang paling sering gejala awal yang muncul adalah rembesan cairan di tungkai karena sesuai dengan gravitasi bumi.

Nah, diet rendah sodium (natrium) bisa membantu mengurangi beban jantung pada penyakit CHF ini. Darah yang kurang natrium akan semakin jarang merembes dan semakin mudah disaring dan dibuang di ginjal.

Jadi, Apa Makanan Untuk Mengurangi Cairan di Paru Paru?

Jenis makanan yang bisa dimanfaatkaan untuk mengurangi jumlah cairan di paru-paru adalah makanan rendah sodium.

Dasar-dasar Diet Rendah Natrium

Terlalu banyak natrium dalam menu makanan Anda menyebabkan tubuh akan menahan cairan. Membatasi asupan tidak lebih dari 2.000 miligram (2 gram) sehari dapat membantu mengendalikan akumulasi cairan paru-paru.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membatasi natrium dalam diet adalah berhenti menambahkan garam ke dalam makanan. Satu sendok teh garam mengandung hampir 2.400 miligram sodium.

Anda juga dapat menggunakan label makanan untuk membantu Anda melacak jumlah asupan natrium. Cari makanan yang mengandung kurang dari 250 miligram sodium per sajian.

Makanan Rendah Natrium

lebih banyak makanan segar dan lebih sedikit makanan kemasan

Anda dapat dengan mudah membatasi asupan natrium harian dengan makan lebih banyak makanan segar dan lebih sedikit makanan kemasan. Buah-buahan, sayuran, nasi putih dan pasta, daging segar yang disiapkan tanpa saus natrium tinggi, kacang-kacangan, telur, susu, dan yogurt semuanya secara alami rendah sodium.

Gunakan bumbu dan rempah-rempah untuk menambah rasa pada makanan Anda tanpa perlu garam. Cuka, lemon, dan jus buah juga menambah rasa pada makanan tanpa natrium.

Perhatikan Apa Yang Anda Minum

Jika paru-paru menumpuk terlalu banyak cairan, Anda mungkin perlu membatasi jumlah yang Anda minum selain asupan natrium. Jumlah cairan yang harus diminum tergantung pada tingkat keparahan retensi cairan. Biasanya berkisar antara 6 hingga 9 gelas sehari. Selain air, jus, dan kopi, Anda juga harus menghitung cairan dalam sereal panas, sup, dan gelatin. Es krim dan serbat juga dianggap cairan.

Teh Diuretik

Beberapa jenis teh bisa digunakan sebagai minuman diuretik. Apa itu minuman diuretik. Ini adalah minuman yang memiliki fungsi meningkatkan pengeluaran cairan melalui urin. Contoh teh ini adalah teh adas, teh bunga kamomil, teh daun dandelion, teh kadarmom, teh jelatang, teh peterseli, dan teh chicory.

Konsumsi Sumber Makanan Antioksidan

Mengapa perlu antioksidan? Ternyata antioksidan mampu membantu memperkuat pembuluh darah vena. Hal ini akan mengurangi edema pada paru-paru. Silahkan konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah cukup. kedua jenis makan inilah yang banyak mengandung antioksidan.

Nah, itu tadi jenis makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru. Silahkan dicoba, akan tetapi tetap menomor-satukan pendapat dokter yang merawat Anda. Tanyakan pada dokter tentang nasehat di atas apakah cocok dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Info kesehatan lainnya: Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol

  • Sumber:
    • Jill Corleone, RDN, LD on Livestrong.com: What Is a Healthy Diet That Controls Lung Fluid?
    • Halodok.com (2018): Ketahui 5 Obat Alami untuk Edema Paru

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here