Buah Yang Mengandung Vitamin D, Adakah?

0
379
buah yang mengandung vitamin d
Adakah jenis buah yang mengandung vitamin D?

Apakah ada buah yang mengandung vitamin D? – Dr Zuhdy.com. Apa saja buah yang mengandung vitamin D? Kita tahu bahwa vitamin D sangat penting untuk tubuh manusia. Beberapa khasiat pentingnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, membantu kerja organ otak dan sistem persarafan, meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan infeksi berbagai penyakit, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, membantu masalah hipoparatiroid dan hipofosfatemia, dan lain-lain.

Mengingat begitu banyak manfaatnya maka vitamin D ini harus dicukupi kebutuhannya. Bila terjadi kekurangan vitamin D maka akan timbul berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita. Salah satunya adalah penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis), perlunakan tulang (osteomalasia), dan riketsia.

Sumber Vitamin D

Vitamin D sebenarnya adalah kolesterol yang ada di kulit. Kolesterol ini akan membentuk vitamin D bila terkena sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari. Oleh karena itu, sumber vitamin ini yang paling penting adalah sinar UVB dari matahari. Sebagian besar kebutuhan vitamin ini dicukupi melalui proses ini.

Namun begitu, ada juga beberapa jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D langsung. Contoh makanan yang mengandung vitamin D, seperti kuning telur (40 IU), jamur (400 IU tiap 300 miligramnya), ikan salmon (447 IU dalam 300 mg), udang (152 IU), dan lain-lain.

Jadi, Adakah Buah Yang Mengandung Vitamin D?

Informasi yang beredar di masyarakat bahwa buah-buahan adalah sumber berbagai macam vitamin. Ini sebenarnya kurang tepat. Mengapa? Oleh karena vitamin D tidak ditemukan pada beberapa jenis buah-buahan.

Pada tulisan tentang nutrisi berbagai buah-buahan yang telah kami tuliskan pada kategori kandungan gizi buah, tidak ada macam buah yang mengandung vitamin D ini. Keseluruhan buah mencukupi angka kecukupan gizi sebanyak 0% (tidak memenuhi kebutuhan gizi).

Tulisan kandungan gizi buah di atas kami tuliskan berdasarkan sumber yang valid. Kami mengambil dan meringkas informasi penting tentang nutrisi buah-buahan langsung dari situs Departemen agrikultur di Amerika (U.S. Department of Agriculture).

Bagaimana Mencukupi Kebutuhan Vitamin D Pada Vegetarian?

Lantas, bagaimana dengan mereka yang memilih menjadi vegetarian? Apakah akan menderita kekurangan vitamin D? Perlu dipahami bahwasanya pemenuhan kebutuhan vitamin ini tidak bisa melalui buah-buahan.

Mereka yang vegetarian harus mengonsumsi jenis makanan non-daging lainnya yang memang memiliki kandungan vitamin ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Jamur Portobelo sebanyak 634 IU tiap 1 kaleng
  • Susu kedelai yang difortifikasi rata-rata sebanyak 120 IU tiap 1 kaleng
  • Jus buah yang difortifikasi rata-rata sejumlah 100 IU tiap 1 kaleng
  • Cereal yang difortifikasi biasanya sebanyak 40 IU dalam 1 kaleng
  • Yogurt
  • Kuning telur
  • Keju, dan
  • Obat-obatan dan suplemen lainnya.

Nah, jadi kesimpulannya tidak ada jenis buah alami yang memiliki kandungan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian. Oleh karena itu, sangat tidak tepat jika upaya mencukupi kebutuhan vitamin D ini hanya bergantung pada buah-buahan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber:
https://fdc.nal.usda.gov/
https://oldwayspt.org/blog/vitamin-d-sources-vegans-and-vegetarians

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here