Usir Bau Badan? Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

0
104
Cara Menghilangkan Bau Badan
Cara Menghilangkan Bau Badan - sumber gambar: healthjad.net

Tips Cara Menghilangkan Bau Badan – Tahukah Anda bahwa di dalam dunia medis, bau badan yang tidak sedap dikenal pula dengan istilah bromhidrosis. Di mana munculnya aroma tubuh yang kurang enak ataupun tidak sedap memang pada umumnya disebabkan pula oleh adanya pertumbuhan bakteri di permukaan kulit serta ketiak sehingga bakteri yang terdapat di sekitar tersebut mengolah keringat menjadi zat asam dan membuat aroma tubuh menjadi kurang sedap.

Tips Hilangkan Bau Badan

Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini, karena Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan Anda bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan bau badan secara alami seperti berikut ini.

Rajin Mandi

Untuk cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah rajin mandi. Jadi, jika Anda memang termasuk orang yang rentan mengalami hal seperti ini yakni memiliki aroma bau badan yang tidak sedap maka pastikan Anda selalu mandi secara rutin, terlebih lagi Anda harus benar-benar membersihkan area-area seperti ketika dan sebagainya.

Selain itu, jangan lupa pula Anda menggunakan sabun mandi dan Anda bisa memilih sabun antibakteri yang dikhususkan untuk membantu mengurangi masalah bau badan yang tidak sedap. Tidak hanya itu saja, setelah Anda mandi maka Anda juga harus mengganti pakaian Anda dan jangan menggunakan lagi pakaian yang sudah berkeringat karena ini bisa menyebabkan pula bau badan atau bau ketiak menempel kembali.

Gunakan Perasan Buah Lemon

Berikutnya cara menghilangkan bau badan secara alami yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan perasan buah lemon. Sebab lemon memiliki kandungan akan tinggi asam serta memiliki sifat bakterisida. Untuk itu, perasan lemon ini bisa mengurangi pH kulit serta membuatnya tidak akan dapat bisa dihuni oleh bakteri akan penyebab bau yang tidak sedap.

Untuk cara membuatnya sangatlah mudah, pertama Anda bisa menyiapkan setengah buah lemon dan Anda bisa mengoleskan perasan air lemon tersebut pada area ketiak. Jika sudah, biarkan beberapa saat hingga kering dan kemudian Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif maka Anda bisa campurkan pula perasan air lemon tersebut dengan setengah air dan aplikasikan dengan menggunakan kapas pada area ketiak. Lakukan hal ini secara rutin sampai benar-benar bau ketiak berkurang dan menghilang.

Selain hanya menggunakan perasan buah lemon saja maka Anda juga bisa mencoba cara lainnya yakni dengan mencampurkan perasan lemon dan garam. Sebab, kombinasi garam dan juga lemon terkenal ampuh untuk membunuh bakteri sehingga kedua bahan alami tersebut bisa Anda coba dan membuat bakteri tidak dapat hidup.

Caranya, Anda bisa potong lemon menjadi dua belah dan ambil sebagian lemon tersebut dan tempelkan pada garam. Jika sudah, gosok secara perlahan dengan lembut pada ketiak serta diamkan selama 10 menit dan setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air bersih. Kemudian cara menghilangkan bau badan dengan garam dan lemon ini bisa Anda terapkan secara rutin.

Mengatasi Bau Ketiak Dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antibakteri sehingga Anda bisa menggunakan cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih secara alami. Untuk caranya Anda dapat mengkonsumsi air rebusan dari daun sirih tersebut ataupun Anda juga bisa membasuhkannya pada kulit terutama pada area ketiak pada saat mandi. Lakukan hal ini secara rutin hingga sampai bau tidak sedap pada tubuh Anda menghilang.

Oleskan Lidah Buaya Pada Area Ketiak

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya yaitu Anda juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami berikutnya. Di mana lidah buaya ini kaya antioksidan serta memiliki kandungan antibakteri sehingga ampuh untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Penggunaan lidah buaya ini juga sangat mudah, Anda bisa mengaplikasikan gel lidah buaya tersebut pada area ketika dan biarkan semalaman hingga Anda bisa membilasnya pada pagi hari.

