Pilihan Obat Terlambat Datang Bulan yang Dijual di Apotik

0
11
Pilihan Obat Terlambat Datang Bulan yang Dijual di Apotik
Pilihan Obat Terlambat Datang Bulan yang Dijual di Apotik

Obat terlambat datang bulan yang dijual di Apotik, bisa Anda gunakan untuk memperlancar haid. Bagi para perempuan tidak datang bulan bukan berarti dia pasti hamil, karena terdapat beberapa faktor yang menyebabkan haid tidak lancar.

Telat datang bulan memang suatu hal yang tidak boleh disepelekan, karena bisa membahayakan dan perlu adanya perawatan. Jika diperlukan Anda bisa menggunakan obat pelancar haid.

Pada dasarnya Anda harus memerlukan pemeriksaan kepada dokter, untuk mengetahui jenis obat yang aman yang bisa Anda konsumsi. Apalagi jika Anda mengalami telat datang bulan selama berbulan-bulan.

Baca Juga : Cara Mengobati Miss v yang Lecet dan Perih

Obat Terlambat Datang Bulan yang Dijual di Apotik

Wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda antara satu dengan lainnya, secara umum terdapat beberapa obat yang diresepkan oleh dokter untuk memperlancar haid. Obat ini bisa Anda gunakan apabila Anda terlambat haid karena faktor hormone.

1. Clomid atau Serophene

Ini adalah salah satu obat pelancar haid di apotik yang aman, obat Clomid atau Serophene telah digunakan selama lebih dari 40 tahun. Obat ini adalah nama merek clomiphene yang digunakan sebagai obat penghambat estrogen.

Obat ini bekerja dengan menyebabkan hipotalamus dan kelenjar pituitary yang berada di otak, melepaskan hormone yang disebut GnRH, FSH, dan LH. Hormone ini berfungsi untuk memicu ovarium membuat telur.

2. Pil KB

Salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk memperlancar haid, yaitu Pil KB. Pada dasarnya semua perempuan hampir mengetahui fungsi dari pil KB. Pil ini tidak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan.

Tetapi pil ini juga bisa dijadikan sebagai obat telat datang bulan. Pil ini bekerja dengan cara meningkatkan produksi protein globuin yang mengikat hormone seks. Protein ini akan mengikat hormone androgen utama yakni testosterone dalam darah.

3. Gonadotropin

Obat memperlancar haid di apotik selanjutnya yaitu, Gonadotropin yang biasa disarankan oleh kalangan dokter. Jenis obat yang sering digunakan untuk menstabilkan hormone.

Hormon yang akan distabilkan yaitu human chorionic gonadropin (hCG), Follicle-stimulating hormone (FSH), atau Gonadortopin-releasing hormone agonist (GnRH agonist).

Ketiga hormon ini sebenarnya bisa memproduksi dirinya secara alami, tetapi jumlahnya tidak cukup sehingga tubuh Anda membutuhkan supplay dari luar. Hormone yang bekerja dengan merangsang indung telur.

4. Metformin

Obat memperlancar haid selanjutnya yaitu, Metformin yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang mengidap diabetes. Obat ini sebenarnya digunakan untuk mengendalikan diabetes dengan merangsang insulin.

Tetapi ternyata obat ini bisa menyeimbangkan hormon estrogen dan antrigen pada perempuan yang mengidap gangguan PCOS. PCOS yaitu penyebab menstruasi sesorang wanita tidak teratur.

Beberapa obat diatas bisa membantu Anda memperlancar siklus haid bagi wanita yang sedang mengalami gangguan. Gangguan haid sering terjadi ketika hormone dalam tubuh tidak stabil. Oleh karena itu Anda perlu obat terlambat menstruasi yang dijual di apotik. (ditulis oleh SA untuk drzuhdy.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini