Tabel Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

0
461
tabel tekanan darah normal berdasarkan usia
Tabel tekanan darah normal menurut umur

Nilai tekanan darah tiap orang akan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi bermacam faktor, termasuk salah satu diantaranya adalah usia. Semakin tinggi umur seseorang maka biasanya semakin tinggi pula nilai tekanan darah nya. Nah pada artikel ini kami akan bagikan tabel tekanan darah normal berdasarkan usia.

Tekanan darah itu adalah representasi kekuatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Nilai ini menjadi salah satu tanda penting tingkat kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, tanda ini harus senantiasa dipantau secara rutin dan berkala untuk mendapatkan derajat kesehatan yang baik.

Tabel Tekanan Darah Normal Menurut Usia

Sebelum kita melihat tabel tekanan darah normal berdasarkan usia nya, pahami terlebih dahulu cara interpretasi nilainya. Tekanan darah dituliskan dalam 2 angka. Dimana masing-masing angka diantarai oleh garis miring, misalnya 120/80 mmHg.

Memahami Nilai Tekanan Darah

Nilai 120 menunjukkan berapa tekanan darah sistolik. Ini adalah tekanan sewaktu jantung melakukan kontraksi (memompa) darah. Sementara itu, nilai 80 adalah kekuatan tekanan darah diastolik. Ini ialah tekanan sewaktu jantung dalam keadaan relaksasi (istirahat sebelum memompa ulang). Adapun nilai kedua nya akan berbeda-beda sesuai dengan umur. Lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Kelompok   UsiaRentang Nilai Normal   Tekanan Darah
SistolikDiastolik
Anak
Prasekolah (3-5 tahun)95-110 mmHg56-70 mmHg
Sekolah (6-13 tahun)97-112 mmHg57-71 mmHg
Remaja
Usia 13-18 tahun112-128 mmHg66-80 mmHg
Dewasa
Usia 18-60 tahun90-120 mmHg60-80 mmHg
Lansia
Usia > 60 tahun100-140 mmHg60-90 mmHg

Nah, itu tadi tabel tekanan darah normal berdasarkan umur. Silahkan cek rutin berapa nilai tekanan darah Anda. Bila tinggi maka lakukan pengukuran sekali lagi dengan rentang waktu minimal 15 menit. Usahakan dalam keadaan istirahat (tidak dalam tekanan baik fisik maupun psikis). Bila masih tinggi maka dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan menilai dan mempelajari tensi Anda berdasarkan tabel tekanan darah normal sesuai usia tadi. Jangan takut ke dokter karena tidak mutlak harus minum obat. Ternyata banyak cara menurunkan tensi sebelum memulai meminum obat. Yang penting Anda harus rajin untuk mengontrol tensi karena ini juga termasuk 12 indikator keluarga sehat.

  • Sumber:
    • Currie, G. & Delles, C. (2018) Blood pressure targets in the elderly. Journal of Hypertension.
    • Lin, J. D. et al. (2016). Identification of Normal Blood Pressure in Different Age Group.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here