Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Kesehatan

0
25
khasiat sinar matahari pagi hari
Ilustrasi manfaat sinar matahari pagi hari untuk kesehatan tubuh manusia. Gambar oleh M.Maggs dari Pixabay

Ada berbagai manfaat sinar matahari pagi hari bagi kesehatan tubuh. Jangan salah kaprah menduga bahwa sinar matahari pada pagi hari hanya berguna banyak untuk kelompok usia bayi dan anak. Namun, semua golongan usia bisa mendapatkan manfaat kesehatannya.

Anda bisa berjemur pada pagi hari sambil melaksanakan berbagai aktivitas seperti berolahraga, bersepeda, atau duduk sambil membaca atau bercengkrama. Kegiatan ini akan terasa menyenangkan dan menyehatkan. Mengapa menyehatkan? Oleh karena ada beberapa manfaat kesehatannya, yaitu:

Manfaat Sinar Matahari Sewaktu Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Meningkatkan Produksi Vitamin D

Tubuh yang terpapar sinar matahari akan mengalami peningkatan produksi vitamin D. Vitamin D ini adalah vitamin yang sangat dibutuhkan dalam penyerapan unsur fosfor dan kalsium dalam rongga usus manusia. Unsur kalsium dan fosfor yang cukup dalam tubuh akan menunjang kekuatan tulang, gigi, dan otot.

Selain itu, individu yang tercukupi kebutuhan vitamin D nya akan terhindar dari beberapa penyakit, antara lain: rakitis, osteoporosis, hipertensi, diabetes melitus, dan multipel sklerosis.

Simak Info berkaitan: Akibat Kurang Vitamin D, Simak Bahayanya!

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Paparan sinar matahari bisa juga meningkatkan kualitas daya tahan tubuh kita. Individu yang terpapar sinar matahari, pada tubuhnya akan memproduksi lebih banyak sel darah putih. Kita ketahui bersama bahwasanya sel darah putih ini bermanfaat dalam perlindungan tubuh dari berbagai penyakit infeksi.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pembaca perlu tahu bahwasanya tubuh yang terkena paparan sinar matahari kualitas cukup (sinar matahari pagi) akan menghasilkan hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin ini adalah sejenis hormon yang memiliki peran dalam pengaturan siklus tidur manusia. Bilamana kadar melatonin dalam darah rendah maka bisa menimbulkan gangguan siklus tidur.

Khasiat Paparan Sinar Matahari Pagi Selanjutnya

4. Terhindar Dari Berbagai Penyakit Kulit

Paparan sinar matahari pagi hari ke kulit akan membuat kulit terhindar dari berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit tersebut diantaranya eksim, psoriasis, jerawat, bisul, dan lain-lain. Namun, jangan asal berjemur. Silahkan konsultasikan dengan dokter atau pakar kecantikan Anda tentang kapan dan berapa lama waktu berjemur sesuai dengan keadaan kulit Anda.

5. Terhindar Dari Depresi

Paparan sinar matahari berhubungan dengan kadar serotonin dalam tubuh. Individu yang jarang terpapar sinar matahari akan cenderung memiliki kadar seorotonin yang rendah dalam tubuh. Hormon serotonin yang rendah ini nantinya akan berhubungan dengan kejadian rentannya mengalami depresi.

6. Mengurangi Risiko Kejadian Kanker

Memang paparan sinar matahari yang berlebihan akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kanker kulit. Namun, paparan sinar matahari dalam dosis yang tepat justru akan mencegah timbulnya penyakit kanker kulit dan kanker lainnya seperti kanker prostat, ovarium, pankreas, usus besar, dan getah bening.

Lantas berapa dosis dan kadar yang tepat tersebut? Kami merekomendasikan untuk berjemur sebelum pukul 10 pagi. Berjemurlah selama lima sampai lima belas menit sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu minggu.

Nah, itu tadi penjelasan tentang beberapa manfaat sinar matahari pagi hari untuk kesehatan tubuh manusia. Mudah-mudahan dengan mengetahui hal ini maka semakin menambah minat dan semangat para pembaca untuk beraktivitas pada pagi hari.

Baca juga: Mengapa kita dianjurkan untuk berjemur pada pagi hari ?

  • Sumber:
    • World Health Organization. The Known Health Effects of UV.
    • National Health Services (2018). Live Well. How To Get Vitamin D From Sunlight.
    • Mayo Clinic (2017). Diseases & Conditions. Seasonal Affective Disorder (SAD).
    • National Sleep Foundation. Melatonin and Sleep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here