Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak?

0
21
Apakah asam lambung bisa menyebabkan kematian mendadak
Apakah sakit Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak?

Tulisan ini akan membahas tentang kegelisahan sebagian orang, khususnya para penderita penyakit asam lambung (GERD). Tema nya tentang apakah asam lambung bisa menyebabkan kematian mendadak secara langsung? Yuk kita simak di bawah ini.

Pertanyaan:

Salam Dok. Perkenalkan nama saya Niko umur 36 tahun. Selama ini saya menderita penyakit asam lambung. Bahkan karena sudah lama dan parah, dokter menyebutkan bahwasanya saya menderita penyakit yang kronis. Menurut Dokter, apakah penyakit ini bisa menimbulkan kematian secara langsung? Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban Apa Benar Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

Ya mungkin bisa saja. Namun, angka kematian nya masih rendah. Kasus kematian juga terjadi pada kondisi penyakit yang sudah parah dengan berbagai komplikasi.

Ada penelitian yang dilakukan di tahun 1960-an tentang angka kematian pasien GERD. Dari studi ini didapatkan bahwasanya angka kematian GERD adalah 0,17/100.000 setiap tahun. Penelitian terbaru yang dilakukan mulai dari tahun 1990 sampai 1995 menunjukkan penambahan angka kematian. Pada studi ini nilai angka kematian sebesar 0,2/100.000 setiap tahunnya.

Pada penelitian terbaru tersebut dari 52 pasien, penyebab kematian nya adalah radang kerongkongan disertai perdarahan (sebanyak 51,9%), pneumonia aspirasi (sejumlah 34,6 %), perforasi tukak lambung (sebanyak 9,6%), dan kerusakan (ruptur) kerongkongan spontan dengan radang tenggorokan sebanyak 3,9%.

Walaupun angka kematian nya relatif sangat kecil bukan berarti penyakit GERD ini kita anggap remeh. Bila Anda telah didiagnosis menderita penyakit asam lambung oleh dokter maka dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Jangan sampai terlambat hingga mau berubah setelah mengalami komplikasi.

Tips Mencegah Komplikasi GERD

Lakukan hal-hal di bawah ini bila telah mengalami penyakit asam lambung. Lakukan segera untuk mencegah timbulnya komplikasi yang bisa mengganggu kualitas hidup hingga menyebabkan kematian.

  • Terapkan dan disiplinlah dalam waktu makan utama (sarapan, makan siang dan makan malam).
  • Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit, tetai lebih sering.
  • Konsumsi snack diselang waktu makan utama (jangan biarkan lambung kosong atau terlalu penuh).
  • Jauhi makanan yang pedas, berminyak, asam, dan terlampau panas yang bisa memicu produksi cairan isi lambung.
  • Istirahat yang cukup.
  • Konsumsi buahan dan sayuran, tetapi hindari jenis buah dan sayur yang merangsang produksi asam lambung. (Baca: Buah untuk asam lambung)
  • Berkonsultasi dengan dokter bila merasakan mual, muntah, nyeri ulu hati, dan sebagainya yang tidak kunjung reda setelah minum obat tradisional atau antasida.

Baca juga: Jenis makanan pereda refluks asam lambung

Kesimpulan Tentang Apakah Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian Mendadak

Jadi, apa asam lambung bisa menyebabkan kematian mendadak? Ya, mungkin saja bila pasien tidak mau tahu tentang gejala nya dan jarang berkonsultasi dengan dokter. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi Anda.

  • Sumber:
    • T. K. Rantanen, J. A. Salo, 2009. Gastroesophageal Reflux Disease as a Cause of Death: Analysis of Fatal Cases under Conservative Treatment
    • DrZuhdy.com (2020): Apakah Sakit Asam Lambung Bisa Menyebabkan Kematian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here