Home Informasi Obat Apotik Obat Biduran Di Apotik

Obat Biduran Di Apotik

0
54
nama obat biduran di apotik tanpa resep dokter
nama obat biduran di apotik tanpa resep dokter paling ampuh. Sumber gambar: https://shopee.co.id

Pernahkah mengalami biduran atau kaligata pada kulit Anda? Tahukah Anda apa obat yang tepat untuk keadaan tersebut? Nah, di artikel ini kami akan membahas mengenai nama obat biduran di apotik paling ampuh yang bisa Anda gunakan. Mari disimak.

Apa Itu Biduran?

Sebelum kita membahas nama obatnya, sebaiknya Anda paham terlebih dahulu apa yang dinamakan biduran itu. Hal ini sangat penting guna menghindari kejadian salah obat. Namun, kami menyarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter pada setiap keadaan medis yang Anda alami.

Biduran atau kaligata sering dikenal sebagai urtikaria dalam dunia medis. Ini adalah suatu keadaan dimana kulit mengalami ruam menonjol berwarna kemerahan (atau merah pucat) seperti bentol pada kulit yang timbul secara tiba-tiba. Penyebab tersering biduran adalah alergi terhadap makanan, bahan kimia, gigitan serangga, ataupun sinar ultraviolet.

Bila tubuh manusia mengalami alergi maka akan dilepaskan zat kimia yang dikenal dengan histamin. Histamin inilah yang mencetuskan gejala-gejala biduran pada kulit seperti bentol (baik berukuran kecil terpisah-pisah ataupun bentolan yang menyambung menjadi luas) yang terasa sangat gatal. Biduran dapat muncul di seluruh area tubuh dengan frekuensi tersering pada bagian wajah, lidah, bibir, tenggorokan, telinga, dan ekstremitas.

Keluhan biduran biasanya berlansung dalam waktu beberapa jam hingga satu hari dimulai dari terpapar dengan alergen (penyebab alergi). Namun, pada kasus-kasus yang berat dan kronis bisa terjadi dalam waktu mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Beberapa Obat Biduran Di Apotik Yang Sering Digunakan Dokter

Di bawah ini berbagai macam obat biduran di apotik paling ampuh yang biasanya dipakai oleh dokter. Kami membagikan informasi ini sebagai bahan penambah ilmu pengetahuan. Kami sarankan untuk menggunakan obat ini sesuai dengan arahan dan petunjuk dokter.

1. Antihistamin

Obat golongan antihistamin adalah obat yang efektif mencegah produksi histamin oleh tubuh pada proses alergi. Bila jumlah histamin yang diproduksi sedikit maka barang tentu gejala biduran akan ringan atau berkurang. Beberapa jenis antihistamin yang biasanya diresepkan oleh dokter, antara lain:

  • CTM
  • Cetirizine
  • Loratadin
  • Fexofenadine
  • Desloratadine

CTM kerap digunakan oleh dokter karena juga memiliki efek kantuk sehingga pasien merasa lebih nyaman karena tertidur dan tidak merasakan keluhan gatal. Bila Anda dalam keadaan hamil atau dalam keadaan medis yang lain, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dalam penggunaan obat antihistamin ini.

2. Losion Kalamin

Losion kalamin dapat memberikan efek dingin pada kulit ketika dipakai. Hal ini tentunya akan mengurangi fokus kerja saraf yang merespon gatal karena adanya sensasi dingin. Silahkan gunakan losion ini dengan cara sebagai berikut:

  • Campurkan racikan losion hingga merata
  • Tuangkan ke kapas oles
  • Oleskan pada kulit yang mengalami biduran dan terasa gatal
  • Diamkan hingga kering sendiri.

3. Obat Antiradang

Obat antiradang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan biduran. Obat kortikosteroid oral seperti prednison atau deksametason biasanya dipakai untuk mengatasi penyakit biduran yang bersifat kronis. Obat ini harus digunakan berdasarkan arahan dokter. Obat tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama karena dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

4. Obat Antidepresan

Obat antidepresan trisiklik semisal doxepin juga bisa dipakai dalam pengobatan biduran untuk mengurangi keluhan gatal. Sediaan yang biasanya dipakai adalah dalam bentuk krim. Obat ini bisa mengakibatkan kantuk dan pusing sehingga juga membantu dapat tidur dan terhindar dari keluhan biduran.

5. Omalizumab (Xolair)

Obat omalizumab pada umumnya dipakai dengan cara suntikan. Penggunaan obat ini biasanya dipertimbangkan pada kasus-kasus biduran yang kronis yang berlangsung dalam hitungan bulan atau tahun. Efek samping yang paling sering muncul adalah nyeri kepala, pusing, dan nyeri telinga bagian dalam. Obat ini memang tersedia di apotik, tetapi penggunaanya harus berdasarkan resep dokter.

Obat Biduran di Apotik Tanpa Resep Dokter

Lantas obat yang mana dari lima golongan obat di atas yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter? Jadi, yang bisa Anda beli tanpa harus membawa kertas resep dokter adalah CTM. Obat ini termasuk golongan obat lingkaran biru bertepi garis hitam. CTM termasuk golongan obat bebas terbatas yang dijual bebas dan dapat dibeli tanpa dengan resep dokter, tapi disertai dengan tanda peringatan.

  • Sumber:
    • Medicalnewstoday.com (2018): What are hives (urticaria)?
    • Healthline.com (2018): 15 Ways to Get Rid of Hives
    • Mayoclinic.org (2018): Chronic Hives

Baca juga: Obat Radang Tenggorokan di Apotik

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here