Menggunakan Ampas Kopi

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memang tidak hanya membuat orang menjadi semangat, melainkan kandungan tersebut juga mampu mengatasi masalah bau badan. Hal ini dikarenakan kandungan kafein sangat ampuh menghilangkan bau yang tidak sedap pada area kulit terutama pada bagian ketiak dan kaki.

Jadi, untuk cara menghilangkan bau badan dengan kopi ini maka Anda dapat mencampurkan ampas kopi dengan ampas bekas rebusan teh. Kemudian campurkan pula dengan sedikit minyak zaitun dan barulah Anda oleskan pada ketiak. Jika sudah, diamkan selama kurang lebih sekitar 30 menit dan Anda dapat membilasnya dengan air hingga bersih.

Selain itu, kandungan putrescine dari kopi tersebut tentunya bisa memberikan aroma wangi serta segar pada tubuh Anda. Tak hanya itu saja, bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk anak-anak sebagai cara menghilangkan bau badan pada anak secara alami.

Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel ini juga dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan. Di mana bahan alami ini bisa dijadiin cara menghilangkan bau badan permanen pada wanita, karena dapat melindungi dengan baik keseimbangan pH kulit serta membuat bakteri penyebab dari bau badan tidak akan bisa menetap disana.

Penggunaan bahan alami ini sangat mudah, pertama Anda bisa menyiapkan sedikit cuka apel dan mengoleskan pada area yang memang suka berkeringat ataupun mengeluarkan aroma bau badan yang tidak sedap, misalnya seperti ketiak.

Setelah Anda mengoleskannya secara rata maka Anda bisa mendiamkan sekitar tiga menit dan kemudian Anda bisa membersihkannya sembari mandi. Lakukan cara menghilangkan bau badan permanen ini secara rutin hingga mendapatkan hasil maksimal.

Minum Air Cengkeh

Apakah ada minuman untuk menghilangkan bau badan? Tentu saja ada, ini dia minuman air cengkeh. Jadi, cengkeh merupakan bahan rempah-rempah yang memiliki kandungan antibakteri di dalamnya sehingga bermanfaat untuk mengatasi masalah bau badan yang tidak sedap.

Untuk caranya juga sangat mudah, Anda bisa merendam beberapa buah cengkeh ke dalam air hangat. Setelah itu, Anda juga dapat meminumnya langsung ataupun bisa pula ditambahkan dengan madu sehingga lebih enak. Konsumsi minuman cengkeh ini secara rutin, paling tidak tiga kali seminggu.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Yang terakhir sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yaitu menghindari mengonsumsi makanan penyebab bau badan tidak sedap. Nah, bagi Anda yang sering mengonsumsi makanan-makanan pedas dan berbau tajam seperti bawang putih, bawang merah, paprika, bawang Bombay hingga minuman berkafein serta alkohol maka hal ini bisa membuat seseorang dapat memproduksi keringat lebih banyak dan bahkan bisa dari biasanya.

Oleh karena itu, dengan menghindari ataupun mengurangi mengonsumsi makanan serta minuman tersebut tentu saja dapat membantu Anda untuk mengurangi bau badan dan keringat berlebihan. Namun, jika beberapa cara tersebut, salah satunya telah mengurangi makanan penyebab bau badan dan membuat Anda masih belum berhasil pula maka Anda bisa berkonsultasi ke pihak dokter untuk menemukan penyebab dari masalah bau badan serta mendapatkan perawatan dengan tepat.

Misalnya seperti contoh penggunaan sabun khusus yang disarankan oleh dokter sehingga dapat membasmi bakteri dari kulit penyebab bau badan yang tidak sedap.

Jadi, itulah ada beberapa informasi tentang cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda coba lakukan dirumah dengan mudah. Semoga bermanfaat dan baca topik Kesehatan Kulit lainnya di blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini