Pilih Produk Immunomodulator Mana?

0
66
produk immunomodulator
Cara memilih produk immunomodulator

Akhir-akhir ini banyak produk immunomodulator. Pertanyaannya pilih immunomodulator yang mana yang baik untuk tubuh? Atau Anda belum tahu apa itu imunomodulator? Mari kita bahas pada tulisan ini.

Mengenali Produk Immunomodulator

Immunomodulator adalah suatu substansi yang berperan dalam sistem imunitas tubuh manusia. Pada umumnya terdapat 2 kategori imunomodulator menurut efek nya. Kategori tersebut antara lain immunosupresan dan imunostimulator. Kategori ini mampu meningkatkan respon imunitas dan daya proteksi tubuh terhadap agen patogen atau pun tumor.

Imunostimulator adalah bahan yang bisa meningkatkan kinerja komponen sistem daya tahan tubuh (imunitas). Sistem imunitas ini terdiri dari imunitas non-spesifik dan spesifik. Kedua nya bekerja dan bersinergi dalam menjaga keseimbangan tubuh manusia.

Proses penyembuhan dari penyakit infeksi tentunya akan lebih cepat bilamana fungsi imunitas tubuh meningkat. Bermacam bahan asal tanaman bisa memacu fungsi berbagai komponen imunitas yang non-spesifik (semisal sel nature killer/ NK dan fagosit) dan yang spesifik (proliferasi sel T dan sel B yang menghasilkan antibodi), serta proses produksi sitokin yang bisa dimanfaatkan dalam klinik sebagai terapi adjuvan dalam rangka peningkatan proses penyembuhan.

Pilih Produk Immunomodulator Yang Mana?

Saat ini banyak produk bermerek yang beredar pada pasar baik modern atau pun tradisional. Terdapat beberapa merek terkenal semisal stimuno, imboost, fituno, dan lain-lain. Nah, pertanyaan nya bagus yang mana?

Produk immunomodulator biasanya memiliki kandungan Echinacea, meniran (Phyllanthus nurii L), vitamin C, vitamin B, zink, selenium, black elder berry, atau pun jamur. Kombinasi antara kandungan ini berbeda-beda antar tiap produk imunomodulator.

Echinacea

Zat echinacea adalah kandungan yang populer dalam peningkatan sistem imun tubuh. Kandungan echinacea memiliki peran sebagai modulator daya tahan tubuh, memberikan hambatan kepada enzim hyaluronidase yang memiliki fungsi dalam pencegahan penyakit infeksi, menghambat enzim siklooksigenase dan lipooksigenase yang berperan dalam anti-inflamasi, dan mengaktifkan fibroblast yang mana sala satu tugasnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka.

Baca juga: jenis pembelahan sel pada penyembuhan luka

Meniran

Meniran adalah tanaman khas negara Indonesia. Ini memiliki kandungan flavonoid, semisal quercetin, isoquercetin, astragalin, dan rutin. Dexamedica adalah produsen yang menggawangi tanaman ini menjadi fitofarmaka.

Sampel Deskripsi Produk

Stimuno

  • Komposisi: Ekstrak kering Phyllanthus nurii L.
  • Indikasi: Sebagai imunomodulator dalam terapi penunjang penyakit infeksi virus dan bakteri. Dosis dewasa 3 kali sehari. Bisa diberikan selama 30 hari atau lebih. Terdapat 2 bentuk sediaan, antara lain sirup dan kapsul.

Fituno

Fituno adalah produk buatan Kimia Farma. Ini adalah kombinasi meniran, echinacea, dan morinda (buah pace). Selain itu, juga ditambah vitamin B kompleks. Produk ini tersedia dalam bentuk kaplet dengan warna hijau. Satu kaplet memiliki kandungan:

  • Conc. Echinaceae Herba Extract 150 mg
  • Conc. Morindae Fructus Juice 50 mg
  • Conc. Phyllanthi Herba Extract 100 mg
  • Vitamin B1 10 mg
  • Vit C 5 mg
  • Vytamin E 5 mg

Imboost dan Imboost force

Imboost adalah produk olahan SOHO. Ini tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Satu tablet memiliki kandungan echinacea purpurea 250 mg, dan zink pikolinat 10 mg. Sementara itu, satu mL sirup memiliki kandungan echinacea 250 mg dan zink 5 mg.

Ada perbedaan antara imboost dan imboost force yaitu penambahan kandungan black elder berry sebanyak 400 mg pada imboost force. Penambahan ini pada kedua sedian, yaitu sirup dan tablet.

Pemanfaatan suplemen ini adalah untuk terapi pendukung guna menstimulasi sistem imun terhadap infeksi akut, kronis, atau kekambuhan. Penggunaannya terutama pada penyakit infeksi saluran nafas dan genitalia semisal kandidiasis dan vaginitis.

Mana Yang Lebih Bagus Antara Echinacea dan Meniran?

Sebenarnya keduanya adalah komponen yang sama-sama bagus. Hanya saja komponen echinacea tidak dianjurkan digunakan pada wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Kesimpulan sebuah penelitian menunjukkan:

In conclusion it should be stressed that pharmaceuticals containing Echinacea purpurea may influence fetal angiogenesis in murine experimental model and without further studies should not be recommended for pregnant women.

Bagaimana Perbedaan Harga?

Keduanya memang termasuk obat yang cukup mahal. Stimuno memiliki harga Rp 22.000 per 10 kapsul. Sementara itu, Imbost seharga Rp 35.000 per 10 tablet. Lain lagi, Fituno yang memiliki harga Rp 60.000 per 30 kaplet. Maka bila kita hitung maka rata-rata mempunyai harga kira-kira Rp 2000-3000 per tablet.

Bermacam produk dari produsen lain, antara lain:

  1. Biofos (Meprofarm) yang mengandung Echinaceae ekstrak 250 mg, kurkuminoid 2 mg, fructo oligosakarida 300 mg, taurin 100 mg, dan ekstrak meniran 25 mg. Selain penambah daya imunitas, produk ini juga dapat meningkatkan nafsu makan. Sediaan produk adalah sirup suspensi dengan harga Rp 30.000/ 60 ml.
  2. Divens (Dexa Medica), kandungan sama dengan Stimuno, namun dalam bentuk sediaan sirup 100 ml. Produk ini memiliki harga Rp 19.500.
  3. Eftian (Pharos), yang mempunyai komposisi Ecinacea 500 mg, zinc 5 mg, dan selenium 15 mcg (microgram). Produk tersedia dalam bentuk sirup dengan harga Rp 33.000 tiap 60 ml.
  4. Elanos (Kalbe), yang berisi black elderberry ekstrak 400 mg, vitamin C 100 mg, echinaceae 250 mg, dan zinc 5 mg. Ada juga Elanos kids dalam bentuk sediaan sirup dengan rasa anggur.
  5. Hemaviton echinaceae plus (Tempo Scan Pacific) dengan isi ekstrak Echinacea 150 mg, vitamin C 500 mg, ekstrak ginseng 20 mg, royal jelly 2 mg, zinc 10 mg, beta-karoten 2500 iu, dan vitamin B 10 mg.
  6. Hepimun (Landson) yang berisi meniran 300 mg dan curcuma ekstrak 100 mg.
  7. Imudator (Pyridam) dengan komposisi polinacea ekstrak 200 mg, zink 10 mg, meniran extrak 50 mg, jamur reishi extra 250 mg.
  8. Imulan (Soho) dengan isi meniran extrak 50 mg, curcuma extrak 300 mg, selenium 20 mcg. Produk juga tersedia dalam bentuk sirup.

Merek Produk Lainnya

  1. Norflam (Solas) yang memiliki kandungan Echinacea extrak dan vitamin B kompleks.
  2. Primunox (Solas) yang berisi Ecinacea herba 300 mg, dan meniran herba 50 mg.
  3. Proimbus (Meprofarm): Echinacea extrak 170 mg, jamur reishi extrak 85mg, dan ca-pantotenat 15 mg.
  4. Proza (Landson) dengan isi Echinacea 250 mg, vit C 250 mg, zink 10 mg.
  5. Stamino (Tropica Mas Pharma) dengan kandungan Ecinaceae 250 mg, vit C 60 mg, dan L-glutamin 500 mg.
  6. Starmuno (Kalbe) yang memiliki komposisi Polinacea (Echinaceae) 200 mg, black elder berry 400 mg, vitamin C 100 mg, zinc 5 mg.
  7. Tribost (Ethica) dengan isi Ecinaceae 500 mg, black elder berry 50 mg, dan meniran 100 mg.

Berbagai produk baru juga muncul seperti Starmuno (Kalbe). Ada juga Sanbe yang makin komplit dengan mengombinasikan semua bahan dari produsen yang ada (Formuno). Ada juga Imunos dari Lapi yang memiliki harga yang cukup mahal.

  • Daftar Pustaka
    • Alamgir, M., and Uddin, SJ., 2010, Recent advances on the ethnomedicinal plants as immunomodulatory agents, in Ethnomedicine: A Source of Complementary Therapeutics: 227-244 ISBN: 978-81-308-0390-6 Editor: Debprasad Chattopadhyay
    • Anderson WL. 1999. Introduction to the Immune System: Innate and Acquired Immunity. Dalam: Immunology. Fence Creek Publishing. Madison.: 7-22.
    • Baratawidjaja K. 2006. Sistem Imun. Dalam: Imunologi Dasar, Balai Penerbit FKUI, Jakarta, Edisi 7.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here