Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang

0
128
bolehkah penderita diabetes makan pisang
Gambar buah pisang

Sebenarnya, bolehkah penderita diabetes makan pisang? Banyak yang bertanya masalah ini. Oleh karena banyak info beredar bahwa pisang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah. Yuk kita simak penjelasan nya di bawah ini.

Hubungan Buah Pisang dan Kadar Gula Darah

Bila Anda mengalami penyakit diabetes mellitus, sangat penting untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap dalam kondisi stabil. Kontrol gula darah yang baik bisa membantu untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi medis akibat diabetes. Komplikasi medis inilah yang sebenarnya berbahaya dari penyakit diabetes ini.

Oleh sebab itu, usaha menghindari dan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sangat penting, terutama yang mengandung gula atau glukosa. Mengapa? Oleh karena, pembatasan makanan ini akan mencegah lonjakan gula di dalam darah yang menimbulkan bahaya tadi.

Pisang Mengandung Karbohidrat Yang Bisa Meningkatkan Gula Darah

Pisang termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang lumayan tinggi. Sebanyak 93% kalori dalam pisang berasal dari karbohidrat. Karbohidrat ini dalam bentuk gula, pati dan serat. Satu pisang berukuran sedang mengandung 14 gram gula dan 6 gram pati.

Baca juga: Kandungan gizi buah pisang

Makan pisang tentu saja dapat meningkatkan jumlah glukosa di dalam darah. Apakah harus menghindari makan pisang? Bagaimana pisang dapat memberikan pengaruh kepada kadar gula darah?

Jika Anda menderita diabetes, Anda harus mengatur pola dan jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Mengapa? Hal ini dikarenakan karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah Anda lebih tinggi dari nutrisi lain. Pengaturan asupan karbohidrat akan memiliki pengaruh yang besar terhadap nilai glukosa darah.

Bilamana gula darah meningkat pada orang yang tidak menderita diabetes maka tubuhnya akan menghasilkan insulin yang efektif dan cukup. Insulin ini yang membantu kelebihan gula tadi untuk masuk dari darah ke sel-sel penyimpanan. Namun, pada orang diabetes tidak demikian halnya. Insulin yang dihasilkan tidak efektif atau tidak cukup. Insulin yang tidak efektif disebabkan oleh sudah resisten nya sel-sel penyimpanan terhadap insulin yang dihasilkan. Sehingga proses penyimpanan gula menjadi terganggu.

Bila tidak ada kelola makanan yang baik maka akan terjadi lonjakan gula darah yang tinggi. Bila lonjakan ini sering terjadi dan berlangsung terus-menerus maka hal inilah yang menyebabkan komplikasi diabetes yang berbahaya.

Pisang Juga Mengandung Serat, Yang Dapat Mengurangi Lonjakan Gula Darah

Selain pati dan gula, ternyata buah pisang juga mengandung sejumlah serat seperti disebutkan di atas. Setiap orang, termasuk penderita diabetes, harus makan serat makanan dalam jumlah yang cukup karena potensi manfaatnya bagi kesehatan.

Keberadaan serat sangat penting bagi penderita diabetes. Serat bisa membantu memperlambat pencernaan, pengosongan lambung, dan penyerapan karbohidrat. Karbohidrat yang diserap secara perlahan akan mencegah timbulnya lonjakan gula sehingga meningkatkan kontrol gula darah secara keseluruhan.

Indeks Glikemik Buah Pisang

Salah satu cara untuk menentukan bagaimana makanan yang mengandung karbohidrat akan mempengaruhi gula darah adalah dengan melihat indeks glikemik nya (IG). Indeks glikemik memberi peringkat makanan berdasarkan seberapa banyak dan seberapa cepat mereka meningkatkan kadar gula darah.

Rentang skor IG mulai dari 0 sampai 100 dengan pembagian seperti di bawah ini:

  • IG rendah: 55 atau kurang.
  • IG sedang: 56-69.
  • IG tinggi: 70-100.

Buah pisang memiliki nilai IG sebesar 42-62 (tergantung tingkat kematangannya). Buah ini bisa dikelompokkan ke IG rendah atau sedang. Oleh sebab itu, buah ini cocok dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus tipe 2. Makanan yang indeks glikemik nya rendah akan diserap lebih lambat dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara bertahap dan terhindar dari lonjakan gula.

Kesimpulan

Jadi, bolehkah penderita diabetes makan pisang? Tentu saja boleh asalkan dalam jumlah yang wajar. Kandungan karbohidrat dan gula di dalam buah pisang yang tidak terlalu tinggi tidak akan menyebakan lonjakan gula yang berbahaya bagi penderita diabetes. Apalagi dengan keberadaan serat di dalam nya, hal ini akan memperlambat proses penyerapan gula. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:
Healthline.com (2020). How Bananas Affect Diabetes and Blood Sugar Levels
Drzuhdy.com (2020). Kandungan Gizi Buah Pisang dan Kegunaan nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here